CAT S75 rugged telepon satelit Dimensity 930 seperti smartphone Android


   Smartphone | 25 February 2023

Produ

sen Cat memiliki kekhususan untuk outdoor, khususnya smartphone pekerja lapangan.

Smartphone Android dengan camera inframerah juga ditawarkan untuk teknisi.
Disain smartphone Cat umumnya juga tahan jatuh atau Rugged smartphone.

CAT S75 menjadi ponsel terbaru yang mampu mengirim pesan singkat langsung ke satelit.

Smartphone pertama yang menabahkan chip Mediatek NTN.
Smartphone dapat mengirim dan menerima SMS langsung di ponsel, ketika tidak mendapat jaringan.

CAT S75 rugged telepon satelit Dimensity 930

Layar 6,6 inci Full HD panel LCD 120Hz
Procesor Mediatek Dimensity 930
6GB RAM, dan 128GB storage UFS 2.2
Camera utama 50MP, 8 MP camera ultrawide, dan 2MP makro.
Camera depan 8MP.
Terinstall OS Android 12, serta 2 kali update versi Android.
Termasuk jaminan 5 tahun upate security.

Jaringan satelit: 23/255/256
Jaringan selular 5G SA/NSA, Dual 4G VoLTE, Wi-Fi 6 802.11 ac (2.4GHz + 5Ghz), Bluetooth 5.3,GPS/GLONASS, USB Type-C
Baterai 5000mAh (typical) , pengisian cepat 15W fast charging, dan Qi wireless charging

Daya tahan smartphone CAT S75 memiliki standar pengujian Mil-Spec 810H.
Smartphone tahan jatuh dari ketinggian 1,8 meter di permukaan besi. Termasuk daya tahan debu, pasir dan kotoran.
Juga tahan terhadap air bertekanan dengan standar IP68 dan IP69K.



Chip modem sistem satelit yang membedakan smartphone Android biasa.
Mengunakan modem chip khusus Mediatek MT6825 NTN dan pengiriman pesan dari layanan Bullitt Satellite messenger.
Penguna diberikan gratis untuk mencoba mengirim pesan singkat dengan SOS Assist, pesan akan diterima ke pusat FocusPoint International.
Bila kondisi tertentu, pusat pertolongan akan mengirim ke pihak berwenang untuk pencarian.

Harga CAT S75 setara ponsel high end Android.
Dijual $634, sudah dapat dipesan ke beberapa operator di jaringan EMEA.

Untuk pengujian lain, mendapat layanan gratis 3 bulan pengiriman pesan. Tapi dibatasi sampai 30 SMS perbulan.

Artikel Lain

Thuraya Skyphone berbasis Android, tampil dengan tambahan antena. Komunikasi di darat seperti smartphone biasa, berfungsi langung ke koneksi satelit. Tidak mengirim SMS saja, tapi panggilan telepon langsung atau komunikasi dua arah.

Smartphone tipe rugged ini memiliki kapasitas baterai super. Standby selama 75 hari, dilengkapi camera infrared, tahan air dan debu, sampai tambahan memory microSD 2TB. Camera utama 200MP, mendukung pengisian cepat 120W



Merek Lenovo terkenal dengan produsen PC, kali ini membuat computer berbasis Android. Model PC Lenovo Android Ready AIO disebutkan ada 3 model yang ditawarkan. Mengunakan OS Android Costum OS atau mungkin dapat di install dengan multi-boot.

Huawei Mate 60 Pro walau hanya mendukung 4G. Desain smartphone memiliki rancangan tersendiri. 3 camera depan, dimana 2 camera untuk 3D / pengenal wajah. Smarphone dapat terhubung ke sistem jaringan satelit. Bagaimana caranya Huawei membuat procesor 5G dan telepon satelit, penyelidikan produsen chip.

Setelah teknologi smartphone dapat terhubung untuk mengirim SMS mengunakan sinyal satelit. Satu lagi layanan SMS satelit dari Sateliot, tahap awal satelit akan lewat 1 kali sehari. Menyusul dalam 3 tahun akan ada 256 satelit.

Berapa jumlah satelit di ruang angkasa yang mengorbit Bumi. Sampai Maret sekitar 10 ribu lebih objek satelit di ruang angkasa. Penyumbang terbesar jumlah satelit akan naik 6x lipat. Terbesar dari layanan internet satelit seperti Starlink, OneWeb, China Sat, dan Project Kuiper Amazon.

Pesaing jaringan internet satelit Oneweb memilih layanan SpaceX dan ISRO untuk pengiriman satelit ke ruang angkasa. Tinggal menunggu beberapa puluh satelit lagi untuk lapisan pertama jaringan internet satelit. OneWeb sementara tidak mengirim satelit lewat badan antariksa Roscosmos Rusia.



Bila kita menyebut Amerika sebagai asal jaringan internet terbesar. Dan di sana koneksi internet lebih murah, tidak juga. Dahulu yah, sekarang tergantung dari infrastruktur dan layanan provider tersendiri. Paket internet bulan termurah ada di satu negara, dan internet paling mahal juga di benua yang sama.

Ulefone Armor 20WT satu perangkat dengan 2 fungsi.  Desain smartphone Rugged standar IP68, 69PK dan MIL-STD-810H. Membuat smartphone tahan air dan anti pecah. Antena dapat di lepas pasang.

Produsen Fossibot menawarkan smartphone anti jatuh, dengan baterai besar 10000mAh. Tahap stand-by selama 44 hari, ditambah speaker besar, tahan air, debu dan anti pecah. Procesor Helio A22 kelas pemula.

Samsung kembangkan komunikasi NTN. Dengan modem Exynos 5300, untuk komunikasi dua arah. Dapat mengirim pesan, video, foto langsung ke satelit langsung dari Smartphone Android. Satu langkah teknologi 5G menuju teknologi 6G.

Teknologi 6G tidak lagi membawa jaringan selular. Tapi konekvitas ke perangkat yang membutuhkan wireless. Dari sistem IoT, industri, jaringan data selular, sampai medis. Ada yang menganggu di teknologi 6G, karena mengunakan frekuensi Thz, bukan lagi Mhz.

Satelit Bluewalker 3 untuk jaringan 5G membentang panel surya penuh, ukuran 64 meter persegi. Nanti menjadi konstelasi Bluebird, dengan total 100 satelit. Astronom mengatakan itu akan menganggu peneriman sinyal teleskop radio. Masalahnya jaringan Bluebirds digunakan untuk komunikasi 5G.

Smartphone biasa dapat terhubung ke satelit. Setelah modem Qualcomm X65 dibuat untuk mengunakan frekuensi n53 di spektrum satelit. Sementara untuk mengirim pesan singkat, atau SOS. Jadwal berubah setelah Qualcomm tidak ingin sistem ekslusif dari Iridum, mungkin baru tampil tahun 2024



Satelit SJ-21 disebutkan mengambil satelit lain di ruang angkasa. Dan dilempar ke orbit tinggi mencapai 300km. Satelit SJ-21 milik China tersebut menangkap satelit Baidu yang tidak bekerja. Dan dipindahkan orbitnya ke tempat aman.

DSN 43 tangani misi Mars 2020 Perseverance Feb 2021. DSN 43 menjadi antena paling kuat dari 14 antena komunikasi pesawat ruang angkasa. Yang ini bukan antena komunikasi biasa seperti komunikasi satelit dan pesawat, tapi untuk komunikasi pesawat ruang angkasa. DSN atau Deep Space Network adalah sistem antena yang berada di 3 negara.



Youtube Obengplus

Trend