Science | 6 April 2023

Lubang hitam paling dekat ke Bumi BH1 dan BH2 adalah Biner


Ibarat musuh yang tidak terlihat, Black Hole atau lubang hitam adalah benda yang belum mampu dilihat para astronom.

Tetapi tanda tanda keberadaan lubang hitam dapat diketahui.

Black Hole adalah benda padat (paling padat) di alam semesta, walau ukurannya bisa saja relatif kecil tetapi memiliki kepadatan luar biasa.

Nama lubang hitam, ketika benda tersebut dilihat, hanya terlihat seperti lubang yang gelap tanpa tampak apapun.
Walau benda tersebut memang ada di bagian tengah sebuah lubang yang gelap.

Black hole karena benda ini tidak bercahaya, seperti menyerap apapun bahkan cahaya, dan tidak membiarkan cahaya lewat di dekatnya, karena akan berbelok ke dirinya akibat kekuatan gravitasi yang sangat kuat.

Lubang hitam raksasa atau Supermasive Black Hole terbesar terdekat adalah lubang hitam di galaksi kita sendiri dan satu lagi di galaksi Andromeda.

Lubang hitam di tengah galaksi kita menjadi lubang hitam terbesar dan terdekat dengan ukuran raksasa.
Tetapi tidak berbahaya karena jaraknya sangat jauh, sekitar 27 ribu tahun cahaya dan berada di tengah titik pusat galaksi.

Lubang hitam besar lain ada di tengah galaksi Andromeda. Ini jelas tidak berbahaya, karena jaraknya mencapai 2,5  juta tahun cahaya lebih dari Bumi.

Tetapi ada beberapa lubang hitam berukuran kecil bisa saja keberadaannya sangat dekat ke Bumi.



Pembentukan lubang hitam berukuran kecil lahir dari sebuah bintang raksasa yang mati. Sebuah bintang raksasa yang meledak dan hancur lalu sisa debu yang tertinggal membentuk menjadi planet.

Bentuknya tidak pernah terlihat, yang jelas bukan planet biasa dengan lautan, es, awan seperti Bumi berbatu.
Melainkan sebuah bola seukuran planet atau bulan, bahkan lebih kecil, tapi disebut lubang hitam kecil dengan kepadatan yang sangat tinggi.
Jumlah di galaksi kita mungkin sangat banyak, perhitungan sejak awal terbentuk galaksi sampai saat ini. Lubang hitam ukuran kecil diperkirakan mencapai 100 ribu  black hole.

Temuan 2 lubang hitam BH1 dan BH2 ini menarik.
Karena lubang hitam tidak terlihat, tapi keduanya menimbulkan getaran bintang yang dianalisa. Ada kemungkinan BH1 dan BH 2 adalah biner atau pasangan dari bintang dan lubang hitam yang saling mengorbit.

Goyangan bintang yang diamati bertahun tahun, baru dapat disimpulkan ada benda lain yang lebih kuat dan menganggu gravitasi bintang. Diantarnya adanya exoplanet yang besar, bintang lain atau Blackhole.


Tim astronom bukan melihat lubang hitam, tapi getaran aneh dari bintang pendamping.
Ketika sebuah bintang tampak bergetar, tapi tidak ada cahaya lain. Disitulah peneliti menyimpulkan ada sebuah benda penganggu yang lebih masif (Blackhole).
Keduanya tidak saling menganggu.
Bintang dan Black Hole saling mengorbit, dan berputar serasi.

Black Hole Gaia BH2 April 2023
Lubang hitam dengan jarak 3.800 tahun cahaya dari Bumi. Berada di konstelasi bintang Centaurus dan ditemukan dari gerakan bintang oleh teleskop Gaia.
Sebelumnya baru masuk daftar kandidat lubang hitam terdekat.
Lubang hitam BH2 tidak ada cahaya yang terditeksi, peneliti mengunakan teleskop Chandra X-ray dan teleskop radio MeerKAT untuk memastikan lubang hitam BH2 ada disana.
Umum pasangan biner dengan lubang hitam akan memancarkan radiasi seperti sinar-X dan gelombang sinyal radio. Dampak dari aktivitas lubang hitam yang mulai menarik gas sebuah bintang. Dan pertalahan materi bintang yang ditarik akan hancur.

