Satelit Bluewalker 3 menara selular di ruang angkasa sudah terlihat di langit


   Stuff | 30 November 2022

Satelit Bluewalker 3 memiliki panel surya sangat besar.

Satelit tersebut untuk komunikasi selular, tapi di taruh di ruang angkasa.
Satelit Bluewalker 3 milik perusahaan AST SpaceMobile diluncurkan September 2022.

Satelit Starlink memiliki panel surya dengan jumlah satelit ratusan diatas langit, panel surya satelit kecil memantulkan cahaya matahari.
Ketika diluncurkan, cahaya satelit seperti berbaris ketika menjelang malam atau menjelang pagi.
Membuat tim astronom pusing, karena foto pengamatan terganggu dengan lalu lalang satelit.

Salah satu objek paling terang di malam hari September 2023
Satelit Bluewalker 3 menjadi salah satu objek paling terang di langit.
Memiliki bentuk abu abu kotak bila di amati langsung.

Walau desain prototipe, AST berencana memasang pelindung pada cermin panel di generasi mendatang.
Ini baru satu, rencana ada 90 satelit besar seukuran 69 meter persegi tersebut.
+ Tracking posisi satelit dan penampakan jam

Bluewalker 3 satellite 5G


AST dan AT&T Mei 2023
Bulan April 2023, AST melakukan telepon satelit suara pertama dari Texas ke Jepang mengunakan Bluewalker 3.
Mengunakan frekuensi yang sama dari selular AT&T spektrum 850Mhz, mengunakan ponsel Samsung Galaxy S22 yang tidak di modifikasi.

AT&T menunggu persetujuan untuk mendapatkan frekuensi 850Mhz dan 750Mhz untuk komunikasi ke satelit milik AST.
Tujuannya, untuk penyedia dukungan layanan broadband satelit, termasuk kondisi darurat seperti terjadi bencana.

Dengan jaringan satelit Bluewalker, pelanggan AT&T dapat masuk ke wilayah yang belum terjangkau menara selular.
AST m

engunakan bagian terpisah dari area berlisensi, dan tidak memerlukan pembagian spektrum di darat yang tidak tersedia.
Kapan AT&T membuka layanan tersebut. Mungkin bersamaan dengan 5 satelit untuk jaringan BlueBird milik AST yang dikirim ke ruang angkasa awal tahun 2024.
Termasuk penyediaan jaringan broadband berbasis satelit ruang angkasa.

AST telah menguji sistem satelit ke beberapa operator  Vodafone, Rakuten Mobile, dan Orange.
Perusahaan T-Mobile memilih jaringan Starlink untuk broadband internet di ponsel.

Cahaya lain dari stasiun ruang angkasa internasional atau ISS.
Tapi tidak banyak menganggu, karena hanya 1 cahaya dengan ukuran panel paling besar.
Juga tampak menjelang malam atau menjelang pagi.



Bluewalker 3 memiliki panel surya lebih besar dibanding satelit Starlink, walau baru satu satelit diluncurkan memiliki bobot 1,5 ton di orbit 500km diatas permukaan Bumi.

Memiliki panel yang bentangan 64 meter persegi, dan panel surya satelit Bluewalker 3 sepenuhnya telah terbuka November 2022.

Bluewalker 3 satellite 5G

Persatuan astronomi internasional yang melakukan pengamatan planet mulai khawatir.
Menemukan cahaya satelit tersebut sama terangnya dengan bintang raksasa Antares atau bintang Spica.
Kedua bintang berada di urutan 15 dan 16 sebagai bintang paling terang dilangit ketika malam hari.

Studi lain menyebut, panel surya di satelit Bluewalker 3 memiliki pantulan cahaya setingkat bintang ke 22 paling terang.
Yang lain menyebut intensitas cahaya dari satelit hanya sedikit di bawah bintang Big Dipper tapi tetap dapat dilihat langsung.
Berita dibawah ini dari foto yang diambil seorang astronom 12 November 2022.

Cahaya bintang berjalan Bluewalker 3 November 2022

Satelit Bluewalker 3 baru baru ini menjadi perhatian para astronom. Walau satelit baru di uji coba.
Nanti akan mencapai 100 unit satelit, dan membentuk konstelasi jaringan satelit Bluebirds koneksi 5G.

