Teknologi 6G mengabungkan komunikasi berbagai perangkat sampai ke satelit


Technology | 13 January 2023


Teknologi 6G adalah jaringan selular generasi ke 6.
Dapat mengurangi kelambatan /  latensi dan pemakaian energi lebih rendah selama tranmisi data, sekaligus meningkatkan keandalan komunikasi, keamanan dan kinerja perangkat.

Tahun 2023 jaringan 5G diluncurkan dengan cepat ke seluruh dunia. Kini beroperasi dengan standar OpenRAN.
5G sebenarnya sudah ketinggalan jaman, karena dunia digital dan fisik mulai menyaut seperti teknologi virtual.

Di sisi lain kebutuhan perangkat IoT termasuk kelas industri masuk ke generasi ke 4.

6G nantinya hadir, untuk kecepatan yang lebih cepat.
Walau 6G masih tahap pengembangan, diharapkan tidak hanya wilayah perkotaan mendapat 6G. Tapi masuk ke wilayah pinggiran sampai pedesaan.
Teorinya, 6G dapat menghubungkan sampai ke jaringan satelit berkat kapasitas yang besar dan biaya murah.

China telah melakukan uji coba satelit 6G ke orbit tahun 2020
Untuk melakukan verifikasi teknologi THz di luar angkasa.

Teknologi 6G

Ada perbedaan frekuensi yang digunakan antara 5G dan 6G.
6G memerlukan frekuensi tinggi sampai Sub-terahertz atau diatas 100Ghz.
Frekuensi tersebut rentan terhadap hambatan, disini  masalah yang masih perlu dipecahkan.


Untuk mengatasi, kalangan industri berencana membuat lingkungan dengan multi-path atau beberapa jalur gelombang frekuensi tinggi yang masuk akal dan tidak menghilangkan kekuatan sinyal.

Seperti table dibawah ini, kecepatan 6G melompat dari 10Gbps ke 1Tbps.
Dengan kelambatan sampai 1mz, dan komunikasi dapat bekerja dengan gerakan perangkat mencapai 1000km perjam.

Perbandingan 6G 5G 4G

Kebutuhan pada perangkat menjadi luas
Konektivitas dengan 6G menjadi sangat luas untuk berbagai perangkat.
Dari perawatan kesehatan, operasi jarak jauh, robotik dapat berevolusi ke 6G.


Sektor lain dengan digitalisasi, modernisasi di beberapa bidang, misal keuangan, retail dan manufaktur dapat memanfaatkan 6G.
Di bidang lain untuk teknologi supercomputer, quantum computed, machine learning, AI atau data cloud juga ada disana.

Pemakaian energi
Karena ini teknologi lebih baru dan perbaikan dari generasi sebelumnya.
Salah satu bagian penting dengan pemakaian power lebih rendah dan efisien.
Beberapa badan usaha berusaha menurunkan jejak karbon dalam usaha mereka, untuk memperbaiki masalah lingkungan.
Tentu bidang tersebut tertarik mengunakan teknologi 6G yang lebih hemat power.
Dari perangkat IoT sampai perangkat smartphone.

Latensi
Disebut kecepatan, kadang jaringan yang lambat, komunikasi yang sering delai.
Kelambatan membuat penundaan dari sistem digital untuk transfer data.
Semakin banyak data, semakin besar kebutuhan jaringan.
Latensi menjadi penting, diharapkan teknologi 6G dapat membawa ke sistem instan lebih cepat.

Pengembangan 6G masih lama
Masih berada di laboratorium, seperti Nokia, NTT yang menguji sistem jaringan kecil.

Tahun 2020, universitas Nanyang Singapura dan Osaka disebut telah menciptakan chip frekuensi Terahertz
Januari 2022, Purple Mountain Laboratories of China mengklaim tim penelitinya telah mencapai rekor dunia kecepatan data 206,25 gigabit per detik (Gbit/s) pertama kalinya di lingkungan lab. Mengunakan pita frekuensi terahertz yang dapat menjadi basis teknologi seluler 6G

Membayangkan hadirnya 6G tidak lagi menjadi komunikasi data di smartphone, atau jaringan internet wireless.
Begitu besar kapasitas data pada jaringan, dapat melibatkan di semua bintang untuk komunikasi.
Kapan 6G hadir, saat ini teknologi 6G masih wacana.
Masih ada banyak kendala dari rancangan 6G ke depan. Itupun bila tidak ada perubahan atau inovasi baru sebagai tandingan 6G.
Peluncuran global diharapkan sudah tercapai pada tahun 2030.

Artikel Lain

Tahun 2020 sistem satelit navigasi Beidu telah lengkap. Tahun 2022 untuk standar penerbangan. Menjadi opsi sistem cadangan bila terjadi gangguan sinyal satelit navigasi. keunggulan ada di sinyal satelit dan posisi beberapa satelit geostasioner di satu wilayah.

