Satelit internet Oneweb adalah jaringan satelit dan bukan provider internet


Technology | 26 March 2023


Jaringan sistem satelit Internet OneWeb asal Inggris. Berdiri tahun 2012 dan masih merancang disain.
Konstelasi sekitar 650 satelit untuk koneksi internet di orbit rendah atau LEO.

Orbit satelit OneWeb memiliki sudut relatif tegak lurus dengan kutub Bumi, dengan ketinggian sekitar 1000 - 1200 km dari permukaan Bumi.
Sedangkan Starlink mengunakan orbit lebih miring  dari arah kutub dan ketinggian 300km

Mengandalkan satelit kecil dengan bobot 150kg.
Tapi pemilik perusahaan dinyatakan bankrut pada tahun 2020 lalu dan sebagian saham diambil pemerintah Inggris.

Layanan internet satelit OneWeb.
OneWeb tidak menjual layanan rumah, dan memilih mitra telekomunikasi, jasa layanan internet atau organisasi yang membutuhkan koneksi internet.
Jadi tidak ada nama ISP OneWeb seperti Starlink sebagai ISP dan bukan saingan murni di teknologi internet satelit.
Sebagai contoh perusahaan telekomunikasi AT&T Amerika membuat kesepakatan dengan OneWeb.
Atau layanan di penerbangan, maritim, perusahaan sampai pemerintah.
Infrastruktur OneWeb hanya sebagai jaringan serat dengan satelit, tapi ISP penyedia layanan internet ada di perusahaan lain.
OneWeb nantinya akan bersaing dengan jaringan satelit seperti OmniSpace, AST & Science atau Amazon.

Jaringan satelit OneWeb di 12 bidang, dengan satu bidang dilayani oleh 49 unit, diluar satelit cadangan
Kecepatan tertinggi 200Mbps, dengan latency kurang dari 100ms.



Perusahaan tersebut dijual, dan diberikan ke telekomunikasi India Bharti Global.
Nilainya hanya $1 miliar dan sudah diterima.
OneWeb tetap beroperasi, bahkan menyiapkan peluncuran satelit baru.
Dan badan antariksa ISRO mendapat kontrak peluncuran OneWeb.

2023
Pengiriman satelit mengunakan layanan Soyuz Rusia, dari pabrik satelit Florida gagal di tahun 2023. Akibat ketegangan politik, membuat OneWeb mengalihkan layanan peluncuran satelit ke badan antariksa lain.
OneWeb memilih ISRO, mengunakan roket terberat India LVM-3 untuk membawa 36 satelit OneWeb.

Sampai tahun 2023, sejak peluncuran pertama tahun 2020 ada 579 satelit.


36 satelit baru menambah konstelasi satelit OneWeb menjadi 615 unit.
Itu baru bagian lapis pertama yang seharusnya lengkap sekitar 648 unit untuk mencapai seluruh dunia.

Size 150kg Oneweb Satellite

2022
Maret 2022, OneWeb rencana memilih perusahaan pesaingnya sendiri Starlink.
Dengan roket milik SpaceX untuk pengiriman satelit internet.
Setelah peluncuran satelit terakhir total 584 unit satelit yang sudah berada di ruang angkasa pada tahun 2021.
Di tahun 2022 pengiriman satelit OneWeb mulai tertunda.

Kepemilikan OneWeb adalah pemerintah Inggris, sebelumnya telah mengkontrak perusahaan Roscosmos untuk pengiriman satelit dengan Soyuz.
Setelah sanksi diberlakukan, dan kepala Roscomos mengumumkan untuk menutup pengiriman roket dari kepemilikan pemerintah, kecuali layanan untuk perusahaan swasta.

OneWeb telah meluncurkan dua pertiga dari satelit konstelasi yang dibutuhkan
Dengan 428 dari 648 satelit yang direncanakan sudah di orbit.

Tapi layanan internet satelit Starlink lebih banyak mencapai ribuan unit satelit di orbit, rencana untuk ribuan dan bahkan mungkin puluhan ribu menyusul akan dikirim lagi di tahun-tahun mendatang.

Pernyataan itu selanjutnya mencatat bahwa ketentuan perjanjian dengan SpaceX bersifat rahasia.
OneWeb mengatakan telah mengaktifkan layanannya Belahan Bumi Utara.

Sedangkan Starlink sekarang beroperasi dalam versi beta publik di sebagian besar negara di Eropa dan Amerika Utara, serta beberapa negara Belahan Bumi Selatan.

