Shortstory | 9 May 2023

Musik AI dikeluarkan dari Spotify ada yang salah bagi layanan musik


Spotify dilaporkan telah mengeluarkan puluhan ribu lagu yang dihasilkan dengan teknologi AI Boomy bulan Mei 2023.

Kabarnya sekitar 7% lagu yang dibuat dari kecerdasan buatan dihapus dari daftar.

Universal Music memberi tahu Spotify dan layanan besar lainnya, setelah  mereka mendeteksi aktivitas streaming mencurigakan dari lagu-lagu yang dibuat oleh Boomy.

Ada kecurigaan lain, adanya bot digunakan untuk meningkatkan jumlah pendengar dan menghasilkan pendapatan bagi yang mengupload.
Prinsip pembayaran layanan Spotify membayar royalti kepada artis dan pemegang hak berdasarkan jumlah pendengar.
Apakah pembuat lagu dengan AI juga mendapat hak tersebut ?

Pengumuman resmi Spotify
“Streaming buatan menjadi masalah lama di seluruh industri yang sedang dikerjakan Spotify untuk ditanggulangi di layanan kami,”

"Ketika kami mengidentifikasi atau mengetahui potensi manipulasi streaming, kami mengurangi dampaknya dengan mengambil tindakan yang mungkin mencakup penghapusan nomor streaming dan pemotongan royalti. Kami melindungi pembayaran royalti untuk artis pekerja keras yang jujur."

Chief digital officer Universal Music Michael Nash mengatakan kepada harian FT, pertama kali melaporkan Spotify untuk menghapus lagu buatan Boomy (lagu buatan AI)

Musik yang dihasilkan AI menjadi berita utama bulan April 2023 lalu.
Vokalis dari Drake dan The Weeknd menjadi viral setelah musiknya disadur dengan lagu berbeda.



Grup Musik Universal, yang mewakili kedua artis, mengklaim ada yang menggunakan suara duo untuk melatih sistem AI.
Itu merupakan "pelanggaran perjanjian kami dan pelanggaran undang-undang hak cipta."
Tidak lama layanan Spotify dan Apple Music menghapus lagu tersebut dari daftar mereka.

Tokoh-tokoh industri musik telah membunyikan peringatan tentang dampak menyeluruh dari trek yang dihasilkan AI, serta orang-orang yang menggunakan bot untuk meningkatkan jumlah pendengar dan menarik uang dari musik yang digunakan layanan streaming agar mendapat royalti.

Layanan Boomy
Boomy, dibuka tahun 2021, memungkinkan orang membuat lagu hanya berdasarkan masukan teks.
Selama akhir pekan, perusahaan mengatakan bahwa "pengiriman kurasi (perangkat penditeksi) ke Spotify dari rilis baru oleh artis Boomy telah diaktifkan kembali."



Boomy mengatakan para penggunanya "telah membuat 14.554.448 lagu" atau 14 persen dari "rekaman musik dunia".
Memang luar biasa, jumlah lagu yang dibuat AI disana telah mencapai puluhan juta.

Membuat musik singkat dengan AI jadi lagu Boomy

Situs webnya menyatakan bahwa pengguna dapat membuat lagu asli dalam hitungan detik.
Setelah selesai, lalu mereka dapat mengupload "ke platform streaming dan mendapatkan bayaran saat orang mendengarkan".

Dimana salahnya ketika AI membuat lagu, tapi masuk ke daftar layanan musik.

Kemungkinan yang salah adalah sumber lagu, seperti nada dari musik resmi para artis. Cukup mengambil cuplikan beberapa detik, memasukan kata, setelah itu di upload ke layanan pembuat musik. Disana akan dihasilkan lagi dengan durasi panjang.
Lalu si pembuat mengirim lagi ke layanan streaming sebagai musik resmi buatannya.

Artikel Lain

Istilah gorengan untuk meningkatkan harga saham perusahaan IT sangat terlihat. Sebagian besar harga saham perusahaan IT juga melonjak selama pandemi, sampai awal tahun 2024 terlihat gerakan tidak berhenti atau turun.

Ke khawatiran Sony terhadap Microsoft yang ingin mengambil Activision Blizzard. Setelah berbulan bulan menentang, akhirnya menyerah. Sony dan Microsoft membuat kesepakatan, agar game Activision tetap hadir di perangkat PS. Tidak jelas seperti apa perjanjian kedua perusahaan.



Kemampuan AI membuat foto begitu detil. Memudahkan seseorang membuat foto palsu dan di posting ke media sosial. Suara tiruan dengan  AI akan berbicara seperti suara kita. Setelah proses analisa, cukup mengetik apa yang perlu di ucapkan, dan suara kita sendiri yang berbicara seperti apa yang diketik. Laporan dari McAfree

Teknologi lampu lalu lintas mungkin akan berubah. Mengadopsi teknologi Machine Learning dan AI. Sistem baru dapat menditeksi berapa banyak jumlah antrian, dan mengatur waktu lampu dengan kondisi di jalan. Berbeda dengan teknologi konvensional, lampu diatur berdasarkan jam

Boomy dan Amper adalah situs membuat musik otomatis. Termasuk bantuan AI dalam proses pembuatannya. Membuat musik sedikit dan AI menyelesaikan semua musik. Tidak dikenakan biaya karena berbasis web dengan AI, dan dapat di download



Youtube Obengplus

Trend