Teknologi baterai Solid State mobil listrik dan smartphone nanti


Technology | 8 March 2023


Maret 2023 Xiaomi
Xiaomi 13 dibuat untuk uji coba dengan kapasitas baterai solid state 6000mAh. Ini masih disain prototipe yang dibuat.
Disain baterai lithium dengan charger 300W kapasitas 4100mAh, membutuhkan waktu 5 menit. Itu sudah sangat cepat di tahun 2023.

Kedepan teknologi baterai Solid State menyerap energi lebih tinggi. Perkiraan dengan kepadatan 1000Wh/l.
Dengan kapasitas 6000mAh, Xiaomi mengatakan ukuran baterai yang sama seperti baterai 4500mAh.
Tapi kapasitas lebih besar 33%.
Baterai Solid State lebih aman, tidak ada resiko terbentuk benda tajam (sebagai simulasi) yang menyebabkan baterai tidak stabil dan terjadi pelarian energi.

dapat dibuat dengan pelindung, seperti baterai yang ditusuk dan bagian internal dapat memblok anode dan katode.

Baterai Solid State lebih aman

Mampu bertahan dengan suhu lebih dingin sampai - 20 deg.C
Tapi baterai Solid State di smartphone membutuhkan waktu lagi, setidaknya beberapa tahun kedepan. Itupun bila tidak ada alternatif teknologi baterai lain.


November 2018 Qing Tao
Perusahaan Qing Tao Energy Devp, kerja sama dengan universitas Tsinghua memiliki produksi baterai solid-state pertama di China.
Baterai solid-state yang diproduksi mengunakan elektroda dan elektrolit padat, sebagai penganti elektrolid berbentuk cair atau gel yang ditemukan di baterai lithium.


Teknologi tersebut tidak hanya aman, tapi mencapai kepadatan energi lebih tinggi.

Menurut perusahaan Qing, baterai solid-state memiliki energi 400Wh/kg dibanding lithium terbaru antara 250-300Wh/kg.

Dana yang di invetasikan oleh Qing Tao mencapai 144 juta dollar, untuk membuat pabrik dengan kapasitas 100MWh baterai pertahunnya.
Jumlah tersebut terlihat besar, tapi untuk kebutuhan mobil listrik maka kapasitas baterai tersebut hanya cukup untuk 2000 kendaraan listrik jarak jauh.
Tahun 2020 nantinya akan ditingkatkan mencapai 700MWh.

Nan Cewen yang mendirikan perusahaan dengan beberapa lulusan Dr universitas Tsinghua. Pada tahun 2014 telah amengatakan ke beberapa produsen kendaraan seperti Volswagen, Toyota atau Dyson untuk bekerja sama dengan teknologi baterai solid-state.
Menghilangkan elektrolit cair membuat baterai tidak mudah terbakar dan dapat dibuat dalam kemasan fleksibel.


Produksi baterai solid-state memerlukan penelitian yang lama, setidaknya telah diumumkan tahun 2014 dan baru dapat diproduksi tahun 2019.

Juni 2017 Samsung LG
Baterai solid sate akan mengantikan baterai lithium.  Kita mengenal baterai lithium di produk smartphone, notebook dan perangkat lain. Tapi di masa mendatang baterai Solid State lebih menjanjikan, karena pengisian baterai jauh lebih singkat.

Kapan baterai solid state hadir, setidaknya akan digunakan secara umum pada tahun 2020 nanti. Dari nara sumber menyebutkan Samsung SDI divisi perusahaan Samsung yang menangani baterai, akan memproduksi baterai solid state. Bisa saja antara tahun 2018 atau tahun 2019.

Tidak berhenti pada pemakaian perangkat mobile atau portabel, seperti smartphone dan notebook. Tapi kendaraan listrik dapat mengunakan baterai solid state di tahun 2025.

Teknologi baterai solid state diperkirakan sudah cukup siap dalam 1-2 tahun ke depan. Yang menentukan dari Samsung sendiri, apakah mereka mau mengunakan baterai solid state.
LG Chem dikabarkan sudah menyiapkan produk baterai solid state.

Kelebihan baterai solid state adalah dibuat dengan bahan padat dan bukan elektrolit cair sehingga resiko terjadi ledakan baterai jauh lebih rendah.

