Pentax K-3 III Monochrome camera hitam putih malah antri di pesan


Digital | 22 April 2023

Produsen camera Ricoh telah menjual habis alokasi Pentax K-3 Mark III Monochrome sebanyak dua kali dari perkiraan.

Jelas, DSLR terbaru perusahaan ini sangat populer, setidaknya untuk warga Jepang.

Agak aneh, sementara camera smartphone lebih banyak tampil dengan warna warni dan bokeh. DSLR terbaru malah populer dengan warna B/W.

Tapi itu keunikan di dunia fotografi, salah satu keunggulan warna sederhana hitam putih kadang lebih menarik dibanding foto berwarna.

Camera Pentax K-3 III Monochrome adalah satu-satunya DSLR hitam putih yang ada di pasaran.
Berdasarkan K-3 Mark III model asli, sensor ukuran APS-C andalan Pentax

Di model monokrom tidak jauh berbeda, hanya kurang warna pada desain dan yang pasti sensor hanya mampu menangkap hitam dan putih.

Pentax K-3 III Monochrome camera hitam putih

Spesifikasi Pentax K-3 Mark III Monochrome
Lens Mount PENTAX KAF2 bayonet mount (AF coupler, lens information contacts, K-mount with power contacts)
Compatible Lens    KAF4, KAF3, KAF2 (power zoom compatible), KAF, KA mount lens
Image Sensor Monochrome, CMOS. Size: 23.3 x 15.5 (mm)
Effective Pixels Approx. 25.73 megapixels


Total Pixels Approx. 26.78 megapixels
ISO AUTO/200 to 1600000 (EV steps can be set to 1EV, 1/2EV or 1/3EV)
Image Stabilizer Sensor-shift shake reduction “SR II”(5-axis), Auto/Panning/Off
AA Filter Simulator    Moiré reduction using SR unit. OFF/Low/High/Bracketing(2 images)/Bracketing (3 images)
File Format RAW (PEF/DNG), JPEG (Exif 2.3), DCF2.0 compliant
Recorded Pixels    JPEG:L(26M:6192×4128)?M(15M:4752×3168)?S(9M:3648×2432)?XS(2M:1920×1280)
RAW:(26M:6192×4128)
Color Space    sRGB?AdobeRGB
Storage Medium    SD, SDHC and SDXC Memory Cards UHS-1/UHS-II compatible
Dual SD Slot    Sequential Use, Save to Both, Separate RAW/JPG, Image copy between slots possible


Type    Pentaprism Finder
Size LCD 3.2 inch (aspect ratio 3:2) Dots Approx. 1620K dots
Touch Screen    Capacitive sensing method

File Format    MPEG-4 AVC/H.264(MOV)
Recorded Pixels    4K(3840×2160, 30p/24p)
Full HD(1920×1080, 60p/30p/24p)

USB Connection    USB 3.2 Gen1, Data Transfer: MTP/CD-ROM, Battery Recharge/Power Supply (Optional AC Adapter required)
Wireless LAN
Standards    IEEE 802.11b/g/n
Approx. 735g (body only)

Produsen Ricoh sendiri belum memasukan produknya ke toko retail, karena camera Pentax K-3 III Monochrome tidak akan dijual di bulan April 2023.
Pesanan sudah masuk, artinya produk pertama yang dirilis sudah habis terjual dalam beberapa bulan ke depan untuk pasar Jepang sendiri.

Persediaan dan produksi di negara Jepang sangat transparan.
Semua bisa di ketahui oleh pembeli atau siapa saja, termasuk peminat dari luar Jepang.
Jadi tidak heran, ketika pesanan mulai masuk, berapa banyak unit yang tersisa dapat terlihat langsung.
Setelah produk habis, yah tidak ada yang dapat memesan lagi.
Bila pengiriman sudah tertera 1 bulan nanti, sudah dipastikan akan dikirim 1 bulan kemudian.

Beda dengan pasar online di Amerika. Informasi kapan tersedianya tidak dijelaskan, berapa unit yang tersisa atau tanggal pengiriman jg tidak pasti.

Tentu masih ingat ketika VGA kosong di seluruh dunia, dan EVGA secara transparan menjual ke pasar Amerika, tapi mencantumkan pengiriman 6 bulan setelah di pesan dengan harga normal.
Mungkin itu satu satunya perusahaan yang memberi informasi berapa banyak unit yang akan mereka dapatkan dan dapat dijual.
Perusahaan lain tidak melakukan hal itu.

