Sateliot kirim SMS dari satelit dimana saja


Technology | 17 April 2023


Setelah teknologi smartphone dapat terhubung untuk mengirim SMS mengunakan sinyal satelit.

Perusahaan Spanyol Sateliot mengirim satelit mengunakan SpaceX pada 14 April 2023.

Sateliot akan melayani pengiriman pesan singkat dimana saja, cukup dengan smartphone.
Ketika di daerah terpencil yang tidak mendapat sinyal ponsel, disana satelit mengambil alih.

Sateliot berpusat di Bercelona, sebuah perusahaan barau dengan 50 karyawan.
Teknologi yang digunakan seperti Apple, Verizon, T-Mobile atau Qualcomm dengan tujuan yang sama.

Sateliot meminta SpaceX mengirim satelit ke ruang angkasa, dan SpaceX mengunakan tempat peluncuran di Vandenberg California.
Satelit dikirim sampai di ketinggin 500km satelit pertama dari 5 satelit yang akan tersedia.

Tahun 2024 Sateliot rencananya dapat mengirim 64 satelit, disusul 256 satelit tahun 2025.

Kata kepala eksekutif Jaume, kami adalah layanan SMS dengan menara di ruang angkasa.

Ini baru tahap awal dari pengiriman SMS dari ponsel langsung ketika tidak mendapat sinyal telepon di darat.

Sateliot kirim SMS ke satelit



Jaringan sistem satelit untuk komunikasi agaknya berbeda beda
Beberapa perusahaan komunikasi memiliki satelit dan membuat ponsel khusus untuk komunikasi satelit atau memberi layanan SMS ke produk tertentu.
Perusahaan komunikasi lain, mengunakan satelit untuk layanan SMS ke beberapa mitra operator atau perusahaan komunikasi berbasis di darat
Internet satelit seperti Starlink, mengunakan satelit untuk internet. Menyusul layanan Oneweb dan Kuiper.
Operator selular, dan produsen smartphone menyiapkan perangkat untuk mendukung komunikasi ponsel ke satelit.
Terbaru Qualcomm tertarik masuk ke industri komunikasi dan mengembangkan satelit sendiri.

iPhone 14 Pro milik Apple dapat mengirim pesan darurat satu arah.



GlobalStar dapat mengirim SMS ke nomor tertentu yang terdaftar untuk pesan darurat.

T-Mobile berencana mengunakan layanan satelit Starlink untuk menutup wilayah blank spot pada akhir 2023.

Qualcomm berencana meluncurkan layanan satelit Snapdragon di pertengahan 2023. Mencakup 66 satelit Iridium.
Tahap pertama untuk layanan pesan darurat, selanjutnya memungkinan mengirim SMS biasa di area yang hilang sinyal.

Verizon rencana mengunakan satelit Amazon Project Kuiper. Tapi layanan untuk menara selular di daerah terpencil

Layanan Satelio, penguna tidak perlu tahu ketika ponsel terhubung ke jaringan satelit setelah kehilangan sinyal di darat.
Pemilik ponsel hanya terhubung ke operator (sebagai mitra layanan Satelio), dan membuka akses ke pelanggan.

Lalu apa manfaat sistem SMS dengan satelit.
Sateliot ingin mengambil pasar logistik dan maritim. Setidaknya ada 3 kesepakatan sudah di dapat untuk mengaktifkan sistem Satelio.

Sateliot  mengatakan untuk jaringan kecil pertama, setidaknya satelit akan mampir 1 kali untuk lewat di atas daerah terpencil. Karena perangkat tahu kapan satelit akan berada tepat diatas untuk terhubung, dibanding menghabiskan baterai untuk terus berusaha menghubung satelit.

Perbandingan ukuran satelit, setidaknya ada 2 ukuran satelit dari 2 perusahaan berbeda untuk layanan SMS.
Sateliot adalah satelit mini dengan ukuran 4 x 8 x 12 inci.
Layanan komunikasi Hughes yang dikirim SpaceX sebelumnnya, memiliki satelit seukuran bus.

Artikel Lain

November 2024, Vivo merilis seri X100. Tapi tidak menyebut ada model ke 3. Seperti harapan pengemar Vivo, X100 Ultra disebut tampil pertengahan tahun 2024. Kali ini membawa teknologi komunikasi satelit 2 arah langsung ke ponsel.

