Panasonic stop rice cooker Jepang setelah 6 dekade dan transisi rice cooker induksi


Shortstory | 5 January 2023

Panasonic Corp., memproduksi penanak nasi listrik selama lebih dari 60 tahun.
Tahun 2023 akan mengakhiri produksi dalam negeri di Jepang, alat tradisional tersebut pada bulan Juni 2023 tidak lagi di produksi di Jepang sendiri.
Dann mengalihkan basis produksi di China.

Perusahaan berupaya meningkatkan efisiensi produksi dengan mempromosikan produksi di luar negeri karena pasar Asia untuk rice cooker diharapkan tumbuh tidak seperti pasar di Jepang sendiri

Panasonic berencana memindahkan basis manufaktur domestik saat ini di pabrik di Kato, Prefektur Hyogo.
Pusat pabrik berada di Hangzhou, China, untuk membentuk basis bersama dengan Chennai, India.
Pabrik lama di Kato akan digunakan sebagai fasilitas untuk bisnis lingkungan, seperti produksi resin daur ulang.

Panasonic mulai memproduksi penanak nasi listrik sejak 1956, dan pada tahun 1988 meluncurkan penanak nasi pertama di dunia dengan sistem induksi.
Setelah teknologi induksi, produk penanak nasi tersebut menjadi jalur produk utama bagi banyak produsen.

RIce cooker Induksi Panasonic

Penanak nasi atau Rice cooker yang kita kenal umumnya mengunakan bahan elemen pemanas
Tapi Panasonic telah mengembangkan sistem induksi sejak 20 tahun lalu. Mengantikan sistem elemen panas untuk memasak nasi.

Panasonic Rice Cooker SR-HL151KSR di tahun 2022, memiliki kapasitas 1,5 liter
Mengunakan sistem induksi IH untuk mematangkan nasi.
Memasak lebih merata dibanding sistem elemen panas.
Walau kompor induksi memerlukan power 1200W.
Dan sistem penghangat nasi dapat diatur bekerja untuk penghangatan 5 jam, dan kembali memanaskan selama 15 menit.

Teknologi induksi dan elemen pemanas memiliki perbedaan.
Kelebihan penanak nasi induksi seperti kompor induksi, dapat memanaskan dengan cepat dalam waktu 2-3 menit dan selesai sekitar 20 menit.
Kontrol suhu sistem induksi lebih presisi, di banding sistem elemen pemanas.



Nama Panasonic menempati posisi 3 atau 4 pasar penanak nasi listrik di Jepang, tetapi pasar domestik terlihat berhenti tumbuh.
Salah satu penyebab dari penurunan jumlah rumah tangga dan penurunan angka kelahiran di Jepang.
Penduduk Jepang memang surut, dibanding negara lain yang masih terus memiliki pertambahan jumlah penduduk.

Sementara itu, untuk perluasan pasar penanak nasi di luar negeri, Global Information Inc. memperkirakan pasar penanak seperti rice cooker listrik dunia masih tumbuh rata-rata sebesar 6,3% pertahun hingga tahun 2027.

Asia akan memimpin pertumbuhan ini, di mana mereka yang berpenghasilan kelas menengah meningkat dan semakin banyak konsumen menuntut produk Jepang berkualitas tinggi, kata  perusahaan riset pasar.

Panasonic Group mempercepat upaya untuk memperkuat rantai pasokannya dan merampingkan produksinya dalam meningkatkan produktivitas.
Pada tahun 2021, perusahaan mengakhiri produksi televisi di dalam negeri serta menutup pabrik Okayama yang memproduksi kamera untuk stasiun broadcast.



Kesimpulan, sebagian produk Panasonic mungkin tidak lagi tertera Made in Japan, dan di rakit di luar Jepang dengan tambahan Assembled in China.

Artikel Lain

Metacycle desain motor motocoupe dengan bodi aluminium sangat menjanjikan ketika tampil. Dibandrol cukup murah, jarak tempuh 120km. Tapi nama dibelakang produsen kurang baik. Setelah diungkap oleh pabrikan China bahwa pesanan yang dijanjikan untuk dikirim masih ada di gudang

Perusahaan Toshiba rencananya akan dijual ke grup perusahaan investasi. Masih menunggu ijin dari otoritas untuk meloloskan penjualan tersebut. Bila ijin diberikan, nama Toshiba akan dihapus dari bursa. Teknologi untuk produk konsumer yang dipegang adalah sebagai satu satunya produsen pembuat harddisk MAMR kapasitas 20TB



China bukan menghadapi tantangan dengan sanksi barat. Tapi kemajuan semikonduktor yang tidak berkembang. Ada upaya ingin membuat chip dalam negeri yang canggih, serta rencana tanpa batas untuk industri chip. Walau diragukan, industri barat saja tidak mampu mengejar pabrik TSMC yang super canggih.

Memasak mie instan yang diseduh dengan air panas, itu teknologi lama. Yang baru tinggal meletakan cup mie, tunggu saja, tidak lama akan berbunyi mie sudah masak. Proses dibuat otomatis, dari menuang air dan tunggu sampai mesin bekerja.

Xiaomi Smart Air Fryer dipasarkan tapi bukan perangkat tungku induksi saja, memudahkan memasak. Sistem memasak dengan listrik ini di kontrol mengunakan aplikasi. Maksudnya di remote dari smartphone. Untuk kontrol dapat diatur jadwal dan suhu.

Kompor gas perlahan akan ditinggalkan karena kurang efisien. Tampil kompor listrik dengan 2 teknologi berbeda. Kompor elektrik dengan pemanas coil mengantikan api kompor, kompor induksi dengan gelombang arus. Tetapi peralatan dapur harus memenuhi standar untuk kompor listrik.

MIJIA Smart Air Fryer Pro 4L model terbaru dengan kapasitas sedikit lebih besar dari model 2021 dengan 3,5 liter. Memasak tanpa minyak goreng, mengunakan elemen pemanas dan udara panas untuk memasak. Mengapa Mijia mengunakan power 1200W saja, katanya untuk 200 derajat Celcius sudah cukup.



Panci untuk memasak elektronik. Disebut Pressure Pot elektrik, seperti rice cooker tapi ini lebih canggih. Dimanfaatkan seperti panci elektrik untuk memasak semuanya.

Tim African Clean Energy membuat kompor yang tidak berasap. Bukan solusi terbaik, tapi membuat kompor lebih efisien dan emisinya lebih rendah. Sementara orang memasak dengan kompor Ace 1, kompor juga mengalirkan udara. Di dalam kompor dipasangkan sebuah motor DC pengerak fan

Kalau kepepet ada saja ide para pelajar. Dari memanaskan pizza, mengambil air, membuat peralatan memasak dapat dilakukan peralatan sederhana. Ide ini menarik khususnya mereka yang tinggal sendiri dengan dana terbatas.



Youtube Obengplus

Trend