Keyboard mekanik Cherry MX Black Clear Top switch keyboard vintage Nixdorf


   Product | 5 November 2022

Produsen switch keyboard mekanik kembali meluncurkan disain switch lama yang disebut Nixie.

Model baru disebut Cherry MX Black Clear Top, dan switch tersebut seperti keyboard di tahun 80an.

Dibuat perusahaan Jerman Nixdorf dan digunakan sebagai keyboard di computer mini, server sampai terminal.

Sayangnya Switch Nixie hanya diproduksi beberapa tahun, dan sisa keyboard 30 tahun lalu mungkin sulit di dapat.
Seandainya ada yang menemukan keyboard Nixdorf, sudah menjadi barang vintage dan harganya tentu ala barang antik.

Ide keyboard lama tersebut, menginspirasi produsen Cherry membuat switch serupa - Cherry MX Black Clear Top

Switch asli Nixie adalah varian dari switch MX Black Cherry yang dimodifikasi sangat spesifik.

Hanya perlu ditekan sedikit katanya.Diode terintegrasi di dalam switch untuk n-Key Rollover. Memungkinkan switch aktif di salah satu walau ditekan bersamaan.

Disain Cherry MX Black Clear Top dibuat mirip. Dengan bodi hital dan bagian atas putih.
Switch aktif dengan tekanan 2mm dan panjang paling bawah 4mm.

Karena produk Cherry MX Black Clear Top mengunakan disain baru. Cherry MX Black Clear Top juga ditawarkan 2 versi.
Satu model tanpa pelumas, dan yang lain sudah diberi pelumas.
Cherry MX Black Clear Top mulai dijual tahun 2023, belum disebutkan berapa harga satuan.

Keyboard mekanik Cherry MX Black Clear Top switch keyboard vintage Nixdorf

Kalau ditanya apakah keyboard jaman dulu lebih modern dibanding keyboard PC saat ini.
Sepertinya benar. Karena di era 80an belum mengunakan mouse dan Windows
Semua harus diketik dan akurasi penting bagi programmer, maupun operator computer.

Artikel Lain

Gskill KM250 memiliki tut keyboard berbeda dibanding seri keyboard sebelumnya.Mengunakan bahan PBT dual injek di keycap, dapat di lepas pasang, mengunakan koneksi USB C dengan USB 2.0.Tombol tidak selengkap model full keyboard, tapi hanya 67 keycap saja.

Mountain produsen aksesori computer menawarkan keyboard modular. Keyboard tanpa numerik pad tersebut sebenarnya dapat ditambahkan sendiri. Dan modul keypad yang terpisah dapat di pasang di sisi kiri dan kanan sebagai bagian modul.



Keyboard Corsair K70 RGB TKL tampil dengan varian switch Opto-Mechanic. Keyboard aktif dengan hanya tekanan 1mm. Ditujukan computer gaming, dengan switch Opx. Keyboard dipangkas di bagian numerik, koneksi USB-C. Pilih Switch mekanik atau Opto Switch.

Notebook Alienware M15 R4 dan M17 R4 atau lebih tepat disebut laptop untuk gaming dirancang dengan keyboard mekanik Ultra Low Profile. Gamer mengenal keyboard mekanik Cherry MX dengan ukuran tombol besar. Disain keyboard memiliki tinggi 18,5mm untuk ukuran standar.

Keyboard mekanik model lama, mungkin ada masalah di switch. Keyboard premium, komponen penganti dari tutup keyboard dan switch keyboard sudah dijual. Penguna dapat berpindah dari model switch Blue, Brown, Red atau menganti switch yang rusak. Bila switch bermasalah dapat diperbaiki sendiri karena komponen sudah tersedia.

Cherry MX Ergo Clear, kombinasi Cherry MX Brown yang dikenal untuk keyboard mengetik dan Cherry MX Clear. Cherry MX Low Profile Tactile switch keyboard flat tampil Juni 2022. Cherry Viola tut switch keyboard lebih murah alias budget keyboard.

Keyboard GSkill releases KM360 TKL disain keyboard mekanik kompak. Tidak memiliki bagian arrow dan numerik di sisi kanan keyboard. Mengunakan switch buatan Cherry MX, lampu RGB LED dan bodi bagian atas aluminium. Total 87 tut keyboard.



Keyboard Corsair K70 RGB MK.2 memiliki bagian tut keyboard lebih rendah. Mengunakan tut switch mekanik keyboard Cherry MX Low Profile, seperti tombol keyboard notebook dengan switch mekanik. Hanya memiliki jarak 1mm untuk satu ketukan maka keyboar sudah aktif. Keyboard Corsair K70 RGB MK.2 Low Profile dirancang dengan mekanik keyswitch RGB RED.

Tampil Switch keyboard mekanik Cherry MX Low Profile. Model switch Cherry MX Red, Black, BLue, Brown, termasuk model baru Speed, Silent, Green dan Clear sudah tersedia di Jerman. Satu kit berisi 110 switch, sementara yang ada model MX Silent Red dan MX Speed.



Youtube Obengplus

Trend