Pasang panel surya rumah syarat di Jepang Korea dan Perancis


   Green | 16 December 2022


2022 Korea
Seoul memasang panel surya di seluruh bangunan publik.
Seperti bangku, lampu, tong sampah dan skema penyewaan panel surya bagi warga.
Tujuan untuk menghemat uang, hemat energi, sekaligus membantu lingkungan.

Korea membangun taman solar cell yang sangat besar di ladang garam, taman tersebut diharapkan sudah dapat beroperasi Juni 2023.

Panel surya Korea Seoul ruang publik

2022 Jepang
Pemerintah lokal Tokyo Desember 2022 memutuskan semua rumah baru yang dibangun skala besar di ibu kota Jepang tersebut harus memasang panel surya mulai April 2025.
Ini adalah pertama kalinya pemerintah kota Jepang mengamanatkan tenaga surya di rumah baru.

Ini berarti bahwa sekitar 50 properti besar diminta untuk memasok rumah dengan ukuran 2.000 meter persegi dengan energi terbarukan dari solar cell.
Pembeli rumah pribadi dalam kontrak pembangunan tempat tinggal seluas 2.000 meter persegi atau lebih juga diharuskan memasang panel surya.

Ada dana kompensasi yang diberikan pemerintah Tokyo.
980.000 yen ($7.200) biaya awal untuk pemasangan panel 4-kW dapat tertutup dalam waktu 10 tahun dari pendapatan penjualan listrik dan selanjutnya dapat dikurangi menjadi enam tahun dengan subsidi yang akan disediakan.
Jadi warga dengan rumah panel surya dapat menjual listrik untuk membayar biaya pembangkit diatas rumah sebelumnya.

Subsidi biaya awal juga diberikan kepada perusahaan leasing untuk mengurangi beban pembeli rumah, kata pemerintah metropolitan.
Hanya 4% bangunan di Tokyo yang mampu menampung panel surya saat ini (2022), menurut Gubernur Tokyo, Yuriko Koike dari harian Kyodo.

Pembangunan rumah Jepang syarat panel surya

Pemerintah metropolitan Tokyo bertujuan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 50% pada tahun 2030, dibandingkan level tahun 2000. Kota ini memiliki populasi hampir 14 juta orang.
Jepang meningkatkan target pembangkit listrik terbarukan secara keseluruhan dari 22-24% menjadi 36-38% sampai tahun 2030.
Energi terbarukan diperkirakan mencapai 34,6% dari kombinasi power pembangkit listrik Jepang pada tahun 2030, tapi angka tersebut jauh dari targetnya.
Pada Oktober 2020, Jepang penghasil emisi karbon terbesar kelima di dunia, berjanji untuk mencapai nol bersih pada tahun 2050.

Ada tantangan dari partai demokrat liberal yang berkuasa. Masih menentang persyaratan tersebut, sebelum sepenuhnya warga memahami atau menerima aturan tersebut.
Butuh waktu memberi pengetahuan masyarakat, tentang dekarbonisasi.


2015 Perancis
Perancis menjadi negara yang tertarik lingkungan. Seperti kemarin menara Eiffel baru dipasang 2 turbin angin ukuran besar. Sehingga listrik di menara tidak lagi mengandalkan pasokan listrik dari jaringan listrik biasa. Aturan baru hanya diberlakukan untuk gedung komersil

Kota Paris di Perancis misalnya sudah gerah dengan polusi kendaraan.
Kabut asap disana sudah menganggu, dan pemerintah sempat mengeluarkan pembatasan kendaraan bermotor masuk ke dalam kota



Pemilik gedung bertingkat harus memilih memasang solar cell atau atap gedung harus ditanam dengan pohon. Ide ini menarik, karena tanaman di atas gedung dapat menjadi rumah dari burung yang tinggal di kota. Bila tidak mau menanam pohon, silakan memilih alternatif lain dengan pemasangan solar cell. Sehinga pemilik gedung dapat memiliki pasokan listrik sendiri dari solar cell, dan mengurangi pemakaian listrik biasa.

