Teknologi Kioxia XL FLash kelas Enterprise PCIe 5 latency rendah sampai 13GB perdetik


Technology | 25 March 2023

Produsen chip NAND Kioxia menyiapkan chip SSD yang dilengkapi XL Flash generasi kedua.
Lanjutan pengembangan SSD Kioxia FL6, kali ini disiapkan untuk PCIe 5.0 dengan kecepatan 13,5GB/s dan 3M IOPS.

Teknologi XL Flash berada antara storage NAND dan DRAM.
Samsung juga menyebut sebagai chip Z-NAND.

Kioxia SSD FL6 pertama dibuat dari generasi chip XL Flash, tapi hanya mendukung PCIe 4
Kecepatan FL6 mencapai 6,3GB/s dengan kecepatan 1,5M IOPS.

Gambaran sementara teknologi chip Kioxia XL.
Untuk kecepatan Read 13,5GB/s, tapi kecepatan write masih separuh dari kecepatan Read sekitar 6,2GB/s seperti generasi pertam.
Sedangkan IOPS meningkat 2x lebih cepat.

Kioxia XL Flash memindahkan dari chip SLC 1 bit ke MLC 2 bit per sel.
Kapastias storage juga dapat diperbesar sampai 2x dari kapasitas generasi sebelumnya.

Lebih cepat dari rancangan storage Samsung Z-NAND dan Intel 3D Xpoint.

Kiokxa





Artikel Lain

2024 - LPDDR5X tembus untuk DRAM 10,7Gbps. 2023 era internal memory UFS 4.0, 2x lebih cepat dari UFS 3.0 untuk perangkat mobile. LPDDR5 RAM smartphone tampil tahun 2020, dan 2 tahun meningkat ke LPDDR5X dengan 33% lebih cepat untuk kecepatan transfer. LPDDR5T 13% lebih cepat dari LPDDR5X

Memory card SSD, NVMe storage, microSD, SD sampai Flash Drive tidak disarankan untuk menyimpan data dalam waktu lama. Juga teknologi penyimpan data digital dari generasi tape sampai LTO tape, Disc DVD sampai M-Disc memiliki batas waktu menyimpan data. Data digital dapat disimpan lama bila di refresh..



Pabrik chip Kioxia kabarnya akan bergabung dengan Western Digital. Berita dari Reuters, keduanya disebutkan sedang bernegosiasi. Walau pasar SSD atau chip NAND semakin murah. Harapan ada 2 nama besar untuk saling bersaing antara Samsung dan Western Digital SSD

Bloomberg mengatakan sebagai kecelakaan bersejarah. Ketika pandemi pabrikan berusaha memproduksi untuk memenuhi permintaan. Sejak tahun 2022 permintaan turun, dan antisipasi 2023 akan memburuk. Pertama bagi produsen nomor 1 DRAM dan NAND disebut akan menurunkan kapasitas produksi, bahkan rugi.

Samsung memadatkan chip NAND teknologi V-NAND dengan TLC. Sekarang mencapai 170 layer, kedepan menampung sampai 200 lapis per chip. Batasan chip ada di kemasan seperti smartphone ukuran 0,5mm termasuk modul.

Western Digital memulai pengiriman hard drive 20TB dengan teknologi baru Optinand. HDD 20TB Western Digital dengan Optinand mengandalkan platform 9-Platter dengan putaran 7200rpm. Mengunakan sistem teknologi Energy-assisted perpendicular magnetic recording (ePMR)

Samsung menawarkan SSD ZNS Samsung PM1731a dengan fitur ZNS. Membuat SSD bekerja lebih lama, karena mengurangi penulisan data. Teknologi NVME 2.0 memiliki fitur terbaik dengan ZNS. Mencegah penulisan data pada chip yang mengurangi usia pakai chip NAND.



Youtube Obengplus

Trend