Ponsel lama dan Camera pocket tren baru karena smartphone terlalu mudah kata Gen Z


   Digital | 27 January 2023


Camera digital itu repot, ukurannya tidak praktis. Boleh dibilang camera digital sudah punah.
Hanya kalangan fotografer profesional atau pencinta foto membawa camera digital, itupun tipe camera DSLR yang ukuran besar.
Penjualan camera point of shoot surut setelah teknologi camera smartphone semakin baik.



Smartphone sudah menghilangkan kebutuhan camera pocket. Tunggu dulu, camera pocket apakah seluruhnya punah.

Meskipun camera smartphone unggul dalam volume, camera digital kembali mengalami peningkatan popularitas.

Baru baru ini camera pocket kembali populer. Para ahli mengatakan camera digital kembali digunakan untuk nostalgia.

Smartphone, kita mengambil gambar dengan satu sentuhan di layar, atau menekan tombol di sisi bodi dan jadi.
Fotografer profesional Mark Condon, CEO web foto Shotkit, mengatakan teknik seperti itu kurang tantangan.

Camera digital memiliki teknik tersendiri, dan hasil fotonya lebih "bagus", dan proses pengambilan gambar juga menarik serta menyenangkan.
Camera digital dirancang dengan kemudahan mengenggam, sedangkan ponsel tidak.

Tren lain ponsel jadul atau bukan model smartphone kembali Mei 2023
Beberapa kalangan remaja kembali ke era ponsel dan tidak tertarik dengan smarpthone.

Kalangan Gen Z mencari ponsel flip atau ponsel lipat yang sederhana. Nokia, Samsung dan Motorola sebagai contoh kembali merilis ponsel yang hanya memiliki kemampuan terbatas, walau mengunakan teknologi jauh lebih baru sebelum era ponsel tapi dilengkapi dengan internal camera lebih sederhana.
Mengambil pasar baru yang tren untuk mendapatkan produk untuk nostaliga.

Nokia 2720 V Flip model paling cocok, dengan teknologi 4G, dan aplikasi dasar Whatapp dan Facebook.
Memberi keseimbangan antara kebutuhan komunikasi minimal dan teknologi modern.

Moto Razr tampil kembali dengan Tundra VA76r. Daya tahan yang dicari, untuk telepon dan SMS.

Teknologi memudahkan ternyata membuat rumit bagi kalangan remaja. Mereka mencari sesuai yang sederhana, perangkat ponsel hanya untuk komunikasi.

Mengapa ponsel belum menandingi camera digital.
Ada kekurangan, sebenarnya berhubungan dengan  teknologi internet aka Media Sosial.



Gambar menjadi penghuni di internet. Dari sudut praktis, camera memiliki sensor dan lensa berkualitas dibanding camera ponsel.
Fungsi utama untuk membuat foto, itulah yang dikatakan minimalis.

Dafni, CEO perusahaan  Peech, mengatakan banyak orang mencari camera khusus untuk mengambil foto dan video berkualitas tinggi disisi camera smartphone telah meningkat.
Dia mencatat banyak camera digital menawarkan fitur-fitur canggih seperti kontrol manual, kinerja cahaya redup yang lebih baik, dan kemampuan zoom yang lebih besar, kadang tidak selalu tersedia di smartphone.

Maraknya media sosial dan berbagi foto secara online membuat banyak orang ingin mengambil gambar berkualitas tinggi untuk dibagikan kepada orang lain, tambah Dafni.

Dafni menambahkan, camera digital terbaik untuk penggunaan sehari-hari bervariasi tergantung kebutuhan dan anggaran pengguna.



Dia melihat camera pocket yang tersedia saat ini seperti Canon PowerShot SX620 HS, dengan sensor camera 20,2 MP tapi memiliki  zoom optik 25x dan dilengkapi WiFi dan NFC internal
Selain itu, LCD 3 inci yang besar dan ringan serta mudah digunakan,” kata Dafni.

Fujifilm X-T200 yang memiliki sensor camera 24,2 MP dengan layar sentuh 3 inci dan kemampuan video 4K.
Desain retro dan berbagai mode simulasi film,

Sony Cyber-shot DSC-H300, sensor camera 20,1 MP dengan zoom optik 35x dan layar LCD 3 inci.
Mode pemotretannya juga beragam dan ringan.
Daftar diatas adalah model camera pocket tapi harganya tidak murah.

