Kuiper Amazon internet satelit broadband teori 1Gbps


   Technology | 15 March 2023


Koneksi internet broadband melalui jaringan satelit milik perusahaan sendiri. Pertama dari Starlink, yang sudah berjalan untuk konstelasi satelit Starlink.
Ke depan Amazon dengan proyek Kuiper akan menawarkan koneksi internet melalui satelit.



Perkembangan proyek Kuiper dari Amazon terus mengalami perkembangan.
Maret menampilkan disain antena, sepertinya sudah final untuk layanan Kuiper.

Maret 2023
Perusahaan Amazon tampilkan 3 model antena untuk internet satelit broadband.
Antena ukuran 11 inci mencapai kecepatan 400Mbps, dengan harga antena $400
Antena 7 inci kecepatan 100Mbps, kabarnya lebih cocok untuk internet satelit rumah, atau koneksi perangkat portabel. Masih tahap pengembangan, dan paling ringan.
Antena 19 inci x30 inci, dapat terhubung ke satelit sampai 1GBps

Amazon membuat chip khusus Prometheus, dapat dijadikan BTS untuk multi konek ke smartphone.
Menjadikan chip disatukan ke perangkat terminal antena, sebagai Gateway ke satelit.

Dibawah ini bentuk antena internet broadband melalui satelit Amazon.
Gambar kedua diumumkan awal 2021, untuk uji coba

Antena satelit internet Amazon Kuiper

April 2022
Proyek Kuiper milik Amazon untuk jaringan satelit internet akan di gelar, setelah Amazon mengkontrak 3 peluncuran satelit.
Amazon memiliki target 3.236 satelit seperti milik Starlink, satelit berada di orbit rendah untuk membentuk jaringan internet.

38 peluncuran dengan Vulcan Centaur roket kelas besar milik ULA.
18 Arienaspace dengan roket Ariena 6
12-15 lebih peluncuran dilakukan dengan Blue Origin milik Amazon sendiri.
Total

83 peluncuran roket lebih dilakukan dalam 5 tahun kedepan.
Satu perusahaan lain yang di jajaki dari Beyond Gravity, peluncuran roket biaya rendah berbasis di Swiss.



2021 November
Mengingat jadwal peluncuran harus mengirim  banyak satelit mencapai 3.236 node yang direncanakan.
Dan targetnya sampai pertengahan 2026 sudah ada separuh satelit Kuiper milik Amazon di ruang angkasa.

Amazon memilih roket RS1 yang lebih kecil dibanding rocket Falcon milik SpaceX.


Roket RS1 mengunakan 9 mesin EP1 yang dibuat dengan printer 3D, dengan beban 1 ton untuk mencapai orbit LEO.
Amazon mengambil resiko dengan perusahaan roket ABL, walau perusahan tersebut belum meluncurkan satupun roket miliknya.
Tapi sistem ABL sangat fleksibel, roket lebih kecil, mudah di angkut, hanya membutuhkan landasan peluncuran seluas 20 x 50 meter saja.

Amazon Kuiper rocket ABL RS-1 satelit


2020 Desember
Amazon baru menampilkan disain antena internet satelit dari Project Kuiper.
Antena diameter 30 sentimeter, lebih kecil dari rancangan antena Starlink.

Ukuran yang kecil dapat menghemat biaya, menjadi poin penting bagi pelanggan.
Kecil tidak berarti antena lebih lemah, hasil test download mencapai 400Mbps maksimum, di wilayah lain yang diuji mencapai 175Mbps di darat.

2020 Agustus
Perusahaan Amazon telah mendapat ijin dari FCC untuk meluncurkan 3000 satelit lebih ke ruang angkasa dalam beberapa tahun ke depan.
Amazon akan membangun konstelasi satelit internet broadband seperti jaringan satelit Starlink.

Proyek Kuiper sejauh ini nama yang diketahui dari proyek Amazon. Dibagi dalam 5 fase dengan total 3236 satelit internet di orbit rendah LEO.
Satelit ditempatkan pada jarak 590km dan 630km.

Amazon setidaknya harus memiliki separuh satelit Kuiper berada di orbit sampai Juli 30 tahun 2026 dari target yang akan dicapai.
Amazon harus sudah memastikan posisi satelit agar tidak menganggu satelit lain.

