Bintang LP 413-53AB dikira 1 tapi biner mengapa terungkap ada 2 karena sangat redup


   Science | 16 January 2023

Astronom menemukan 2 bintang yang nyaris tidak terlihat dan saling berputar dengan kecepatan sangat tinggi.

Bintang biner tersebut bukan kelas bintang besar yang memancarkan cahaya.
Tapi bintang kerdil berwarna merah, dan sangat dingin.

Bagi peneliti awalnya melihat data bintang LP 413-53AB sebagai 1 bintang.
Tidak memancarkan cahaya yang cukup, karena keduanya begitu dekat.
Satu kali orbit saja kurang dari 24 jam waktu Bumi.

Tata surya LP 413-53AB atau letak kedua bintang berhasil di identifikasi tim astronomi  Northwestern University dan University of California San Diego.

Suhu yang sangat rendah, sebagian hanya memancarkan gelombang inframerah.
Membuat kita tidak dapat melihat, tapi data dari teleskop ternyata bisa menemukan.

Hsu, seorang ahli astrofisika di Universitas Northwestern, memimpin penelitian dan mempresentasikan temuan tersebut dalam seminar American Astronomical Society di Seattle bulan Januari 2023.


P 413-53AB

Katanya, sangat menyenangkan menemukan sistem ekstrem seperti itu,
Pada prinsipnya, kita sudah tahu sistem bintang kerdil biner seharusnya ada, tetapi belum ada sistem yang teridentifikasi.

Hsu dan rekan-rekannya menemukan LP 413-53AB ketika menyisir data arsip.
Karena bintang-bintang terkunci dengan gravitasi satu sama lain dengan sangat erat, cahaya yang dipancarkan dari bintang biner tampak sebagai satu bintang.
Hingga penelitian lebih lanjut mengungkap disana bukan satu, tapi dua benda bintang yang terpisah.
Bintang kerdil bermassa rendah dan mengorbit satu sama lain hanya dalam waktu 20,5 jam.

Bagaimana tim astronom menemukan bintang tersebut sebagai bintang biner.
Hsu dan rekannya mengunakan teleskop observatorium Keck di Hawaii.

Pengamatan pertama berlangsung selama dua jam pada Maret 2022, sebelum mereka melakukan pengamatan lanjutan di bulan Juli, Oktober, dan Desember 2022.

Saat kami melakukan pengukuran ini, kami dapat melihat banyak hal berubah dalam beberapa menit pengamatan,” kata Adam Burgasser, profesor astrofisika di UC San Diego dan kolaborator dalam penelitian ini,

Kebanyakan bintang binar yang kami lihat, memiliki periode orbit bertahun-tahun.
Jadi pengukuran perlu dilakukan setiap beberapa bulan.

Dan pertanyaan akhirnya terjawab. Ada gerakan garis Spektral secara realtime.



LP 413-53AB

Hsu, Burgasser, dan rekan juga menemukan bahwa jarak antara kedua bintang tersebut sekitar 1% dari jarak antara Bumi dan Matahari.
Tim ilmuwan sampai berspekulasi, bintang tersebut bisa saja pernah bermigrasi selama rentang hidupnya.
Sekaligus usia bintang masih terus bergandengan sekitar 1 juta tahun lalu, dan menjadi salah satu bintang biner dengan orbit terpendek yang pernah tercatat.

Bintang LP 413-53AB menjadi contoh persahabatan yang semakin dekat seiring bertambahnya usia.

Artikel Lain

Astronom menemukan bukti pertama, ada 2 calon planet berbagi orbit yang sama. Planet PDS 70b adalah planet raksasa seukuran Jupiter, tapi disekitar lintasan orbit yang sama memungkinkan planet lain terbentuk. Seakan 2 dunia yang berbagi lintasan yang sama.

Tata surya kita sangat stabil, juga isi galaksi kita. Seluruh benda mengorbit ke tengah galaksi. Apakah semuanya memang seperti perkiraan kita. Peneliti mengatakan bintang Velocity bukan dari galaksi Bima Sakti. 2023 dua bintang J0927 dan J1235 pecahkan rekor, bergeser 2200km perdetik.