BH2 tidak, keduanya damai dan aman aman saja, tapi saling mengorbit. Sampai kapan keduanya damai, tidak diketahui.
Sejauh ini keduanya mengorbit ke satu bintang pendamping tapi cukup jauh. Jadi keduanya unik, sejauh apa yang ditemukan oleh tim astronom.

Banyak partikel yang keluar dari bintang pendamping atau disana adalah biner atau bintang dan blackhole.

Lubang hitam 
paling dekat ke Bumi Gaia BH2



Black Hole Gaia BH1 November 2022
Lubang hitam Gaia BH1 diperkirakan memiliki 10x massa matahari kita.
Jaraknya sekitar 1.560 tahun cahaya dari Bumi, berada di konstelasi Ophiuchus.
2x lebih dekat dari perkiraan awal.

Black hole Gaia BH1 disana biner, dan satu pasangannya sebuah bintang yang mengorbit seukuran matahari dengan jarak cukup dekat.
Saling orbit setiap 186 hari sekali.

Lubang hitam Gaia BH1 menjadi menarik bagi peneliti, terlihat tidak aktif atau belum menelan / menarik bintang di sebelahnya.
Tidak terjadi tanda radiasi, tanpa percikan akresi yang biasa di lakukan sebuah lubang hitam ke bintang.


Kemungkinan BH1 tersebut memiliki ukuran relatif kecil dengan radius 28km.

 Lubang hitam paling dekat ke Bumi Gaia BH1



Black Hole HR 6819 - 2020 Mei

Astronom satu area yang terlihat awalnya 1 cahaya atau bintang tunggal. Penelitian berlanjut menemukan ada 2 bintang biner, tapi sebenarnya ada 3 benda disana
Satu lubang hitam memiliki massa 4x dari matahari kita.
Disebut HR 6819, awal dipelajari seperti bintang biner. Tapi data menunjuakan ada 1 lagi yang lain tapi tidak terlihat. Tentu saja tidak terlihat karena benda tersebut diperkirakan sebuah lubang hitam.
Jarak 1200 tahun cahaya dari Bumi, terletak di konstilasi Gemini - LB-1.

Penelitian mengunakan perangkat MPEG/ESO 2,2 meter, terletak di observasi La SIlla Chile.
Kita dapat melihat mereka, tentu 2 bintang saja yang akan tampak dari 2 cahaya bintang terlihat biner.
Posisinya ada di ujung selatan Amerika Selatan.

Peneliti mengatakan di galaksi kita mungkin ada 100 juta lubang hitam dari sisa bintang. Tapi jumlahnya relatif lebih sedikit dibanding jumlah bintang yang ada.

Dibawah ini tata surya di dekat lubang hitam HR 6819, 2 bintang mengorbit terlihat terang, dan garis orbit merah dari lintasan orbit lubang hitam HR 6819

Lubang hitam paling dekat ke Bumi adalah Biner



Black Hole V616 Monocerotis atau V616 Mon - 2016 Maret

Lubang hitam paling dekat dengan Bumi berada 3000 tahun cahaya disebut V616 Monocerotis atau V616 Mon. Ukurannya diperkirakan 9-13 kali massa matahari.
Disana memiliki sistem biner. Disebutkan massa adalah kepadatan benda, dan bukan ukuran.
Lubang hitam terdekat kedua yang terditeksi dinamakan Cygnus X-1.

Memiliki jaraknya sekitar 6000 tahun cahaya dari Bumi. Memiliki ukuran 15x dari massa matahari. Disana disebut sebagai sistem biner

Lubang hitam paling dekat ke Bumi adalah Biner


Lubang  hitam ketiga juga memiliki sistem biner.

Ini pertanyaan, mengapa ada kata biner atau kembaran.