September 2015 Bosch
Perusahaan Bosch baru menampilkan teknologi baterai kendaraan dengan kerapatan tinggi. Mampu memberikan power 2x lebih besar, dan lebih murah. Baterai Lithium Ion nantinya akan dikembangkan denagn Solid State Drive. Bosch menampilkan teknologi baterai sel, diperkirakan siap dalam 5 tahun kedepan.

Energi lebih besar sampai 2x dari baterai lithium saat ini, dengan ukuran yang sama. Sebuah kendaraan yang mampu menempuh 100km dapat meningkat menjadi 200km perjam. Harga kendaraan tentu menjadi lebih murah dibanding dengan jarak jangkau kendaraan listrik saat ini.

Diperkirakan pada tahun 2025, kendaraan listrik dan hyrid akan mencapai 15% dari jumlah kendaraan yang ada.

Baterai Bosch Solid State baterai dengan 2x power lebih besar dan 
jarak kendaraan 2 kali lebih jauh

Artikel Lain

Xiaomi SU-7 mobil listrik dipasarkan Maret 2024. Bagaimana dengan pabrik mobil listrik, disebut mampu membuat 150 ribu kendaraan pertahun, setara 400 mobil listrik perhari. Kapan pabrik Xiaomi EV berdiri, tahun 2022, selesai 2024, citra satelit pabrik sudah memiliki mobil Xiaomi SU7 di lahan parkir

Baterai lithium mulai terbatas, terlebih pemakaian mobil listrik sangat membutuhkan bahan lithium. Pengembangan baterai untuk penyimpan energi terbarukan. Natron di California mengembangan baterai Sodium-ion. Pabrik lain juga mengembangkan baterai Na-ion, itu hanya berbeda nama.



Perusahaan Nybolt menyebut telah memecahkan masalah baterai kendaraan / EV. Baterai dapat di charge berulang sampai penuh, kurang dari 6 menit. Pengisian lebih cepat akan memungkinkan EV untuk menutup celah dengan mobil bensin dalam hal kenyamanan sehari-hari.

Kendaraan listrik, mobil listrik tidak memiliki persneling. Sistem yang sulit di tangani oleh pemadam biasa. Perlu alat khusus untuk memadamkan di bagian baterai. Kendala kedua tempat parkir, setelah runtuhnya tempat parkir di kota New York. Ada ke khawatiran kejadian dapat terulang dimana  saja, ketika struktur gedung tua tidak siap

Kalau smartphone lambat, bisa disebabkan perangkat yang aktif. Aplikasi Facebook masih bikin boros baterai smartphone. Ini masalahnya, kita tidak menyadari apa yang dilakukan aplikasi, khususnya kita menginstall terlalu banyak aplikasi. Tidak heran paket data, dan baterai smartphone terkuras.

Kendaraan mobil listrik kecil, 30km jarak tempuh, atau ditambah 4 baterai sampai 100km. Pengisian baterai dari panel surya, lebih mirip kendaraan mobil golf. Hemat lahan parkir, 3 kendaraan untuk 1 parkir mobil biasa. Di beberapa negara tidak memerlukan surat ijin mengemudi untuk mengendarai Squad

Setelah Rimac C2, model terbaru tampil Rimac Nevera. Tidak berbeda pada jarak tempuh sampai 450 km sebelum baterai di isi ulang. Tidak masalah untuk mengisi baterai cukup 19 menit dari 0 -80% kapasitas baterai.



Baterai Lithium generasi baru, aman dan tidak menimbulkan api. Mengunakan bahan graphene, dapat di isi ulang 3x lebih banyak. Menyimpan energi lebih cepat seperti supercapacitor. Pengembangan baterai dari Nanotech Energy yang lebih aman dari baterai lithium biasa.

Teknologi penyimpan energi listrik tampil dengan Flow Battery cair. Tidak berbentuk baterai dalam bentuk fisik, tapi baterai dengan cairan. Pertama di Jerman, tapi powerbank terbesar ini ada di China. Baru beroperasi September lalu memberikan power hitungan MegaWatt. Bahan Beta Cyclodextrin yang lebih murah untuk penganti Vanadium Flow Battery

Youtube Short atau video pendek untuk layanan Youtube ini hanya merekam video dengan smartphone. Youtube Short menjadi pesaing Tik Tok dengan durasi video 60 detik. 1 tahun dibuka untuk publik, malah sudah 5 triliun video tayang.



Youtube Obengplus

Trend