Menggunakan camera digital tidak semudah menggunakan kamera smartphone yang tinggal tekan dan smartphone yang mengatur semuanya.
Fotografer profesional Jesse Madison mengatakan hal terpenting di camera digital adalah pencahayaan yang baik.

Buat foto di siang hari untuk menghindari masalah, atau beli flash eksternal untuk kamera anda," tambah Madison.
Hasil foto akan lebih baik, tanpa perlu memberi camera digital yang mahal.
Ini pertanyaan, apakah benar camera digital masih ada yang murah ?

Kecuali anda ingin memotret dalam kondisi cahaya redup, membeli kamera full-frame kelas profesional lebih masuk akal.
Tapi kebanyakan orang, kamera crop sensor APS sudah cukup dipenuhi oleh camera prosumer.

Bereksperimenlah dengan berbagai sudut dengan kamera anda, kata Dafni. "Mengubah sudut pengambilan foto dapat membantu membuatnya lebih menarik dan dinamis," katanya.

Scoot, "Saya merasa cukup mengembalikan sesuatu yang sangat sederhana. Dengan kamera yang lebih tua kita harus berusaha dengan mereka lebih banyak, untuk mendapatkan foto yang bagus atau untuk mendapatkan hasil maksimal dari mereka.  Smartphone hampir tidak bisa mengambil gambar yang buruk."

Scott mulai dengan menggali kamera tua milik orang tuanya, tetapi dengan cepat dia malah menambah koleksi menjadi lebih dari 30 camera digital kit.

Rentang Oktober - Desember 2022, di eBay terjadi peningkatan pembeli camera digital model lama.
Apa yang dicari adalah Camera Digital Vintage, naik 52%, sebagian juga mencari Camera Refurbished atau camera lama yang diperbaiki dan kembali dapat bekerja.

Jangan lupakan kontrol manual kamera. “Banyak kamera murah yang memiliki kontrol manual seperti ISO, shutter speed, dan aperture,” kata Dafni. "Kontrol ini dapat membantu kita membuat foto yang tampak lebih baik dengan menyesuaikan pencahayaan dan bidang gambar.



Mengapa camera pocket kembali marak.

Coba lihat di media sosial, perhatikan baik baik beberapa foto kalangan muda ada disana.
Mungkin anda melihat sesuatu yang aneh. Beberapa foto di kalangan muda terlihat vintage.
Walau tidak tahu sampak kapan mereka memposting foto dengan camera pocket, karena ini sebuah tren.

Tren baru camera digital kembali ramai

Generasi Gen Z atau kalangan muda saat ini mulai mengambil camera pocket untuk membuat foto mereka. Dibanding mengabadikan dengan camera smartphone.
Tren di kalangan Gen Z malah mencari camera di era 2000an, yang kata orang generasi camera jelek.
Bila getar buram, salah setting gambar putih dan sebaliknya bisa gelap.

Tentu tren ini bukan hal baru. Karena di setiap generasi memiliki gaya dan zaman teknologi berbeda.
Yang dicari malah camera bekas yang harganya murah

Sayangnya tren tersebut tidak di dorong oleh produsen camera
Harga camera pocket model terbaru tidak lagi murah seperti dulu. Camera yang ditawarkan tahun 2021 sekarang masih bertahan $500 atau lebih.
Tapi generasi Gen Z tidak mencari camera epik tersebut, melainkan camera model lama yang disebut camera jelek.

Camera digital jadul Cybershot DSC-W220 harga mulai dari $30 hingga $50. Tapi anda harus tahu, ketika membeli harga murah, harus memastikan camera tersebut masih berfungsi. Karena beberapa model camera lawas, memiliki kendala dengan komponen. Dari layar LCD, kondisi baterai, bahkan tersedianya komponen serta faktor lainnya.

Bagi sebagian orang ada yang menyimpan camera di lemari sampai tidak diketahui keberadaannya.
Siapa tahu masih utuh, boleh di ingat ingat dimana disimpan. Siapa tahu masih bekerja dan bisa di posting ke media sosial.

Satu lagi camera ponsel yang cukup favorit untuk model iPhone 3GS. Serta ponsel iPhone 5 dan Galaxy S5 juga masih menarik digunakan.