Seperti apa teknologi procesor notebook Meteor Lake dengan Core Ultra. Tidak 2 cluster seperti smartphone, tapi 3 cluster untuk procesor mobile notebook. Kinerja core terpisah berdasarkan fungsi. GPU tidak lagi untuk display, Intel memasukan iGPU Arc setingkat desktop.



Google Home Google Asssitant aplikasi  smartphone Android, saling seperti perintah suara. Perangkat Google Nest Speaker lebih lengkap. Sekarang mendukung ribuan perangkat. Cukup membuat perintah matikan lampu, atau Turn off the light ke perangkat pintar, di smartphone kita atau mematikan Android TV dengan suara.

Huawei Mate 60 Pro walau hanya mendukung 4G. Desain smartphone memiliki rancangan tersendiri. 3 camera depan, dimana 2 camera untuk 3D / pengenal wajah. Smarphone dapat terhubung ke sistem jaringan satelit. Bagaimana caranya Huawei membuat procesor 5G dan telepon satelit, penyelidikan produsen chip.

LiFi menjadi standar IEEE 802.11bb pertama. Dapat melengkapi pengiriman data seperti WIFI tapi lebih aman. Transmisi hanya berada pada jarak ruang dan tidak akan menembus keluar dibanding sinyal WIFI. Desain dapat melengkapi WIFI dan berada di dalam sebuah chip.

Setelah teknologi smartphone dapat terhubung untuk mengirim SMS mengunakan sinyal satelit. Satu lagi layanan SMS satelit dari Sateliot, tahap awal satelit akan lewat 1 kali sehari. Menyusul dalam 3 tahun akan ada 256 satelit.

Berapa jumlah satelit di ruang angkasa yang mengorbit Bumi. Sampai Maret sekitar 10 ribu lebih objek satelit di ruang angkasa. Penyumbang terbesar jumlah satelit akan naik 6x lipat. Terbesar dari layanan internet satelit seperti Starlink, OneWeb, China Sat, dan Project Kuiper Amazon.



Pesaing jaringan internet satelit Oneweb memilih layanan SpaceX dan ISRO untuk pengiriman satelit ke ruang angkasa. Tinggal menunggu beberapa puluh satelit lagi untuk lapisan pertama jaringan internet satelit. OneWeb sementara tidak mengirim satelit lewat badan antariksa Roscosmos Rusia.

Amazon mendapat ijin satelit internet broadband. Peluncuran jaringan satelit Kuiper dalam 5 tahun, mengkontrak 3 perusahaan roket dari ESA, US dan Amazon sendiri. 3000 satelit. Menawarkan 3 ukuran antena kecepatan 100Mbps sampai 1Gbps

Bila tidak ada jaringan tersedia, smartphone dapat mengirim langsung pesan SOS, atau paket SMS melalui satelit. Mengunakan chip Mediatek MT6825 NTN untuk modem tambahan, tidak memerlukan antena khusus. Smartphone dirancang standar anti pecah.

Samsung kembangkan komunikasi NTN. Dengan modem Exynos 5300, untuk komunikasi dua arah. Dapat mengirim pesan, video, foto langsung ke satelit langsung dari Smartphone Android. Satu langkah teknologi 5G menuju teknologi 6G.

Exynos 2200 GPU AMD, tidak eksklusif untuk Samsung. Exynos 2400 terakhir mitra dengan AMD memiliki 10 core. Samsung Exynos 2100 terlihat lebih cepat dengan Multi Core. 2 procesor high end akan bersaing tahun 2022.

Satelit Bluewalker 3 untuk jaringan 5G membentang panel surya penuh, ukuran 64 meter persegi. Nanti menjadi konstelasi Bluebird, dengan total 100 satelit. Astronom mengatakan itu akan menganggu peneriman sinyal teleskop radio. Masalahnya jaringan Bluebirds digunakan untuk komunikasi 5G.

Huawei dan Apple telah menawarkan perangkat smartphone fitur telepon satelit. Walau komunikasi satelit di iPhone 14 terbatas di US dan Kanada, iPhone 14 dapat mengirim pesan darurat. Samsung melakukan riset sejak 2 tahun lalu. Kabarnya tinggal menunggu final, dan digunakan untuk ponsel 2023



Jaringan internet 5G mulai di gelar oleh operator Verizon, dengan kecepatan 1Gbps, setidaknya 300Mbps. T-Mobile internet rata rata sampai 50Mbps. Jaringan 5G terbagi menjadi Sub-6Ghz dan mmWave. Qualcomm Snapdragon X65 menjadi chip Modem 5G yang mendukung 10Gbps untuk download. Mampu menandingi kecepatan kabel Ethernet untuk data internet.



Youtube Obengplus

Trend