Rencananya akan dibangun sedemikian banyak satelit, untuk penghubung jaringan komunikasi 5G dari darat ke satelit.
IAU bilang "itu menara ponsel di luar angkasa".

Piero Benvenuti, directur IAU Center for the Protection of the Dark and Quiet Sky from Satellite Constellation Interference mengatakan, ada alasan penempatan satelit tersebut dihentikan.

Sebelumnya kalangan astronom mengkhawatirkan jaringan satelit SpaceX.
Tapi IAU mengatakan rencana perusahaan AST menimbulkan masalah baru.
Bukan hanya panel surya, tapi gelombang radio yang kuat dipancarkan ke arah Bumi.

Salah satu instrumen astronomi penting saat ini mengunakan frekuensi radio selain instrumen optik atau teleskop di ruang angkasa.


Seperti sistem satelit array, baik berupa antena atau parabola yang menangkap sinyal radio dari ruang angkasa.

Teleskop radio terbesar Square Kilometer Array Observatory. Berada di 2 tempat, Australia dan Afrika Selatan.
Astronom membangun dengan investasi sangat besar, membutuhkan waktu bertahun tahun, mencari lokasi dan lokasi antena di bangun sejauh mungkin dengan aktivitas manusia dan menara selular.

Teleskop Green Bank di Amerika antena parabola yang sangat besar untuk observasi.
Memiliki pengaman bagi warga yang tinggal di sekitar lokasi observasi.
Dilarang mengunakan perangkat komunikasi sampai WIFI, dalam radius 16km, termasuk orang yang datang berkunjung harus menonaktifkan telepon seluler dan perangkat pemancar lainnya.

Badan IAU mulai membicarakan ke perusahaan komunikasi AST, untuk langkah penanganan yang berpotensi menganggu astronom, agar antena tidak menganggu penelitian astronomi dengan frekuensi radio di ruang angkasa.
Untuk panel surya kata perusahaan AST, kami akan mengunakan bahan anti reflektif di masa mendatang.

AST akan menghindari pancaran sinyal yang berdekatan dengan zona khusus / National Radio Quiet Zone (NRQZ) di AS dan lokasi radioastronomi tambahan yang tidak diakui resmi.
AST berjanji menempatkan antena Gateway yang jauh dari area NRQZ atau tempat dimana sinyal radio tidak boleh menganggu penangkap teleskop radio.

Bila tertarik anda dapat mencari lokasi satelit dan kapan satelit tampak, Bluewalker 3 melalui layanan N2YO

Satelit Starlink yang ukuran kecil saja sudah tampak seperti dibawah ini


Artikel Lain

Starlink telah membuka jaringan koneksi internet untuk kendaraan bergerak. Dari kendaran seperti mobil, kapal laut dan layanan di pesawat komersil. Walau biayanya tidak murah dibanding layanan internet stasioner. Uji coba kirim SMS dan telepon langsung ke satelit dengan ponsel biasa, satelit diturunkan lagi sampai 360km.

Tahun 2020 sistem satelit navigasi Beidu telah lengkap. Tahun 2022 untuk standar penerbangan. Menjadi opsi sistem cadangan bila terjadi gangguan sinyal satelit navigasi. keunggulan ada di sinyal satelit dan posisi beberapa satelit geostasioner di satu wilayah.



Setelah teknologi smartphone dapat terhubung untuk mengirim SMS mengunakan sinyal satelit. Satu lagi layanan SMS satelit dari Sateliot, tahap awal satelit akan lewat 1 kali sehari. Menyusul dalam 3 tahun akan ada 256 satelit.

Berapa jumlah satelit di ruang angkasa yang mengorbit Bumi. Sampai Maret sekitar 10 ribu lebih objek satelit di ruang angkasa. Penyumbang terbesar jumlah satelit akan naik 6x lipat. Terbesar dari layanan internet satelit seperti Starlink, OneWeb, China Sat, dan Project Kuiper Amazon.