Teknologi satelit navigasi dapat dinikmati dengan smartphone. Apakah smartphone dapat mengantikan sistem GPS atau penunjuk arah ketiga berkendara atau pergi ke daerah terpencil. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari smartphone untuk dijadikan alat navigasi.



Layanan pesan singkat dari ponsel Android standar ke satelit telah tersedia. Indonesia masuk area telepon satelit tahun 2024. Biaya pengiriman SMS tergantung di area penguna mendaftar. Kirim SMS dimana saja walau tidak ada sinyal.

Perusahaan SatVu baru meluncurkan satelit Hotsat 1. Gambar pertama dari satelit memperlihatkan gambar termal dari permukaan di kota seperti rumah, jalan. Tujuan satelit membantu peneliti memperbaiki rancangan kota lebih baik serta bidang lainnya.

Tahun 2020 sistem satelit navigasi Beidu telah lengkap. Tahun 2022 untuk standar penerbangan. Menjadi opsi sistem cadangan bila terjadi gangguan sinyal satelit navigasi. keunggulan ada di sinyal satelit dan posisi beberapa satelit geostasioner di satu wilayah.

Huawei Mate 60 Pro walau hanya mendukung 4G. Desain smartphone memiliki rancangan tersendiri. 3 camera depan, dimana 2 camera untuk 3D / pengenal wajah. Smarphone dapat terhubung ke sistem jaringan satelit. Bagaimana caranya Huawei membuat procesor 5G dan telepon satelit, penyelidikan produsen chip.

Seri smartphone Meizu tampil dengan 3 model. Meizu 20 adalah model standar dan paling murah. Meizu 20 Infinity dengan camera 50MP+12MP dan 12MP dilengkapi sistem satelit untuk komunikasi 2 arah. Satu yang tertinggi model Meizu 20 Pro, yang ini mengunakan camera 3 camera belakang dengan sensor 50MP.



Berapa jumlah satelit di ruang angkasa yang mengorbit Bumi. Sampai Maret sekitar 10 ribu lebih objek satelit di ruang angkasa. Penyumbang terbesar jumlah satelit akan naik 6x lipat. Terbesar dari layanan internet satelit seperti Starlink, OneWeb, China Sat, dan Project Kuiper Amazon.

Pesaing jaringan internet satelit Oneweb memilih layanan SpaceX dan ISRO untuk pengiriman satelit ke ruang angkasa. Tinggal menunggu beberapa puluh satelit lagi untuk lapisan pertama jaringan internet satelit. OneWeb sementara tidak mengirim satelit lewat badan antariksa Roscosmos Rusia.

Amazon mendapat ijin satelit internet broadband. Peluncuran jaringan satelit Kuiper dalam 5 tahun, mengkontrak 3 perusahaan roket dari ESA, US dan Amazon sendiri. 3000 satelit. Menawarkan 3 ukuran antena kecepatan 100Mbps sampai 1Gbps

Bila tidak ada jaringan tersedia, smartphone dapat mengirim langsung pesan SOS, atau paket SMS melalui satelit. Mengunakan chip Mediatek MT6825 NTN untuk modem tambahan, tidak memerlukan antena khusus. Smartphone dirancang standar anti pecah.

Samsung kembangkan komunikasi NTN. Dengan modem Exynos 5300, untuk komunikasi dua arah. Dapat mengirim pesan, video, foto langsung ke satelit langsung dari Smartphone Android. Satu langkah teknologi 5G menuju teknologi 6G.

Teknologi 6G tidak lagi membawa jaringan selular. Tapi konekvitas ke perangkat yang membutuhkan wireless. Dari sistem IoT, industri, jaringan data selular, sampai medis. Ada yang menganggu di teknologi 6G, karena mengunakan frekuensi Thz, bukan lagi Mhz.

Satelit Bluewalker 3 untuk jaringan 5G membentang panel surya penuh, ukuran 64 meter persegi. Nanti menjadi konstelasi Bluebird, dengan total 100 satelit. Astronom mengatakan itu akan menganggu peneriman sinyal teleskop radio. Masalahnya jaringan Bluebirds digunakan untuk komunikasi 5G.



Membayangkan koneksi internet selama pesawat sedang mengudara, mahal dan tidak secepat teknologi internet biasa. Starlink telah memberikan akses internet ke pesawat. Penumpang Hawaiian Airlines mendapat akses internet kecepatan tinggi via satelit Starlink Februari 2024.



Youtube Obengplus

Trend