Asus GeForce RTX 4080 Noctua Edition ngak berisik tapi harganya bikin tertawa


   Shortstory | 22 March 2023


Setelah terdengar kabar Asus akan mengambil teknologi pendingin Noctua.

Maret 2023, tampil Asus GeForce RTX 4080 Noctua Edition.

Rancangan VGA yang tidak berisi, benar benar ngak berisik dengan suara fan.

Memasukan 2 fan Noctua NF-A12x25, tapi harga fannya saja dijual $60.



Membutuhkan 4.3 slot atau lebih dari 4 slot PCIe, jadi heatsink dan penempatan fan membuat Asus GeForce RTX 4080 Noctua Edition lebih besar dari VGA RTX 4080 standar.

Warna fan terlihat kecoklatan, karena Noctua tidak memiliki fan dengan warna hitam.

Untuk mendukung VGA yang tidak berisik, Asus membuat heatsink vapour chamber lebih besar
Dengan 5 heatpipe ukuran 8mm, dan 3 heatpipe 6mm
Artinya 5 heatpipe utama lebih besar di jalur tengah.

Dibanding seri TUF standar dengan konfigurasi heatpipe 2x 8,mm + 6x 6mm.
Hanya mengandalkan 2 heatpipe utama yang lebih besar sebagai penghantar panas dari GPU ke sirip heatsink.

Perbandingan suara, Asus GeForce RTX 4080 Noctua Edition idle hanya 12,5dB, ketika beban puncak, fan bekerja maksimum dengan tingkat bising 33,7 dB.
Cukup menjanjikan untuk tingkat kebisingan fan Noctua tersebut, dibanding VGA standar TUF mencapai suara 48,6dB.

Kecepatan VGA juga dapat ditingkatkan, mencapai 2625Mhz untuk seri Noctua.
Sedangkan VGA seri TUF standar dibuat terbatas sampai 2505Mhz.
Dengan pendingin lebih baik, GPU juga dapat bekerja stabil khususnya dengan voltase dibawah rata rata.

Dalam satu silikon, hasil chip dapat bervariasi. Untuk chip Binning menjadi silikon nomor 1 atau yang terbaik.
Asus mungkin mencari chip setingkat silikon Binning yang mampu bekerja di atas rata rata seperti seri Nvidia Founder Edition. Tanpa menghasilkan panas lebih tinggi dibanding chip lain.

Asus GeForce RTX 4080 Noctua Edition

Masalahnya  harga Asus GeForce RTX 4080 Noctua Edition mencapai $1649.
Versi

VGA RTX TUF yang sampa $1.199
Perbedaan sekitar $500 mungkin untuk komponen fan, dan disain heatsink. Atau ada bagian khusus yaitu GPU Binning.

Artikel Lain

Microsoft mempersiapkan perubahan besar dalam perangkat printer dan pelanggan berinteraksi dengan Windows. Sistem driver Internet Printing Protocol bekerja langsung via update Windows untuk mendapat pembaruan perangkat yang terhubung. Seperti pengumuman Microsoft - End of servicing plan for third-party printer drivers on Windows

AMD Radeon RX 7600XT di rilis Januari 2024. Radeon RX 7800 XT turun. AMD Radeon Navi 31 tampil pertama lebih murah dari Nvidia, 2 model VGA high end AMD  Radeon RX 7900 XTX dan AMD Radeon RX 7900 XT. AMD Radeon RX 7800, RX 7700 diumumkan Agustus 2023



Fan tanpa suara terlalu bising umum di produk premium. Artic menawarkan beberapa fan dengan harga lebih hemat, bahkan separuh dari produk premium. Artic P12 Max memiliki putaran maksimum 3300 rpm, dirancang dengan dual bearing, bekerja 24 jam tanpa degradasi performa.

Deepcool pendingin procesor menambah 3 model lain di seri AG. 2 model paling murah memiliki 2 dan 3 heatpipe. Model tertinggi dengan 2 tower dan total 6 heatpipe. Seri AG mengunakan jumlah fin berbeda, rancangan susunan heatsink bentuk matrix

Cougar FORZA 85 heatsink pendingin tipe silent, mengunakan fan tipe MHP120. Memberikan pendingin maksimum pada kisi pendingin, tapi bekerja tanpa suara bising atau ultra silent.

VGA kelas high end dan disain referensi board mengunakan sistem fan blower. Tapi bulan Februari kemarin, mulai menghilang dai daftar produsen VGA. Kemana disain fan blower yang disukai oleh pembuat konten, editing, AI tersebut. Atau dialihkan untuk VGA model seri Nvidia CMP HX

Zalman CNPS20X CNPS17X CNPX16X dirancang dengan posisi vertikal, satu model dengan lampu RGB tertutup. Cooler tipe tower dibuat dengan sirip pendingin 4D, dan tambahan fitur RDTH, IHD serta lampu RGB. Bila dilihat lebih dekat, pada sirip evarator membentuk lekukan poligon. Zalman kali ini bermain dengan 2 bahan metal, mengkombinasikan tembaga dan aluminium.



Raijintek Eris Evo menawarkan disain case dengan banyak tempat fan. Mungkin kita kewalahan untuk membeli fan, 20 unit dapat dipasang. Tidak hanya pendingin, dengan 8 tempat slot untuk perangkat computer, dan 2 tempat untuk pendingin water cooler CPU. Kalau butuh case bling bling dengan fan warna warni, yang ini pasti kelihatan di segala sudut.

Fan disain baru dengan bahan Strerox, dapat digunakan untuk fan watercooler, case atau CPU heatsink. Target fan premium ini adalah noise lebih rendah dengan putaran fan lambat tanpa mengurangi arus udara.

Corsair tampilkan fan untuk builder computer. Mengunakan teknologi Maglev atau Magnetic Levitation fan. Memiliki ukuran fan 120mm dan 140mm. Keunggulan fan ada di teknologi performa fan tapi rendah noise.



Youtube Obengplus

Trend