Sementara jaringan satelit Amazon belum selesai mendisain satelit Kuiper.
Menariknya, satelit Kuiper nanti sudah dapat beroperasi walau jumlahnya hanya 18% dari total yang dibutuhkan.
Sudut kemiringan satelit dengan antena penerima satelit broadband, mengunakan sudut minimal 35 derajat dari horizon.

Artikel Lain

Panas layanan internet satelit, mulai menganggu layanan Viasat yang sudah ada. Viasat memberi paket internet unlimited langsun ke satelit. Melihat 2 pesaing jaringan internet satelit Starlink dengan 2 juta pelanggan dan HugesNet

Modem X80 baru Qualcomm mengemas AI dan terintegrasi dukungan komunikasi satelit. Seri modem X80 RF 5G baru untuk menghadirkan konektivitas lebih cepat, lebih hemat energi. Qualcomm FastConnect 7900 membawa Ai dengan WIFI 7



Tahun 2020 sistem satelit navigasi Beidu telah lengkap. Tahun 2022 untuk standar penerbangan. Menjadi opsi sistem cadangan bila terjadi gangguan sinyal satelit navigasi. keunggulan ada di sinyal satelit dan posisi beberapa satelit geostasioner di satu wilayah.

Setelah teknologi smartphone dapat terhubung untuk mengirim SMS mengunakan sinyal satelit. Satu lagi layanan SMS satelit dari Sateliot, tahap awal satelit akan lewat 1 kali sehari. Menyusul dalam 3 tahun akan ada 256 satelit.

Berapa jumlah satelit di ruang angkasa yang mengorbit Bumi. Sampai Maret sekitar 10 ribu lebih objek satelit di ruang angkasa. Penyumbang terbesar jumlah satelit akan naik 6x lipat. Terbesar dari layanan internet satelit seperti Starlink, OneWeb, China Sat, dan Project Kuiper Amazon.

Pesaing jaringan internet satelit Oneweb memilih layanan SpaceX dan ISRO untuk pengiriman satelit ke ruang angkasa. Tinggal menunggu beberapa puluh satelit lagi untuk lapisan pertama jaringan internet satelit. OneWeb sementara tidak mengirim satelit lewat badan antariksa Roscosmos Rusia.

Samsung kembangkan komunikasi NTN. Dengan modem Exynos 5300, untuk komunikasi dua arah. Dapat mengirim pesan, video, foto langsung ke satelit langsung dari Smartphone Android. Satu langkah teknologi 5G menuju teknologi 6G.



Teknologi 6G tidak lagi membawa jaringan selular. Tapi konekvitas ke perangkat yang membutuhkan wireless. Dari sistem IoT, industri, jaringan data selular, sampai medis. Ada yang menganggu di teknologi 6G, karena mengunakan frekuensi Thz, bukan lagi Mhz.

Satelit Bluewalker 3 untuk jaringan 5G membentang panel surya penuh, ukuran 64 meter persegi. Nanti menjadi konstelasi Bluebird, dengan total 100 satelit. Astronom mengatakan itu akan menganggu peneriman sinyal teleskop radio. Masalahnya jaringan Bluebirds digunakan untuk komunikasi 5G.

Smartphone biasa dapat terhubung ke satelit. Setelah modem Qualcomm X65 dibuat untuk mengunakan frekuensi n53 di spektrum satelit. Sementara untuk mengirim pesan singkat, atau SOS. Jadwal berubah setelah Qualcomm tidak ingin sistem ekslusif dari Iridum, mungkin baru tampil tahun 2024

Starlink telah memberikan akses internet ke pesawat. Penumpang Hawaiian Airlines mendapat akses internet kecepatan tinggi via satelit Starlink Februari 2024. Laporan report KTLA menguji kecepatan speed di pesawat A321neo selama terbang dari Los Angeles ke Honolulu, hasilnya 160Mbps.

Earth Wind Map peta arus angin secara global. Memperlihatkan gerakan angin, kecepatan angin, laju arah angin dan awan hujan. Foto satelit cuaca Himawari untuk Asia, memantau kondisi cuaca di belahan Asia setiap 10 menit. Foto satelit dengan durasi 12 jam sebelumnya



Youtube Obengplus

Trend