Pesaing jaringan internet satelit Oneweb memilih layanan SpaceX dan ISRO untuk pengiriman satelit ke ruang angkasa. Tinggal menunggu beberapa puluh satelit lagi untuk lapisan pertama jaringan internet satelit. OneWeb sementara tidak mengirim satelit lewat badan antariksa Roscosmos Rusia.

Amazon mendapat ijin satelit internet broadband. Peluncuran jaringan satelit Kuiper dalam 5 tahun, mengkontrak 3 perusahaan roket dari ESA, US dan Amazon sendiri. 3000 satelit. Menawarkan 3 ukuran antena kecepatan 100Mbps sampai 1Gbps

Bila tidak ada jaringan tersedia, smartphone dapat mengirim langsung pesan SOS, atau paket SMS melalui satelit. Mengunakan chip Mediatek MT6825 NTN untuk modem tambahan, tidak memerlukan antena khusus. Smartphone dirancang standar anti pecah.



Teknologi 6G tidak lagi membawa jaringan selular. Tapi konekvitas ke perangkat yang membutuhkan wireless. Dari sistem IoT, industri, jaringan data selular, sampai medis. Ada yang menganggu di teknologi 6G, karena mengunakan frekuensi Thz, bukan lagi Mhz.

Earth Wind Map peta arus angin secara global. Memperlihatkan gerakan angin, kecepatan angin, laju arah angin dan awan hujan. Foto satelit cuaca Himawari untuk Asia, memantau kondisi cuaca di belahan Asia setiap 10 menit. Foto satelit dengan durasi 12 jam sebelumnya

DSN 43 tangani misi Mars 2020 Perseverance Feb 2021. DSN 43 menjadi antena paling kuat dari 14 antena komunikasi pesawat ruang angkasa. Yang ini bukan antena komunikasi biasa seperti komunikasi satelit dan pesawat, tapi untuk komunikasi pesawat ruang angkasa. DSN atau Deep Space Network adalah sistem antena yang berada di 3 negara.

Astronom modern tidak hanya melihat objek dengan pengamatan teleskop optik. Tahun 2020 tepat 75 tahun dari teleskop radio Jodrell Bank. Merubah pengamatan benda di ruang angkasa tidak hanya mengandalkan teleskop optik. Tapi menangkap sinyal radio dari objek yang diamati.

Astronom membuat sebuah gambar dengan observasi dari teleskop radio. Dimana gambar setiap titik ini adalah gambar galaksi yang sangat jauh. Dan belum pernah terditeksi sebelumnya. Bagaimana setiap titik ini di dapat. Foto tentang galakasi ini diabadikan dari teleskop radio South African Radio Astronomy Observatory MeerKAT.

Beberapt tahun ini dibangun beberapa teleskop radio. Tapi bukan mencari sinyal alien, melainkan mendapatkan adanya sinyal frekuensi 21cm. Yang berasal dari sinyal sebelum pembentukan galaksi pertama, sinyal bersumber dari 13 miliar tahun lalu jauhnya dari Bumi. Mendapatkan sinyal dari bintang generasi pertama dimana benda Black Hole sebagai materi padat belum ada di awal alam semesta. Lalu untuk apa

Juli 2023, fotografer NatGeo memperlihatkan ini satelit yang sedang beriringan seperti bintang berjalan. Starlink jajaran satelit broadband. Jaringan satelit internet di seluruh dunia melalui satelit. Agustus 2023 total satelit Starlink menuju jumlah 5000 satelit. Dapat terlihat diatas langit seperti kereta di langit antara menjelang pagi atau malam.



Tahun 1965 ketika dua ilmuwan Arno Penzias dan Robert Wilson sedang mencari jawaban, adanya sinyal yang diterima oleh antena radio milik Bell Labs. Penemuan mereka digunakan untuk teleskop Cobe, WMAP dan paling detil Planck dalam pemetaan alam semesta

Teleskop radio SKA selesai dibangun, setelah tahun 2016 memperlihatkan gambar pertama dari 25% kekuatan teleskop radio. Menjadi teleskop paling sensitif di dunia untuk memetakan langit dengan gelombang radio, dan menangkap paling detil dari sebelumnya. Salah satu yang dicari adalah jejak gas hidrogen.



Youtube Obengplus

Trend