Technology | 15 May 2023

Peringatan badai matahari DAGGER Machine Learning peringatan dalam 30 menit


Nasa sedang memikirkan bagaimana membuat peringatan ketika ada badai matahari aktif sebelum datang menerpa ke Bumi.

Tapi Nasa tidak melihat kejadian ketika terjadi aktivitas matahari, karena itu sudah terlambat.

Nasa ingin mengunakan AI, dan sekarang sedang sibuk memasukan data. Nantinya dapat dijadikan dasar data untuk peringatan dini setidaknya 30 menit sebelum perkiraan badai matahari terjadi dan menerpa Bumi.

Masalah pemantauan suar matahari adalah kecepatan.
Material yang keluar dari matahari datang lebih cepat, bila analisa melihat langsung, hanya mendapat data yang sudah terjadi.
Artinya tidak mungkin Nasa memberi laporan, alias terlambat.

Para ilmuwan telah lama menyadari masalah ini dan tidak berdiam diri.
Dalam eksplorasi tata surya, banyak satelit melihat Matahari yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi semburan matahari ini.
Jadi sebelum semburan diperkirakan akan keluar, disana dapat dirilis peringatan dini.
Bukan melihat adanya tanda tanda badai yang kuat muncul, dan memberi peringatan. Tentu akan terlambat.

Membuat sebuah peringatan dini dari area yang akan terkena dampak, setidaknya 30 menit sebelum badai matahari yang kuat datang.

Dagger machine learning Nasa Solar Stom

Beberapa kejadian seperti di kota Quebec yang lebih dekat ke utara Bumi, letaknya di negara Kanada.


35 tahun lalu, badai matahari menghantam kuat dan disana terjadi pemadaman listrik berjam-jam.

150 tahun lalu pernah terjadi di daerah Carrington, menyebabkan kerusakan listrik dan komunikasi besar besaran.

Nasa mengambil data dari beberapa satelit observasi
Dari Ace, Wind, IMP-8 dan Geotail untuk sumber data.
Serta mengambil data dari stasiun di Bumi untuk mendapat data lebih akurat dengan dampak di permukaan Bumi.

Dari sana akan diolah dengan AI DAGGER, dimana program Machine Learing dapat belajar dan memperkirakan munculnya suar matahari yang sangat kuat.



Yang paling menonjol adalah peningkatan kecepatannya.
Para peneliti, yang dipimpin Vishal Upendran Inter-University Center for Astronomy and Astrophysics di India, mengklaim algoritme dapat memprediksi keparahan dan arah peristiwa badai matahari dalam waktu kurang dari satu detik dan mampu membuat prediksi setiap menit selanjutnya.

Upaya sebelumnya mengunakan algoritme membutuhkan waktu lebih lama.
Dan tidak selesai sampai badai sudah datang.

Gabungan kecepatan dan prediksi DAGGER ini akan lebih akurat dan merespon kondisi Matahari sebelum badai yang jauh disana datang.
Peluncuran program tersebut dikabarkan dapat dimulai tahun 2025.
Bertepatan dengan puncak siklus matahari 11 tahunan.


Artikel Lain

Tim astronom Caltech membuat progam Machine Learning, membantu memetakan supernova dan hasilnya akurat. Dibanding mengandalkan tim astronom untuk mencari setiap jejak supernova. Mesin dapat menemukan tipe supernova Ia jauh lebih cepat, teknologi komputasi diterapkan di bidang astronomi

Heape dari Qualcomm berpendapat procesor Snapdragon Qualcomm di smartphone membuat teknologi kamera sangat mumpuni, meskipun perangkat memiliki sensor yang lebih kecil akan memainkan peran besar untuk smartphone yang menyalip teknologi DSLR. Inovasi camera tercepat ada di smartphone.



Teknologi fusi nuklir terus dikembangkan agar dapat digunakan di dunianya nyata. Masalah utama menjaga plasma tetap bertahan di dalam reaktor. Bagaimana dengan teknologi Machine Learning, dalam pengujian dapat membantu mengkontrol medan magnit dalam reaktor.

Voila AI Art aplikasi Android dapat merubah wajah foto menjadi gambar kartun. Mengunakan teknologi AI, foto dikirim via internet dan proses oleh Voila.
Ada beberapa pilihan, 4 art editor diberikan gratis, atau full versi berbayar fitur tambahan. Cocok untuk foto profil di media sosial.

Proyek Breakthrough Listen memindai 60 juta bintang, tapi menemukan nol alien. Tidak ada yang terditeksi, apa benar mereka tidak ada, atau belum terlihat. Bagaimana tim ilmuwan mencari sinyal dari alien, mungkinkah  memiliki sinyal berbeda

Photoshop Camera aplikasi camera Android dengan kecerdasan buatan. Menampilkan otomatis filter ketika foto akan diabadikan. Atau membuat efek blur di latar belakang. Adobe masih menguji disain AI di aplikasi Photoshop Camera. Resmi di rilis ke publik.

Menganti wajah bintang film dengan wajah kita. Satu teknologi dari aplikasi smartphone Zao. Pengembang Momo mengunakan machine learning untuk Zao dan mencapai top aplikasi gratis dalam hitungan hari. Tetapi apakah semuanya aman, penguna menanyakan teknologi yang awalnya sebagai hiburan tersebut.



Berita palsu di internet, walau tidak semua palsu tapi bisa saja diawali dari berita yang salah. Bumi akan gelap selama 15 hari pada bulan November 2017. Berita daur ulang di tahun 2015, muncul di tahun 2017. Facebook mengunakan Machine Learning September 2018. Jangan salahkan teknologi dan aplikasinya.


Youtube Obengplus


Trend
No popular articles found.