Security | 28 August 2022

Instagram lokasi dibagikan ke pengikut ini masalah serius kalau kita lupa



Berita menarik tentang Instagram, apakah benar media sosial tersebut membuka lokasi ke pengikutnya.

Setelah memperbarui iPhone ke Sistem Operasi terbaru, user baru menyadari ada fitur khusus telah otomatis di pengaturan lokasi Aplikasi Instagram.

Perangkat Android juga terjadi. Pengaturan izin melihat lokasi member Instagram terbuka otomatis.

Tapi banyak pengguna Android yang belum menyadarinya. Sebagian mungkin tidak terlalu peduli.
Tetapi bagi penguna iPhone cukup menarik di bulan Agustus 2022. Mendadak viral di medsos, apa yang salah dengan Instagram.

Mengenai lokasi yang dibagikan ke pengikut di aplikasi Instagram.
CEO Instagram Adam Mosseri dan seluruh tim Media Sosial Instagram menolak informasi tersebut.

Mereka mengatakan, lokasi adalah setting di perangkat pemilik sendiri.
Bukan fitur dari Instagram, Instagram hanya berbagi Tag lokasi, tapi tidak membagi lokasi kepada orang lain.
Setting aktif ketika member Instagram memposting untuk memasukan Tag lokasi dan fitur peta. Artinya foto dimana di ambil atau di posting, bisa terbawa dan terlihat di media sosial Instagram.

Masalahnya ada di member sendiri, mereka khawatir dengan ketepatan lokasi yang diposting ke Instagram.
Merasa lokasi tersebut seperti melacak dimana mereka berada.
Khususnya dengan keluarga, teman yang kebetulan tahu atau tinggal bersama ikut terekspose lokasinya.
Yang lain merasa tidak masalah, karena sudah mengerti dengan geoTag di Instagram.



Jadi terserah kita, bagaimana membagi informasi di Instagram.
Apakah lokasi diaktifkan atau tidak, intinya penguna harus tahu apa yang dilakukan di media sosial.

Bila kita tidak merasa nyaman dengan pencatatan lokasi.
Nonaktifkan akurasi data lokasi dari Instagram saja.

Masuk ke setting, privasi, dan setting lokasi
Disana kita dapat menonaktifkan akuras lokasi di semua app yang di install pada smartphone.



    Step 1: Go to Settings. ...
    Step 2: Tap on Privacy. ...
    Step 3: Tap on Permission Manager. ...
    Step 4: Tap on Location. ...
    Step 5: Go to Instagram App. ...
    Step 6: Turn OFF Precise Location.

Turn off Precision Location Instagram

Jangan salahkan teknologi bila penguna tidak tahu apa yang harus mereka lakukan.
Aplikasi melakukan setting default dari seluruh sistem yang diberikan. Kita perlu mengawasi dan menonaktifkan setelah update atau menginstall aplikasi.
Apa saja yang tidak perlu di bagikan seharusnya di set sebelum kita memposting ke media sosial.


Artikel Lain

Kimi aslinya aplikasi streaming tapi bukan layanan resmi. Aplikasi tidak boleh ada di App Store Apple, nyatanya lolos. Bahkan sempat memegang rekor tertinggi di download dan mengalahkan HBO, Netflix.

Cari program petani di Youtube, jangan jangan dapat Lumma Stealer. Hati hati mencari link software CPU-Z, WinSCP, Advanced IP Scanner gratis. November 2023 penyebaran iklan kalangan IT. JaskaGO menyusup di program AnyConnect dan CapCut.



Mia Gezellig seperti nama Belanda dan foto selfie yang menarik. Di awal tampil memiliki 3 ribu follower dan Oktober 2023 telah mencapai 11 ribu Follower. Fotografer mengulas hasil foto, tiba tiba dia dihubungi seseorang. Yang mengaku pemilik Mia di Instagram, siapa dia.

WhiteHat Hacker julukan Bug Bounty ketika melaporkan ada kerentanan. Sekarang perusahaan software memberikan hadiah sangat besar bagi penemu Bug. Android akan memberi hadiah ratusan ribu dollar. Microsoft tawarkan lagi dari 15K ke 50K dollar penemu bug. November khusus untuk Defender

Search engine Google memiliki fitur Search Image. Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan adalah mencari gambar yang mirip. Misalnya anda memiliki foto yang dibuat sendiri dan mempublikasikan. Agustus 2023 Google memberitahu dengan notifikasi. Oktober 2023 fitur Fact vs Fake, mencari sumber foto apakah di daur ulang dari foto lama

Program terminator yang dibuat aktor Spyboy, dapat menghentikan program keamanan, atau meloloskan untuk menonaktifkan diteksi antivirus. Tim Crowdstrike membagikan bagaiaman file tersebut setelah masuk ke system OS Windows. Bahkan 23 program keamanan dapat dinonaktifkan, dan 70 vendor antivrus hanya 1 yang menditeksi

Jangan buka kiriman file sembarangan di email (terbesar), dan website / download . Penyebar malware mengunakan teknik file di kompres dan meningkat sampai 44%. Dibanding mengunakan file seperti Office Word Excel. Mengunakan kelemahan security dengan file zip password. Dan komplek serangan RAT



Kemampuan AI membuat foto begitu detil. Memudahkan seseorang membuat foto palsu dan di posting ke media sosial. Suara tiruan dengan  AI akan berbicara seperti suara kita. Setelah proses analisa, cukup mengetik apa yang perlu di ucapkan, dan suara kita sendiri yang berbicara seperti apa yang diketik. Laporan dari McAfree

Juni 2022 Telegram Premium berbayar. Telegram mengambil survei di Jerman, dan user memilih rahasia tetap di jaga, atau diungkap bila melalui prosedur yang dilakukan sebelumnya. Jangan di banned Telegram bila kena 5 aturan utama.

Mungkin kita bertanya. Apakah smartphone dapat dilacak. Atau perlatan smartphone dan computer bisa menunjukan posisi seseorang. Penguna smartphone Android sebenarnya dapat dilacak keberadaannya bila smartphone aktif. Tapi kita merendahkan teknologi digital. Percayalah, smartphone sangat mudah di lacak oleh orang lain. Update 2019

Computer Lenovo yang memiliki sensor sidik jari memiliki sistem enkripsi lemah. Selain sidik jari yang disimpan, juga ditinggalkan di dalam folder aplikasi. Lenovo telah memperbaiki otentifikasi

Sebuah studi baru, beberapa layanan website mengunakan script pihak lain. Fungsinya untuk mencatat apa yang diketik di perangkat elektronik. Sekitar 50 ribu situs teratas, dari 1 juta situs melakukan pencatatan aktivitas pengunjung. Setidaknya 400 situs lebih adalah situs ternama.

Banyak penguna smartphone menjual smartphone bekas mereka, ada yang menganti dengan model baru. Mungkin pemilik smartphone sudah menghapus foto pribadi dari smartphone. Apakah bisa di recover atau dikembalikan, Avast malah menemukan foto sangat pribadi bisa dilihat kembali.

Banyak aplikasi mengambil data dari smartphone dan mengirim nomor telepon penguna ke pembuat aplikasi. Tapi penguna Android terlihat tidak terlalu peduli. Satu dari 3 aplikasi yang terdata, aplikasi meminta akses ke data panggilan, kontak telepon dan nomor PIN.


Youtube Obengplus


Trend
No popular articles found.