  Awalnya aktivis meminta semua bangunan baru, apakah gedung pribadi atau komersil harus memiliki panel surya atau memiliki halaman untuk menanam pohon. Namon pemerintah menentukan aturan lebih ringan, hanya gedung komersil saja yang diminta memasang solar cell atau memiliki kebun sendiri di atas gedung.

Artikel Lain

Bluetti EP7600 memiliki kapasitas baterai 19,8kWh dengan 4 baterai modular. Pengalihan ketika listrik padam hanya 10ms, membuat perangkat rumah tidak terganggu dengan jedah waktu sangat singkat. Sistem power backup dapat memindahkan listrik ke sistem baterai.

Power Station EcoFlow Delta Pro Ultra dapat dipasang sampai 5 tumpuk baterai. Baterai dapat di isi dari listrik AC dan panel surya. Dengan Smart Home Panel 2 ketika listrik padam, sistem panel akan memindahkan arus dari baterai.



Zendure memperkenalkan sistem pengisian baterai untuk listrik. Menawarkan sistem pengisian baterai dengan unit inverter di loteng rumah. Kali ini perusahaan membuat sebuah sistem lebih pintar. Memanfaatkan pagar loteng rumah atau halaman di lantai yang tidak terpakai sebagai tempat panel surya dan cukup menghasilkan energi dari matahari.

Jalur kereta begitu panjang, memiliki ruang kosong yang tidak terpakai ketika tidak ada kereta. Bagaimana ruang tersebut dimanfaatkan untuk panel surya. Luasnya, ruang kosong yang dapat dimanfaatkan mencapai 7 juta meter persegi ada di jalur kereta. Siapa yang memasang jalur begitu panjang.

Turbin angin CSSC memiliki diameter 260 meter, dengan bilah raksasa sepanjang 128 meter. Bisa dibayangkan sebuah generator pembangkit listrik berada di ketinggian lebih dari 128 meter. Menghasilkana energi 18MW untuk satu pembangkit energi angin. Turbin angin CSSC H260-18MW dirancang untuk instalasi lepas pantai.

Kendaraan mobil listrik kecil, 30km jarak tempuh, atau ditambah 4 baterai sampai 100km. Pengisian baterai dari panel surya, lebih mirip kendaraan mobil golf. Hemat lahan parkir, 3 kendaraan untuk 1 parkir mobil biasa. Di beberapa negara tidak memerlukan surat ijin mengemudi untuk mengendarai Squad

Sistem penyimpan listrik Tesla Megapack telah dibangun di Inggris. Memberikan power cadangan untuk 300.000 rumah selama 2 jam. Atau digunakan untuk power cadangan, dan menyimpan energi dari panel surya dan turbin angin sementara waktu.



Ketika energi terbarukan dengan panel surya digunakan, dan pemerintah memberi insetif. Warga mulai memasang solar cell di rumah, karena lebih hemat biaya listrik. Tetapi hampir 20 tahun, panel surya yang usang harus diganti. Kemana sampah energi hijau tersebut pergi.

Perusahaan asal Maxeon membuat panel surya yang ringan, hanya separuh berat panel surya konvesional. Solusi rumah dengan atap konvesional dapat dipasang panel surya. Tanpa memerlukan rangka, bahkan cukup di rekatkan ke atap rumah.

Panel perovskite solar sel dibuat tandem. Kita sering mendengar panel surya, sebenarnya ada beberapa jenis panel surya yang dijual dan spesifikasi berbeda. Masing masing panel memiliki kelebihan, harga, dan tingkat efisiensi dalam menghasilkan power listrik.

Ketika rancangan jalan dengan panel surya dibangun. Banyak antusias dari pengagas, yang mengatakan proyek tersebut akan berjalan dengan baik. Kenyataannya, yang dibangun disatu tempat, belum tentu memiliki kondisi yang sama. Disini dapat belajar dari perusahaan Wattway. Tidak mengunakan pemikiran yang sama, bila installasi di tempat berbeda.

Sebuah sekolah di Denmark memasang 12 ribu panel solar cell. Menyediakan hampir separuh kebutuhan listrik untuk sekolah sendiri.setiap tahun. Luas sekolah mencapai 25 ribu meter persegi, sedangkan panel dipasang di dinding dan atap gedung seluas 6 ribu meter.



Youtube Obengplus

Trend