Technology | 24 February 2023

Samsung modem NTN kirim SMS foto video ke satelit standar ponsel baru



Samsung perkenalkan teknologi modem jaringan non-terestrial (NTN) 5G standar untuk komunikasi langsung antara smartphone dan satelit, terutama di daerah terpencil.

Samsung berencana untuk menyatukan teknologi ini ke dalam solusi di chip modem Exynos, mempercepat komersialisasi komunikasi satelit 5G dan membuka jalan bagi era Internet of Everything (IoE) di teknologi generasi terbaru 6G.

Tahun 2009, Samsung mengembangkan 4G LTE, disusul 2018 dengan modem 5G.
Nantinya sistem satelit global akan mendukung NTN dari generasi yang ada 5G dan 6G.


NTN adalah teknologi komunikasi menggunakan satelit atau kendaraan non-terestrial lainnya untuk konektivitas ke daerah-daerah yang sebelumnya tidak dapat dijangkau jaringan terestrial (stasiun BTS biasa).
Baik di atas, gurun, atau di tengah lautan dimana sinyal ponsel tidak ada.

Teknologi pesan singkat menjadi penting, seperti di daerah bencana sampai sistem pesawat tanpa awak dan bidang lain.

Samsung modem NTN Exynos 5300

Pengembangan teknologi NTN di dukung dengan satelit orbit rendah / LEO.
Samsung telah mengembangkan sebuah chip sebagai produk referensi di Exynos Modem 5300.
Chip dapat memprediksi lokasi satelit secara akurat, dan meminimalkan offset frekuensi dari sinyal Doppler (sinyal palsu).
Membuat chip mampu mengirim dan menerima pesan SMS dua arah, dan tidak itu saja, juga dapat mengirim gambar dan video HD.



Mediatek telah mengumumkan uji coba mobile NTN dengan Mediatek untuk produsen smartphone Buillitt. Cukup 10 detik dalam percobaan untuk SMS.
Sementara satelit yang bergerak diatas dengan kecepatan 27 ribu km perjam.

Biaya koneksi ke satelit masih belum final.
Apple dengan iPhone memberi layanan gratis 2 tahun, sebelum user membayar mengirim SMS satelit satu arah.
Qualcomm telah memperkenalkan Snapadragon Satellite di CES Jan 23 lalu. Mengunakan jaringan satelit Iridium untuk komunikasi darurat bahkan dapat mengirim pesan 2 arah.
Samsung masih menyatakan, layanan dari opsi satelit masih terbatas. Menunggu waktu dan teknologi telah siap, Samsung akan mengadopsi teknologi pengiriman sinyal ke satelit.

Artikel Lain

Starlink telah membuka jaringan koneksi internet untuk kendaraan bergerak. Dari kendaran seperti mobil, kapal laut dan layanan di pesawat komersil. Walau biayanya tidak murah dibanding layanan internet stasioner. Uji coba kirim SMS dan telepon langsung ke satelit dengan ponsel biasa, satelit diturunkan lagi sampai 360km.

Layanan pesan singkat dari ponsel Android standar ke satelit telah tersedia. Indonesia masuk area telepon satelit tahun 2024. Biaya pengiriman SMS tergantung di area penguna mendaftar. Kirim SMS dimana saja walau tidak ada sinyal.



Huawei Mate 60 Pro walau hanya mendukung 4G. Desain smartphone memiliki rancangan tersendiri. 3 camera depan, dimana 2 camera untuk 3D / pengenal wajah. Smarphone dapat terhubung ke sistem jaringan satelit. Bagaimana caranya Huawei membuat procesor 5G dan telepon satelit, penyelidikan produsen chip.

Setelah teknologi smartphone dapat terhubung untuk mengirim SMS mengunakan sinyal satelit. Satu lagi layanan SMS satelit dari Sateliot, tahap awal satelit akan lewat 1 kali sehari. Menyusul dalam 3 tahun akan ada 256 satelit.

Berapa jumlah satelit di ruang angkasa yang mengorbit Bumi. Sampai Maret sekitar 10 ribu lebih objek satelit di ruang angkasa. Penyumbang terbesar jumlah satelit akan naik 6x lipat. Terbesar dari layanan internet satelit seperti Starlink, OneWeb, China Sat, dan Project Kuiper Amazon.

Pesaing jaringan internet satelit Oneweb memilih layanan SpaceX dan ISRO untuk pengiriman satelit ke ruang angkasa. Tinggal menunggu beberapa puluh satelit lagi untuk lapisan pertama jaringan internet satelit. OneWeb sementara tidak mengirim satelit lewat badan antariksa Roscosmos Rusia.

Amazon mendapat ijin satelit internet broadband. Peluncuran jaringan satelit Kuiper dalam 5 tahun, mengkontrak 3 perusahaan roket dari ESA, US dan Amazon sendiri. 3000 satelit. Menawarkan 3 ukuran antena kecepatan 100Mbps sampai 1Gbps



Bila tidak ada jaringan tersedia, smartphone dapat mengirim langsung pesan SOS, atau paket SMS melalui satelit. Mengunakan chip Mediatek MT6825 NTN untuk modem tambahan, tidak memerlukan antena khusus. Smartphone dirancang standar anti pecah.

Xiomi sukses memasarkan smartphone, tapi beberapa model terlalu cepat dirilis dan komponen yang murah. Dari masalah LCD IPS yang menganggu, sensor sidik jari, sistem power management yang menguras baterai, dan masalah WIFI. Xiaomi telah memperbaiki disain smartphone di model terbaru, semoga tidak terjadi seperti model lama.

Teknologi 6G tidak lagi membawa jaringan selular. Tapi konekvitas ke perangkat yang membutuhkan wireless. Dari sistem IoT, industri, jaringan data selular, sampai medis. Ada yang menganggu di teknologi 6G, karena mengunakan frekuensi Thz, bukan lagi Mhz.

Smartphone biasa dapat terhubung ke satelit. Setelah modem Qualcomm X65 dibuat untuk mengunakan frekuensi n53 di spektrum satelit. Sementara untuk mengirim pesan singkat, atau SOS. Jadwal berubah setelah Qualcomm tidak ingin sistem ekslusif dari Iridum, mungkin baru tampil tahun 2024

Thuraya X5-Touch telepon satelit dan GSM LTE pertama berbasis Android. Memiliki dukungan sistem satelit komunikasi, dan berpindah ke GSM bila tersedia jaringan.Disain seperti telepon Android, hanya satu antena dapat ditarik dan lebih menonjol. Asia masuk wilayah satelit Thruraya, update harga smartphone

Telepon satelit memiliki jangkauan yang tidak bisa dipenuhi oleh telepon biasa. Setidaknya ada 2 tipe jaringan telepon satelit. Dari sistem satelit orbit rendah, dan sistem GeoSnyc posisi satelit. Bentuk telepon satelit saat sudah diperkecil, yang mahal untuk koneksi internet atau menghubungkan ke opeator lain.



Youtube Obengplus

Trend