Pentax film camera kembali analog film untuk pemula sampai antusias fotografi


   Digital | 25 December 2022


Camera manual atau camera analog perlahan hilang setelah muncul teknologi smartphone.
Produsen camera digital perlahan memangkas teknologi camera lama berbasis camera analog. Dan memindahkan teknologi ke mirrorless.



Bagi mereka yang menyukai camera jadul, atau camera analog memiliki kendala lebih besar.
Mencari film untuk camera analog juga mahal walau masih tersedia. Belum urusan mencuci film yang harus diproses menjadi roll film negatif semakin jarang.
Tempat mencetak film analog yang semakin jarang ditemukan.

Tapi tidak lama, Pentax dikabarkan akan membuat camera analog lagi termasuk film roll.

Jadi berbeda antara camera digital dengan sensor dan disimpan dalam bentuk file
Dengan camera film, gambar di simpan dalam roll film tersendiri.

Pentax melakukan penelitian tentang film camera setelah lebih dari 10 tahun teknologi camera anolog surut dan menghilang.
Membawa kembali insinyur veteran dan muda membawa keahlian mereka di bidang camera film.

Bekerja sama dengan pencinta camera analog.
Penyediaan suku cadang, dan melibatkan pabrikan lain.
Dan rencana promosi proyek melalui online dan offline.

Camera film pentax

Mengapa Pentax kembali ke film analog.
Fotografi film semakin populer di kalangan muda di umumkan 20 Desember 2022.
Banyak fotografer dan selebritas kembali mengunakan camera analog kata Pentax.
Bahkan mereka tidak perlu membuat cetakan film analog, karena teorinya tidak sulit untuk membuat negatif film menjadi film positif.

Pentax melakukan jajak pendapat melalui perusahaan induk Ricoh.
Sekitar 3.000 penguna camera di Jepang, 20% masih memiliki camera film, termasuk camera instan.



Disisi penyediaan perangkat, hanya sedikit produsen yang membuat atau menjual camera film baru.
Masalah kedua, perbaikan yang dikhawatirkan penguna di Jepang, mereka kesulitan memperbaiki camera bila rusak.



Harga film Kodak Portra 400, harganya naik 2x lipat sampai 2022. Demikian juga film buatan Fuji.
Penyebabnya, kedua produsen tidak mengantisipasi permintaan di pasar. Diperparah pasokan yang buruk selama pandemi lalu.

Proyek Pentax masuk akal.
Pentax adalah jantung inovasi camera film di Jepang pada era 1950an.


Memperkenalkan Pentax Spotmatic tahun 1060, dengan pengukuran TTL melalui lensa pertama.
Camera Pentax K1000 SLR juga paling disukai.

Itu tantangan bagi penguna camera analog di Jepang.
Dan mereka ingin membuat karya tanpa rasa cemas bila penyediaan film dan perbaikan camera dapat dilakukan produsen.

Sebagian orang mungkin merasakan repotnya mengunakan camera analog dengan film.
Tapi sebagian orang malah ingin repot, karena kerumitan dan memakan waktu.

Bagi orang yang terbiasa dengan camera digital membuat nyaman, seperti smartphone tinggal jepret sana sini.
Tapi camera film harus hati hati, bila mengambil gambar yang salah, sudut yang salah, satu film sudah terpakai.

Tantangan bagi Pentax untuk memproduksi film camera analog.
Kami juga tahu betapa sulitnya memulai kembali produksi kamera film lama setelah produksi dihentikan. Faktanya, kita berada di garis start sekarang.

Kami akan melakukan upaya yang lebih besar untuk dapat mendengar suara penggemar kamera film melalui berbagai acara dan komunikasi digital sambil juga memberikan pembaruan sebanyak mungkin tentang perkembangan proyek. Kami menyambut dukungan dan pemikiran kritis Anda sebagai bagian dari proyek kreasi bersama ini. Senang sekali Anda bergabung dengan kami dan bekerja sama dengan kami dalam tantangan proyek kamera film baru ini.

Bagi antusia camera analog, tunggu saja tahun 2023 nanti. Apakah Pentax berhasil membawa teknologi camera jadul ke masyarakat.

Seperti apa bentuk film dari camera analog dan bagaimana mencetak ke file digital
Film analog yang sudah dibuat menjadi film negatif, berbentuk gambar terbalik atau film negatif,
Untuk membuat gambar dapat terlihat, cukup di balik sebagai gambar positif.