Yang dimaksud biner adalah sebuah lubang hitam yang terditeksi, selalu memiliki pendamping sebuah bintang di dekatnya. Dengan kata lain, astronom dan para ahli hanya dapat mengetahui keberadaan sebuah lubang hitam karena ada satu bintang yang berada dekat sebuah Black Hole.

Alasannya lubang hitam belum dapat terditeksi oleh teknologi saat ini. Yang ditemukan hanya lubang hitam yang memiliki pendamping atau biner. Dan gejolak di keduanya yang dapat terditeksi oleh para ahli, membentuk cakram sehingga keberadaannya bisa diketahui. Secara umum dampak lubang hitam akan menarik gas yang ada di sebuah bintang, perlahan tapi pasti dan suatu hari bintang akan kehabisan gas. Ketika terjadi tarik menarik keduanya, astronom dapat memperkirakan disana terdapat sebuah lubang hitam.

Jangan jangan ada lubang hitam lain yang dekat dengan Bumi, tetapi belum terditeksi oleh para ahli astronomi. Dapat dijawab "dibenarkan"

Sejauh ini tata surya kita sudah berusia 4,5 milar tahun. Dan sejauh  ini, planet di tata surya kita tidak pernah terganggu oleh hal berbahaya. Misalnya gangguan dari gravitasi sebuah lubang hitam yang melintas liar

Apa yang terjadi bila lubang hitam atau black hole lewat di dekat tata surya.
Seandainya sebuah lubang hitam melintas dalam jarak belasan tahun cahaya saja. Gravitasi lubang hitam dapat mengacaukan gravitasi sebagian planet. Entah menarik, mengeser dan lainnya.

Semua orbit akan bergeser perlahan, asteroid mungkin akan menabrak semua planet karena orbit ke matahari berubah
Bila lubang hitam mendekati bumi. Bumi tidak akan ditabrak, tapi perlahan ditarik oleh kekuatan gravitasi lubang hitam. Awalnya atmofer bumi akan ditarik keluar dari Bumi, lalu permukaan batuan, sampai seluruh isi bumi akan habis ditarik ke lubang hitam. Dan Bumi Tamat tidak tersisa.

Lubang hitam mendekat Bumi, maka Bumi akan hancur

Bila lubang hitam pernah melintas sebelum tentu manusia tidak akan hadir, dan manusia juga tidak akan ada seperti sekarang.

Apakah tata surya kita akan aman, sejauh ini yah. Tetapi jawabannya tidak terlalu yakin. Dan bahaya sebuah planet bukan datang dari gangguan lubang hitam yang lewat begitu saja. Bumi dan manusia bukan hal penting dari alam semesta dan bisa hancur oleh kejadian dari ruang angkasa atau ulah manusia sendiri.

Bila anda seorang astronom, kita  dan melihat sebuah bentuk benda seperti dibawah ini. Tidak perlu melapor ke siapa-siapa, karena tidak ada gunanya alias semua sudah terlambat.

Lubang hitam paling dekat ke Bumi adalah Biner

Artikel Lain

Video posisi Lubang Hitam di galaksi Bima Sakti. Teleksop Hubble membuat foto terbaru dari inti galaksi Bima Sakti. Mengungkap disana terdapat sekelompok bintang setidaknya mencapai setengah juta bintang. JWST melihat lebih dalam, masih ada awan besar terlihat terionisasi.

Ledakan dari gabungan 2 bintang neutron yang terdokumentasi ini disebut GW170817. Peneliti melihat ada aliran jet dari 2 pengamatan, mencapai 4x kecepatan cahaya. Teori fisika menyebut tidak ada yang lebih cepat dari cahaya.



Bila kita melihat ada 2 galaksi yang bergabung, apa yang terjadi. Satu tipe galaksi Seyfert seperti galaksi Arp 107, adalah 2 galaksi yang bergabung. Ketika kedua galaksi mulai mendekat, ada material yang membentuk seperti jembatan di antariksa.

