Film Blackberry gaya lucu inovator mungkin iphone dan android hadir terlambat


   Stuff | 16 March 2023

Tahun 2022 lalu ada kabar tentang film Blackberry.
Film tersebut akhirnya muncul tahun 2023.

Film menceritakan sejarah Blackberry ini dikemas lucu. Bayangkan bila tidak ada BB, mungkin kita masih mengunakan SMS, mungkin.

Karena dari mereka semua ide inovasi dan jenius muncul di abad ke 21. Termasuk film dokumenter Steve Job Apple, dan film tentang media sosial yang sekarang melanda dunia.

Film BlackBerry dibintangi Jay Baruchel,  Mike Lazaridis dan Jim Balsillie
Seorang mantan co-CEO dari perusahaan Kanada Research in Motion. Menceritakan asal dari penemuan Blackberry di jamannya.

Keduanya memainkan peran besar dalam sejarah komunikasi seluler.
Tanpa keberhasilan BlackBerry, iPhone tahun 2007 mungkin tidak akan pernah terjadi. Bahkan Google belum memikirkan Android di tahun 2008.
Dan satu lagi yang terlupakan adalah Windows Phone sebagai tim terakhir tampil 2010, tapi punah dengan sendirinya. Karena di monopoli perangkat di Microsoft

Dari ide smartphone Blackberry, akhirnya iPhone melihat peluang untuk perangkat dengan layar sentuh.
Google membuat Android juga mengunakan layar sentuh. Dan Windows Phone ingin seperti Blackberry yang eksklusif.

Tapi Blackberry tetap mengunakan disain yang sama, mempertahankan sisi BBM atau memengang erat aplikasi Blackberry Messenger eksklusif di perangkat Blackberry.
Tapi perusahaan RIM lupa, masih ada pengembang yang mampu membuat software Chatting untuk iPhone, dan Android.

Film Blackberry 2023

Setelah itu muncul aplikasi chat lain, sampai Whatsapp, Line, Wechat, Facebook Messenger, Signal, Telegram dan aplikasi lain.
Blackberry Messenger akhirnya meninggalkan RIM, dan tersedia di OS smartphone berbeda.

Tersisa perusahaan RIM yang mempertahankan Blackberry sebagai produsen perangkat, dan runtuh
Menyusul dominasi BBM tertinggal jauh Whatsapp.

Dilihat dari trailernya, film ini akan mencakup cerita dari asal-usul BlackBerry sebagai ide gila antara beberapa mahasiswa (sutradara Matt Johnson juga berperan sebagai co-founder RIM Douglas Fregin).
Sampai  akhir yang memalukan karena gagal mempertahankannya. Itu saja.




Smartphone iPhone dan Android tentu saja mendominosi setelah Blackberry tampil dan runtuh.

Ini kisah dilema klasik di dunia inovator.
RIM merevolusi cara kita berkomunikasi dengan memasuki jaringan seluler.
Gagal melihat potensi smartphone layar sentuh. Itu saja kegagalan fatal dari RIM, ketika masih ngotot mempertahankan ciri produk sendiri dengan keypad.

Belum lagi masalah provider yang ingin mengemas paket data BBM khusus untuk mereka, dan mengenakan biaya bulanan di aplikasi BBM yang tidak murah.
Membuat penguna smartphone melihat potensi aplikasi lain yang lebih murah.

Dunia memang rumit dengan banyak kepentingan.
Disana ada inovasi, dan berkembang.
Tapi disisi lain adalah investasi dan uang yang ingin cepat di dapat.

Dari monopoli perangkat, biaya perangkat yang mahal, paket data khusus dengan biaya bulanan akhirnya membuat penguna BBM terbatas.
Tiba tiba iPhone dan Android datang, memberi layanan gratis dan bebas tanpa ketergantungan paket data dari provider.

Film BlackBerry didasarkan pada buku 2015 Losing the Signal: The Untold Story Behind the Extraordinary Rise and Spectacular Fall of BlackBerry, yang ditulis oleh reporter Globe and Mail Jacquie McNish dan Sean Silcoff.

Film tayang pada 28 April 2023, bukan film serius, melainkan cerita komedi dari para inovator.

Artikel Lain

Film dokumentar Moment of Contact, bukan cerita fiksi. Bukti hubungan setiap individu yang melihat langsung alien. Alien berhasil ditangkap dari UFO yang jatuh, dan melibatkan militer, tapi kemana setelah itu. 26 tahun baru terungkap, pesawat USAF terlihat disana. Seperti apa bentuk mahluk dari luar Bumi.

Tahun 1947 setiap penampakan UFO tapi dibantah militer AS dan dianggap sebagai fenomena biasa. Awal publik percaya, selanjutnya mulai curiga. Semakin banyak orang melihat, dan jawaban militer semakin tidak masuk akal. Konspirasi apa yang terjadi selama 20 tahun lengkap dengan rekaman dan saksi terungkap kembali.



Film dokumenter The First Wave, liputan sebuah rumah sakit di awal pandemi. Kota New York memiliki tingkat terburuk infeks.. Seperti yang tidak diberitakan, bagaimana pasien harus ditangani oleh tim medis. Diliput oleh tim National Geographic

Layanan smartphone model lama Blackberry dihentikan 4 Januari 2022. Mengapa ponsel dengan nama dan produk sendiri akhirnya gagal. Sampai melepas bagian dari Blackberry Messenger yang kita kenal dengan BBM ke multi-platfom.

Sebuah film yang menginspirasi mencapai 14 puncak gunung tertinggi dalam waktu 7 bulan. Dibuktikan pendaki Nepal bersama beberapa rekannya. Film dokumenter pendakian gunung 14 Peaks Nothing is Impossible tidak berisi cerita pendakian. Narasi dari pendapat kemampuan seseorang dalam mendaki.

Film serial Top Secret UFO Projects: Declassified tampil di streamin video Netflix Juni 2021. Tidak menceritakan penampakan UFO, tapi mengungkap dari kejadian di masa lalu, rahasia militer dan membuka potongan cerita yang tidak lengkap. Diungkap oleh nara sumber yang diam puluhan tahun, atau membuka konspirasi baru

Film tentang plastik penemuan inovasi dalam industri, setelah 50 tahun plastik menjadi bencana. Semua negara mengalami masalah dengan plastik. Plastik dari industri minyak menjadi produk, sampah, lalu kemana plastik pergi. Film ini adalah akhir cerita, tetapi masalah baru saja dimulai.



Film menceritakan memperbaiki iklim dengan solusi sederhana. Menurunkan tingkat gas karbon ke Bumi dengan energi terbarukan bukan hal utama. Gas karbon seharusnya diserap masuk ke dalam tanah kembali. Ide masuk akal yang dilupakan masyarakat dunia.

Sebuah film BBC menceritakan apa yang luput dari perhatian kita selama 1 tahun pandemi. Menceritakan alam kembali ke kota besar di luar Indonesia. Bila menonton film ini, kita dapat menebak, jangan jangan kesempatan seperti ini tidak akan terulang sepanjang hidup.



Youtube Obengplus

Trend