Bintang YSO 244-440 adalah objek muda yang diamati tim ESO. Ada yang aneh ketika sebuah tata surya memunculkan warna magenta. Tapi bentuknya melikuk seperti huruf S. Tim astronom menjawab mengapa aliran jet tersebut dapat muncul dari bintang baru lahir.

Planet Bumi punya 2 bulan pertama diberi nama 2006 RH120. Setelah di teliti satu benda berputar mengitari Bumi tapi lepas setelah 11 bulan mengorbit. 2020 CD3 ditemukan Februari tapi akan lepas bulan April 2020. Yang tetap FW13 dan H03 akan disana selama beberapa ribu tahun lagi

Tim astronom telah menemukan planet baru TOI 1452b, tapi kaya dengan air. Diperkirakan massa planet mencapai 30%, dibanding Bumi hanya 1% berisi air. Perlu bukti dunia air memang ada, menunggu observasi dari teleskop James Webb.

Tim astronom menemukan 3 bintang biner, dimana 2 bintang berada di bagian dalam. Tata surya TIC 470710327 orbit kompak dan terkunci. Massa satu bintang mencapai 16x massa matahari. Umum sebuah tata surya memiliki 3 bintang.

Seperti sensus bintang, teleskop Gaia mencatat 1,8 miliar bintang di galaksi kita telah dipetakan. Ternyata bintang biner di galaksi Bima Sakti sangat banyak, mencapai 800 ribu bintang biner telah ditemukan. Arah gerakan bintang juga dapat diketahui arahnya.

Di area nebula NGC1333 adalah kumpulan gas yang sangat besar, dan sudah terlihat lahir lusian bintang baru. Yang menarik peneliti bintang yang diberi nama SVS 13. Disana tidak 1 tapi 2 bintang biner. Bahkan proto bintang tersebut memungkinkan membentuk banyak planet berbatu seperti Bumi.

Planet TIC 172900988b ditemukan 2021, ternyata mengorbit ke bintang biner yang ukurannya hampir sama seperti matahari. Tinggal disana akan melihat 2 cahaya matahari. Diawali pagi akan muncul satu bintang, dan selanjutnya muncul cahaya bintang kedua.

Bintang V Sagittae berada 1.100 tahun cahaya dari Bumi. Bintang tersebut sebenarnya biner atau ada 2 bintang. Peneliti mengatakan ada 2 bintang biner disana, satu bintang aktif tapi yang satu adalah bintang kerdil yang menganggu bintang lebih besar. Dalam pengamatan sekarang dari Bumi, keduanya memasuki masa kritis. Dan akan bertabrakan membuat cahaya terang di langit.

Sebuah tata surya dinamai HD 98800, disana sedang terbentuk planet atau protoplanet. Keunikan di tata surya ini memiliki bintang biner, dimana piring pembentuk planet nantinya terlihat miring. Hal ini hanya sebatas teori, tapi peneliti menemukan adanya. Bila planet sudah terbentuk, matahari mungkin terlihat dari utara ke selatan, dan bukan ke barat dan timur seperti di Bumi

Sebuah bintang dan tata surya terbentuk dari kumpulan debu dan gas. Cakram akan membentuk planet dan mengelilingi sebuah bintang yang telah lahir. Tapi di bintang MM ada 2 bintang, satu bintang MM 1a menjadi pusat, sedangkan MM 1b menjadi bintang biner kedua dengan ukuran lebih kecil. Peneliti mengatakan bintang MM 1b lahir di tempat yang seharusnya terbentuk planet.

Dua bintang biner Bintang R Aquarii sedang bertarung. Satu bintang katai putih adalah bintang mati, dan bintang kedua adalah bintang lebih besar ukurannya terus diganggu. Bahkan materi bintang raksasa merah tertarik oleh gravitasi bintang yang lebih kecil. Suatu hari nanti bintang raksasa merah akan habis dan tersisa si bintang lebih kecil.

Westerlund 2 adalah kelompok bintang yang kompak, saling berdekatan dan jumlahnya mencapai 3000 bintang. Rata rata bintang disana memiliki usia sangat muda, antara 1-2 juta tahun. Sebagian besar adalah bintang dengan cahaya sangat panas, paling terang. sampai paling ukurannya paling masif. WR20a menjadi bintang biner terbesar yang diketahui sampai 2007.



Youtube Obengplus


Trend