Lubang hitam adalah nama kehancuran, apa yang ada akan ditelan. Kali ini lubang hitam memiliki dampak positif. Ketika sebuah lubang hitam terlempar dari galaksi induknya, tapi menarik gas di kosmos. Apa yang terjadi malah membentuk bintang bintang baru.

Di jantung galaksi Holm 15A terdapat salah satu lubang hitam terbesar yang pernah ditemukan. Memecahkan rekor sebelumnya, bahkan 2x lebih besar yang ditemukan tahun 2016. Belum mengalahkan analisa jejak Quazar dari TON 618 sebagai lubang hitam terbesar dengan perkiraan massa 66 milliar matahari.

2 lubang hitam di galaksi UGC4211 terbentuk dari tabrakan dua galaksi. Umum lubang hitam biner tidak aktif sebelum mencapai tahap akhir untuk bergabung. Tapi di 2 lubang tersebut terlihat aktif. Ilmuwan melihat hal tidak biasa, dengan jarak hanya 750 tahun cahaya di antara keduanya dan masih terus melahap isi galaksi keduanya.

Satu kejadian disebut AT2021ehb, astronom menemukan lubang hitam supermasif menghancurkan sebuah bintang tanpa perlu menelan. Gas dari bintang langsung ditarik dan bintang tercabik sampai hancur Kejadian ini membuat astronom bertanya, mengapa tidak muncul jet di kutub lubang hitam. Dan gas dari bintang yang hancur langsung berputar sebagai corona.



Tim astronom sedang mencari Black Hole kelas supermasif kedua terdekata, setelah lubang hitam di inti galaksi kita Sagitari. Kemungkinan satu lagi hanya 800 ribu tahun cahaya. Di galaksi kerdil Leo 1 kemungkinan ada sebuah lubang besar supermasif yang bersembunyi. Sekarang mulai diteliti oleh tim internasional.

Membayangkan kekuatan dan ukuran lubang hitam, kekuatannya sama seperti bumi dipadatkan menjadi seukuran kacang. Sejauh ini ada beberapa lubang hitam terbesar, sebesar apa benda tersebut. Peneliti mengatakan jumlahnya banyak mencapai jutaan lubang hitam di galaksi kita.

Lubang hitam tidak hanya terkait inti galaksi. Atau bintang raksasa yang meledak dan mati sampai membentuk dirinya menjadi lubang hitam. Peneliti mendapatkan lubang hitam terkecil. Yang massanya setara 3,3 kali lebih besar dari Matahari. Jumlah di galaksi kita sekitar 100 juta lubang hitam.

Mengapa objek di ruang angkasa dapat muncul 2-3 kali di tempat yang sama, objek sama muncul kembali 16 tahun kemudian. Distorsi gravitasi Black Hole, dapat membelokan cahaya. Sekarang diketahui penjelasan matematika, cahaya terbukti tidak hanya berbelok, tapi dapat berputar.

Apakah Supernova. Sederhananya sebuah bintang yang meledak adalah Supernova. Bila letaknya tidak jauh dari Bumi akan tampak cahaya sangat terang. Apakah ledakan bintang berbahaya bagi manusia di Bumi, berapa jarak aman kembali di revisi. Satu lagi mikronova yang lebih kecil

Lubang hitam GN7q diperkirakan baru berusia 750 juta tahun dari awal usia pembentukan alam semesta. Astronom mengatakan ini bagian rantai yang hilang. Sebuah lubang hitam masif lahir lebih cepat dari perkiraan. Memancarkan radiasi yang tertangkap gelombang X-ray dan Ultraviolet

Sebuah bintang pulsar bergerak dengan kecepatan 1100 km perdetik. Bagaimana bintang pulsar tersebut dapat berpindah di galaksi Bima Sakti. Dan mendorong bintang pulsar tersebut sampai keluar dari tempatnya berasal akibat sebuah supernova. Jejak bintang pulsar dapat dipelajari dengan teleskop Fermi.



Youtube Obengplus

Trend