SSD Cooler Jiushark M2 3 lengkap dengan heatpipe dan fan


   Hardware | 5 July 2022

Dalam hal pendinginan SSD, pabrikan Cina Jiushark melangkah lebih jauh.

Ada wacana bila SSD tipe NVMe kedepan dengan dukungan PCIe 5.0 akan lebih panas.

Kecepatan SSD SATA 3.0 mencapai 500MB perdetik dan tidak dipacu lebih cepat melalui kabel, kecuali nanti hadir dengan teknologi baru.

Produsen memory, motherboard, procesor dan chipset terus mengembangkan jalur PCIe. Jalur PCIe yang digunakan langsung terhubung ke pin board.

PCIe 3.0 sudah digunakan beberapa tahun lalu, dan PCIe 4.0 dengan Ryzen, terakhir PCIe 5.0 dari Intel procesor

PCIe 5.0 teori mencapai 13GB perdetik, dengan kecepatan tersebut bahkan Microsoft menyiapkan DirectStorage.
Agar sistem OS dapat mengambil data langsung ke SSD yang sangat cepat.

Dampak kecepatan adalah panas, SSD NVMe mungkin salah satu hardware yang akan mendapat pendingin di computer kita nanti.

Satu cooler Jiushark M.2-3 dilengkapi kipas kecil seperti disain cooler heatsink procesor tapi ukurannya lebih kecil
Tentu kita bingung, apakah fungsi SSD perlu di dinginkan seperti disain procesor.
Jiushark M.2-3  ditawarkan sekitar $11 di toko online Taobao.

Disain dari fin pendingin, fan dan heatpipe untuk transfer panas dari chip SSD.

Dibawahnya terdapat bantalan aluminium dan heatpipe, untuk kontak ke chip dan heatsink di bagian atas.

Fan ukuran 60mm tentu saja kecil, karena pendingin untuk chip NAND SSD NVMe di banding pendingin procesor rata rata mengunakan ukuran 120mm.
Fan memiliki putaran 3000 RPM, dan arus udara 14 CFM, suara fan tidak berbeda dengan fan procesor kelas silent. setingkat 25 dBA.

Konstruksi unit74,5 × 35,5 × 82,0 mm (L × W × H) dengan kipas dan berat total 113 gram.

Di bagian bawah sebagai kontak ke board NVME dengan luas 24,5mm
Jadi agak sedikit lebih lebar dari bidang board M.2 sekitar 22mm

Jiushark M.2-3 cooler ditujukan untuk board NVMe dengan panjang 80mm.

Apakah cooler tersebut mampu mendinginkan chip NAND pada SSD di computer.

Mereka memberikan data dengan pengujian Samsung 980 Pro SSD kapasitas 500MB.

SSD Samsung 980 Pro ketika bekerja dapat mencapai panas 71 deg.C
Bila dipasang cooler Jiushark M.2-3 tanpa fan turun ke 49 deg.C, dan fan aktif lebih rendah lagi sampai 33 deg.C.

Terlihat sistem pendingin SSD ini berfungsi, dan masih berada di ambang batas terjadi kelambatan chip NAND ketika chip terlalu panas bekerja.

Pendingin untuk SSD NVMe M2 Cooler Jiushark M2 Three

Tidak hanya Jiushark M.2-3, beberapa produsen juga membuat cooler untuk SSD NVMe.
Seperti cooler RaidSonic dengan pasif cooler dan 2 heatpipe, Elecgear dengan pasif cooling untuk NVMe SSD, dan Grauneor yang lebih canggih dengan 2 heatpipe  dan fan aktif.
Yang murah Jiushark M.2-3, memang sangat mirip disain cooler heatsink tipe heatpipe

Artikel Lain

2023 produsen storage chip NAND masih menunggu rilis SSD NVMe PCIe 5 berkecepatan tinggi. Thermalright HR-10 2280 Pro pendingin SSD mengunakan 4 heatpipe, dengan berat sekitar 100g. Model sebelumnya HR-10 standar hanya mengunakan 2 heatpipe tanpa fan.

Cooler heatsink DeepCool AK500 menawarkan harga lebih hemat. Dengan disain 5 heatpipe ukuran 6mm, memiliki sirip pendingin lebih lebar. Satu keungulan heatsink DeepCool AK500 pada fan. Model fan FK120 menghasilkan noise rendah.

Cougar FORZA 85 heatsink pendingin tipe silent, mengunakan fan tipe MHP120. Memberikan pendingin maksimum pada kisi pendingin, tapi bekerja tanpa suara bising atau ultra silent.

Intel memiliki paket heatsink Intel RH1 Intel RM1 dan Intel RS1. Disain heatsink baru cukup baik, disertakan dalam paket. Performa CPU Core i5 12400 dapat bertahan sekitar 73 deg.C. Tapi hanya diberikan untuk paket CPU seri standar.

Sementara produsen smartphone menjauhi procesor Snapdragon 888. Redmagic 6S Pro mengunakan procesor Snapdragon 888+ sebagai smartphone gaming. Kecepatan panel 165Hz, fast charger 66W, dengan sistem pendingin Ice 7.0. Di belakang bodi dapat ditambah 2 fan pendingin.

Heatsink di kelas procesor gaming sampai high performa. Procesor perlu tetap bekerja pada suhu serendah mungkin. Be Quit Pure Rock 2 masuk kelas budget heatsink dengan pendingin lebih baik. Dengan 4 heatpipe dan silent fan. Rancangan 150 TDP untuk procesor Intel dan AMD

Zalman CNPS20X CNPS17X CNPX16X dirancang dengan posisi vertikal, satu model dengan lampu RGB tertutup. Cooler tipe tower dibuat dengan sirip pendingin 4D, dan tambahan fitur RDTH, IHD serta lampu RGB. Bila dilihat lebih dekat, pada sirip evarator membentuk lekukan poligon. Zalman kali ini bermain dengan 2 bahan metal, mengkombinasikan tembaga dan aluminium.

Corsair A500 adalah heatsink pendingin procesor. Yang ini agak berbeda dengan performa heatsink high end, karena mampu menangani procesor cukup panas. Berat cooler Corsair A500 mencapai 1,5kg. Cooler tersebut dapat dipasangkan untuk procesor tipe socket AMD FM1, FM2, AM3, AM4 dan Intel LGA 115x, 2011 (-3) and 2066

Raijintek Eris Evo menawarkan disain case dengan banyak tempat fan. Mungkin kita kewalahan untuk membeli fan, 20 unit dapat dipasang. Tidak hanya pendingin, dengan 8 tempat slot untuk perangkat computer, dan 2 tempat untuk pendingin water cooler CPU. Kalau butuh case bling bling dengan fan warna warni, yang ini pasti kelihatan di segala sudut.



Youtube Obengplus


Trend