Jumlah satelit Oneweb yang telah berada di orbit dapat dilihat via N2YO

Perbedaan dengan satelit Starlink dan Oneweb
Orbit Oneweb mengarah tegak lurus antar kutub Bumi kanan.
Sedangkan lintasan orbit Starlink sekitar 45 derajat dari arah kutub Bumi kiri



Oneweb Satellite Tracking

Artikel Lain

Panas layanan internet satelit, mulai menganggu layanan Viasat yang sudah ada. Viasat memberi paket internet unlimited langsun ke satelit. Melihat 2 pesaing jaringan internet satelit Starlink dengan 2 juta pelanggan dan HugesNet

Modem X80 baru Qualcomm mengemas AI dan terintegrasi dukungan komunikasi satelit. Seri modem X80 RF 5G baru untuk menghadirkan konektivitas lebih cepat, lebih hemat energi. Qualcomm FastConnect 7900 membawa Ai dengan WIFI 7



WIFI HaLow bekerja pada frekunesi 1Ghz, dibanding WIFI standar 2,5Ghz atau lebih tinggi. Rancangan untuk perangkat berbasis IoT yang tidak memerlukan kecepatan transfer. Standar aslinya hanya 1km tapi di uji sampai 3km dan tidak terganggu dengan interferensi sinyal WIFI biasa

Perusahaan SatVu baru meluncurkan satelit Hotsat 1. Gambar pertama dari satelit memperlihatkan gambar termal dari permukaan di kota seperti rumah, jalan. Tujuan satelit membantu peneliti memperbaiki rancangan kota lebih baik serta bidang lainnya.

Setelah teknologi smartphone dapat terhubung untuk mengirim SMS mengunakan sinyal satelit. Satu lagi layanan SMS satelit dari Sateliot, tahap awal satelit akan lewat 1 kali sehari. Menyusul dalam 3 tahun akan ada 256 satelit.

Berapa jumlah satelit di ruang angkasa yang mengorbit Bumi. Sampai Maret sekitar 10 ribu lebih objek satelit di ruang angkasa. Penyumbang terbesar jumlah satelit akan naik 6x lipat. Terbesar dari layanan internet satelit seperti Starlink, OneWeb, China Sat, dan Project Kuiper Amazon.

Amazon mendapat ijin satelit internet broadband. Peluncuran jaringan satelit Kuiper dalam 5 tahun, mengkontrak 3 perusahaan roket dari ESA, US dan Amazon sendiri. 3000 satelit. Menawarkan 3 ukuran antena kecepatan 100Mbps sampai 1Gbps



Bila tidak ada jaringan tersedia, smartphone dapat mengirim langsung pesan SOS, atau paket SMS melalui satelit. Mengunakan chip Mediatek MT6825 NTN untuk modem tambahan, tidak memerlukan antena khusus. Smartphone dirancang standar anti pecah.

Samsung kembangkan komunikasi NTN. Dengan modem Exynos 5300, untuk komunikasi dua arah. Dapat mengirim pesan, video, foto langsung ke satelit langsung dari Smartphone Android. Satu langkah teknologi 5G menuju teknologi 6G.

Teknologi 6G tidak lagi membawa jaringan selular. Tapi konekvitas ke perangkat yang membutuhkan wireless. Dari sistem IoT, industri, jaringan data selular, sampai medis. Ada yang menganggu di teknologi 6G, karena mengunakan frekuensi Thz, bukan lagi Mhz.

Satelit Bluewalker 3 untuk jaringan 5G membentang panel surya penuh, ukuran 64 meter persegi. Nanti menjadi konstelasi Bluebird, dengan total 100 satelit. Astronom mengatakan itu akan menganggu peneriman sinyal teleskop radio. Masalahnya jaringan Bluebirds digunakan untuk komunikasi 5G.

Smartphone biasa dapat terhubung ke satelit. Setelah modem Qualcomm X65 dibuat untuk mengunakan frekuensi n53 di spektrum satelit. Sementara untuk mengirim pesan singkat, atau SOS. Jadwal berubah setelah Qualcomm tidak ingin sistem ekslusif dari Iridum, mungkin baru tampil tahun 2024

Membayangkan koneksi internet selama pesawat sedang mengudara, mahal dan tidak secepat teknologi internet biasa. Starlink telah memberikan akses internet ke pesawat. Penumpang Hawaiian Airlines mendapat akses internet kecepatan tinggi via satelit Starlink Februari 2024.



Youtube Obengplus

Trend