Artikel Lain

Pilih GoPro atau camera Canon EOS R100. Camera dengan teknologi Mirrorless, mengikuti generasi DSLR terbaru. Dibuat lebih ringan dengan ukuran lebih kecil. Ditujukan untuk camera dSLR tipe dasar. Keunggulan pada smart autofocus, kecil tapi mampu merekam video 4K

Pentax K-3 III Monochrome untuk foto hitam putih malah sudah di pesan 2x lipat dari persediaan. Agak aneh, sementara camera smartphone lebih banyak tampil dengan warna warni dan bokeh. DSLR terbaru malah populer dengan warna B/W. Tapi itu keunikan di dunia fotografi, salah satu keunggulan warna sederhana hitam putih



Kembali tren camera digital. Merek lensa ketiga umumnya dari pabrik Jepang dan China. Tapi lensa China memiliki keunikan tersendiri. Umumnya lensa manual, harga lensa yang murah, beberapa model dibuat sangat baik. Dan yang unik untuk pasar tertentu, dari lensa landscape, portrait atau astronomi

Masih menyimpan barang jadul, dan hobi fotografi. Tantangan memperbaiki lampu flash analog model jaman dulu. Bahkan kita dapat menganti disain baterai AA ke baterai lihium. Bila lampu flash analog lama masih bekerja, cukup di periksa beberapa komponen penting. Sparepart lampu flash analog relatif lebih murah.

Pentax rencana membuat film analog untuk camera lama. Dari survei Ricoh induk perusahaan Pentax, 3000 penguna camera di Jepang, 20% masih memiliki camera analog. Dan sebagian antusias tersebut kesulitan mendapatkan suku cadang. Teorinya benar, mencetak film negatif lebih mudah.

Heape dari Qualcomm berpendapat procesor Snapdragon Qualcomm di smartphone membuat teknologi kamera sangat mumpuni, meskipun perangkat memiliki sensor yang lebih kecil akan memainkan peran besar untuk smartphone yang menyalip teknologi DSLR. Inovasi camera tercepat ada di smartphone.

Sensor CMOS Sony IMX670 memiliki fitur baru sebagai sensor Starvis 2. Dengan dual speed streaming, atau sensor mengirim 2x frame rate dari standar CMOS camera keamanan. Mencapai 40 frame perdetik untuk rekaman area yang perlu diamati.



Perdebatan camera DSLR dan DSLM atau Mirrorless sepertinya berakhir. Nikon dan Canon sebagai produsen camera digital terbesar akan memindahkan teknologi seluruhnya ke Mirrorless. Setelah Nikon tidak mengeluarkan camera DSLR selama 2 tahun

Hasil foto di protes klien, katanya hasil foto ada distorsi. Maksudnya belakang mengapa kabur, bahkan di posting ke Facebook. Kekesalan pelanggan berbalik, komunitas fotografer mengatakan fotonya bagus sekali, bahkan semua orang ingin seperti itu. Hasilnya malah layanan fotografer menjadi terkenal

Camera Fuji X-H2S kemampuan tinggi untuk fokus dan video. Merekam sampai 6.2K, video FHD 240 fps, sistem auto-focus lebih baik dari camera lain. Mengandalkan sensor X-Trans. Mengambil foto Continues sampai 40 foto perdetik

Lomography DigitalLIZA+ dan DigitalLIZA Max, perangkat membantu memindahkan film negatif positif menjadi foto digital. Alat sederhana ini memudahkan untuk pengambilan gambar. Camera smartphone dapat dinaik turunkan untuk mengambil fokus foto.

Layaknya kalangan Jetset pergi ke Bali. Di hotel, membawa minuman mahal, video, semua di posting di Instagram. Berpakaian bling bling layaknya selebritis. Tetapi apa benar si Natalia pergi ke Bali. Bagaimana Follower tidak melihat jejak yang sengaja ia tinggalkan dan percaya foto yang dibuat begitu menyakinkan..

Animate your family photos dari Myheritage Maret 2021. Bagaimana merubah foto lama klise film negatif menjadi file foto digital. Mungkin ada yang tertarik menyimpan foto lama dari film negatif. Dengan mudah dapat dirubah menjadi foto positif mengunakan software. Bagaimana mewarnai foto hitam putih menjadi berwarna.

Belajar foto Light Painting membuat efek foto cahaya atau latar belakang cahaya. Caranya mengabungkan 2 foto (bila diperlukan), lampu sebagai efek cahaya latar belakang sebuah foto. Kedua foto digabung dengan Photoshop, dan hasilnya mungkin menarik.



Youtube Obengplus

Trend