Karena itu, Ricoh di Jepang justru meminta maaf karena telah kehabisan alokasi persediaan produk pertama  untuk negara tertentu pada hari yang sama saat kamera diumumkan.



“Dengan senang hati kami umumkan bahwa jumlah pre-order PENTAX K-3 Mark III Monochrome Matte Black Edition, kamera digital SLR monokrom yang akan dirilis pada 28 April 2023, telah jauh melampaui ekspektasi awal kami. Akibatnya, produksi tidak mampu memenuhi permintaan,” kata Ricoh pada 13 April 2023.

“Oleh karena itu, untuk sementara kami menangguhkan penerimaan pesanan baru sampai kami memiliki pasokan produk. Kami meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan kepada pelanggan yang telah menunggu produk ini.”

Lima hari kemudian, Ricoh mengumumkan bahwa mereka telah kembali menerima pesanan untuk kamera tersebut karena, dapat mengejar produksi dan dapat mengirimkan alokasi kedua ini pada akhir Mei 2023.
Itu tidak berlangsung lama. Pada 21 April 203, camera Ricoh model tersebut sudah terjual habis lagi.

“Kami akan menangguhkan sementara penerimaan pesanan baru di Toko Ricoh hingga pasokan produk berikutnya (dijadwalkan musim panas 2023). Kami sangat meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan kepada pelanggan yang telah menunggu produk ini, ”tulis perusahaan.

DSLR Monochrome Pentax K-3 Mark III masih tersedia untuk pre-order seharga $2.200 di Amerika Serikat, tetapi mengingat popularitasnya di Jepang, tidak jelas seberapa cepat pre-order tersebut benar-benar dikirimkan ke pembeli.

Artikel Lain

Camera merekam video akan kepanasan. Camera Sony ZV-E1 upgrade 4K, hanya merekam 17 menit, dengan pendingin sampai 38 menit. DSLR dan Camcorder era merekam video 4K sampai 8K, camera juga masalah karena overheating. Satu modder memodifikasi Canon R5 dengan disain heatsink agar camera tidak overheating

Solusi storage Ice Dock CP130, adapter CFexpress ke SSD NVMe. Dapat menurunkan harga storage yang mahal. Ketika harga SSD turun, solusi datang dengan adaptor ini. Dapat dipasang ke DSLR sampai Camcorder, kecepatan transfer 2GB perdetik



Duovox Ultra Monocular dengan sensor Sony Starvis melihat malam sampai jarak 500 meter. Duovox Mate Pro memiliki kemampuan unik layaknya camera Night Vision. Dengan ukuran 54 x 106mm, camera mengandalkan sensor Sony Starvis 2 1/1.8 inci BSI CMOS.

Kembali tren camera digital. Merek lensa ketiga umumnya dari pabrik Jepang dan China. Tapi lensa China memiliki keunikan tersendiri. Umumnya lensa manual, harga lensa yang murah, beberapa model dibuat sangat baik. Dan yang unik untuk pasar tertentu, dari lensa landscape, portrait atau astronomi

Camera point of shoot atau camera pocket kembali menjadi tren. Khususnya kalangan anak muda, tampilan foto dari camera pocket lebih menarik, khususnya dengan tantangan mengambil gambar. Camera smartphone sudah di atur, memudahkan tapi tidak menarik. Hal baru teknologi ponsel kembali dicari, dengan fungsi dasar untuk komunikasi dengan kombinasi teknologi 4G.

LG Innotek produsen komponen menampilkan modul camera Optical Telephoto Zoom. Mendatang camera smartphone mungkin tidak membutuhkan teknologi camera periskop yang ukuran besar dan rumit. Dibuat lebih kecil dengan pembesaran 4 - 9 kali.

Pentax rencana membuat film analog untuk camera lama. Dari survei Ricoh induk perusahaan Pentax, 3000 penguna camera di Jepang, 20% masih memiliki camera analog. Dan sebagian antusias tersebut kesulitan mendapatkan suku cadang. Teorinya benar, mencetak film negatif lebih mudah.



Sony menawarkan sebuah mounting camera, dapat berputar dan naik turun. Model Sony FR7 dirancang untuk camera DSLR dari Sony. Dengan fitur PTZ / pan tilt zoom. Sistem camera yang di kontrol jarak jauh, cocok untuk kalangan profesional.



Youtube Obengplus

Trend