Bila anda memiliki film negatif dengan camera sendiri.
Maka dapat memproses film negatif tersebut menjadi file digital sendiri. Walau skala kecil untuk uji coba, atau mengunakan peralatan kelas profesional bila diperlukan nanti.
Percobaan membuat film negatif menjadi foto digital positif seperti dibawah ini.


Artikel Lain

Yamaha CD-C603 dapat memuat 5 disc dalam satu unit player. Untuk menganti disc tidak menganggu pemutar music walau tray disc sedang terbuka. Mendukung port USB untuk memutar lagu, dari format MP3 sampai format FLAC.

Im Back adalah modul camera yang dipasang di bagian camera model analog menjadi camera film menjadi camera digital. Im Back seperti unit sensor sebagai film camera. Menganti film dengan sensor, camera analog tua jadi camera digital



Pilih GoPro atau camera Canon EOS R100. Camera dengan teknologi Mirrorless, mengikuti generasi DSLR terbaru. Dibuat lebih ringan dengan ukuran lebih kecil. Ditujukan untuk camera dSLR tipe dasar. Keunggulan pada smart autofocus, kecil tapi mampu merekam video 4K

Pentax K-3 III Monochrome untuk foto hitam putih malah sudah di pesan 2x lipat dari persediaan. Agak aneh, sementara camera smartphone lebih banyak tampil dengan warna warni dan bokeh. DSLR terbaru malah populer dengan warna B/W. Tapi itu keunikan di dunia fotografi, salah satu keunggulan warna sederhana hitam putih

Perusahaan Toshiba rencananya akan dijual ke grup perusahaan investasi. Masih menunggu ijin dari otoritas untuk meloloskan penjualan tersebut. Bila ijin diberikan, nama Toshiba akan dihapus dari bursa. Teknologi untuk produk konsumer yang dipegang adalah sebagai satu satunya produsen pembuat harddisk MAMR kapasitas 20TB

Kembali tren camera digital. Merek lensa ketiga umumnya dari pabrik Jepang dan China. Tapi lensa China memiliki keunikan tersendiri. Umumnya lensa manual, harga lensa yang murah, beberapa model dibuat sangat baik. Dan yang unik untuk pasar tertentu, dari lensa landscape, portrait atau astronomi

Camera point of shoot atau camera pocket kembali menjadi tren. Khususnya kalangan anak muda, tampilan foto dari camera pocket lebih menarik, khususnya dengan tantangan mengambil gambar. Camera smartphone sudah di atur, memudahkan tapi tidak menarik. Hal baru teknologi ponsel kembali dicari, dengan fungsi dasar untuk komunikasi dengan kombinasi teknologi 4G.



Teknologi digital seperti Photoshop memang kontroversi. Layanan restorasi foto tua, untuk perbaikan, fokus sampai membuat foto berwarna. Tapi keahlian yang satu ini menarik, restorasi foto lama menjadi baru dan berwarna. Sekarang dibantu dengan AI.

Lomography DigitalLIZA+ dan DigitalLIZA Max, perangkat membantu memindahkan film negatif positif menjadi foto digital. Alat sederhana ini memudahkan untuk pengambilan gambar. Camera smartphone dapat dinaik turunkan untuk mengambil fokus foto.

PhotoScan Android app dari Google, untuk repro foto lama. App buatan Google ini membutuhkan 4 sudut berbeda seperti membuat foto panorama atau photo spheres. Foto di scan dan di save dapat di upload ke Google Photo dengan nama nama tag Scans

Animate your family photos dari Myheritage Maret 2021. Bagaimana merubah foto lama klise film negatif menjadi file foto digital. Mungkin ada yang tertarik menyimpan foto lama dari film negatif. Dengan mudah dapat dirubah menjadi foto positif mengunakan software. Bagaimana mewarnai foto hitam putih menjadi berwarna.

Agustus 2023, bersiap melihat parade pesawat. Agustus 2022 parade 8 helikopter, 15 Agustus pengintai Camar. 2019 tim Sukhoi, F16, Jupiter, helikopter Apache , dan MI tampil di atas langit . Mencegat parade helikopter yang menarik. Karena latihan umumnya dilakukan 2 - 3 hari, satu hari kosong dan hari H.



Youtube Obengplus

Trend