Security | 21 June 2022

Google keamanan 2 Step Verification email kita mungkin tidak bekerja tanpa Authenticator app



Di bulan Juni 2022, aplikasi atau software email Outlook, Thunderbird dan software lain mulai meminta ulang password Google.
Dan tetap tidak dapat di akses, email dan password sudah benar tapi tidak bisa mengambil email.

Google mulai mengunci layanan email, untuk software / app pihak ketiga.

Sebelumnya mengakses akun Google, atau email cukup mengunakan password.
Password ternyata tidak aman.

Google menempatkan sistem pengamanan dengan notifikasi. Bila kita mengakses dan masuk ke akun Google kita sendiri.
Akan ditanyakan apakah anda yang mengakses, dengan pesan muncul untuk otorisasi di ponsel
Cara ini mungkin belum cukup aman, bisa saja ponsel di curi dan orang lain mencoba membuka akun email dari perangkat lain. Tujuannya tentu saja bukan yang kita pikirkan, bila email kita hanya untuk cipikacipiki. Tapi di kalangan tertentu, email menjadi penting sebagai media komunikasi.

Google meningkatkan keamanan, dengan verifikasi dengan kode tersendiri untuk aplikasi yang mengakses email.
Untuk membuktikan apakah email di akses mengunakan perangkat pemiliknya termasuk aplikasi apa dan perangkat apa

Alasannya sederhana, kurang aman walau mengunakan tahap pengiriman pesan.

Sekarang Google meminta aplikasi email harus mendukung sistem otorisasi OAuth2, metode autentifikasi untuk masuk ke Google, dan ijin mengakses ke Google.
Atau penguna harus mengunakan password khusus untuk App.



Password khusus tersebut digunakan bersama dengan autentikasi dengan sistem 2 faktor ke akun Google.

Masalahnya, sebagian besar aplikasi / software email belum dapat menangani sistem 2 faktor untuk keamanan yang di minta.
Sementara waktu untuk mengakses email akun, lebih aman dari App buatan Google.

Ijin tersebut harus di dapat dengan password khusus untuk software aplikasi email untuk membuka email anda, dan jangan salah bukan password email.

Beberapa penguna belum mengaktifkan fitur 2FA di akun Google mereka.
Itu sebenarnya untuk kebaikan penguna, ketika email dan password dapat dibaca orang lain dan notifikasi bisa saja lolos.
Setidaknya software / aplikasi menjaga sebagai keamanan ketiga.



2FA membantu meningkatkan keamanan akun Google, bukan email kita saja.

Dibuat terpisah menjadi 3 bagian.

1. Password - untuk akun Google dan email seperti biasa.
2. Phone, penguna dengan nomor telepon akan mendapat informasi aktivitas login ketika akun diakses. Termasuk kita dapat tahu ada yang mencoba membuka email dan akun kita. Serta kunci dari aplikasi tersendiri yang membuktikan pemilik sah yang mengakses.
3. Sidik jari dan wajah sebagai tambahan di ponsel.

Tanpa pengesahan dari keamanan kedua, siapa saja bisa masuk ke akun email atau akun Google kita. Hanya mengandalkan password.

Sedangkan keamanan dengan phone, smartphone Android misalnya akan langsung mengirim pesan ke ponsel. Apakah anda baru saja mengakses akun email atau akun Google, dan dapa dijawab Ya atau Tidak.

Minimum mengakses Google, baik perangkat dan email serta layanan lain.
Dibutuhkan atau perlu diaktifkan dengan 2 pemeriksaan, atau mengunakan nomor smartphone kita.
Tetapi untuk aplikasi email dari pihak lain, membutuhkan otorisasi keamanan tambahan tersendiri.

Bila anda merasa belum memiliki ada baiknya diaktifkan

Cara mengaktifkan 2FA
Login ke akun Google
Pilih di bagian Profile (gambar lingkaran kanan atas).
Click Manage your Google Account
Di sisi kiri, lihat keterangan - 2 Step Verification. Dan aktifkan Factor Authentication.

Mengaktifkan akun Google dengan 2 verifikasi

Tampilan dibawah ini, maka dapat sistem proteksi dapat diaktifkan

Protect your account with 2-step verification Google Account



Google memberikan Backup Code
Akun Google dapat di cetak / disimpan dengan 10 kode untuk sekali pakai.
Kode tersebut dapat digunakan, bila penguna kehilangan ponsel, atau aplikasi autentikasi.

Pilihan dengan
Backup Code - dalam bentuk cetakan, bila anda dalam perjalanan dan tidak membawa ponsel yang biasa dipakai.
Google Prompts - menerima peringatan dari Google
Authenticator app - mengunakan aplikasi untuk verifikasi code.
Security Key - kode keamanan untuk login (sign in). Dapat memanfaatkan fitur smartphone dengan bluetooth atau USB port di computer

Belum selesai, butuh App Password
Setelah setting keamanan, satu lagi akan diminta App password.
Disini akhir sistem keamanan Google untuk aplikasi yang dapat mengakses akun kita.

Click dan masukan password Google.
Kita harus mengotorisasi aplikasi apa dan di perangkat apa anda mengunakan akun Google seperti mengakses Gmail dari aplikasi bukan buatan Google.

Google App Password device

Setelah memilih aplikasi, dan pilih perangkat

Click Generate , akan diberi angka acak / random.
Copy kode tersebeut dan masukan di aplikasi email kita

Proses selesai.
App email yang kita pakai dapat menerima dan mengirim email seperti biasa.

Email tidak dapat dibuka walau orang lain bahkan kita sendiri, mencoba mengakses email dari perangkat, aplikasi yang tidak terdaftar.
Repot, tentu saja. Tapi ini demi keamanan, mengingat sangat mudah mengambil email dan password.



Google sepertinya harus meningkatkan sistem keamanan akun dan email pengunanya.
Mungkin ada alasan tertentu mengapa Google tiba tiba menaikan tingkat lebih tinggi dengan menambah akses kode dari aplikasi email yang kita gunakan.


Artikel Lain

CCTV merek Dahua dan HikVision digunakan di Ukraina, untuk layanan keamaman kota. Kabarnya menjadi alat mata-mata Rusia, melewati pemerintah China. Sehingga Rusia dapat melakukan serangan ke beberapa kota di Ukraina, apa benar demikian.

Search engine Google memiliki fitur Search Image. Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan adalah mencari gambar yang mirip. Misalnya anda memiliki foto yang dibuat sendiri dan mempublikasikan. Agustus 2023 Google memberitahu dengan notifikasi. Oktober 2023 fitur Fact vs Fake, mencari sumber foto apakah di daur ulang dari foto lama



Yahoo mail masih bertahan, dengan kapasitas storage 1TB untuk email. Dokumen, foto dan lainnya akan dipisah dan dilihat mengunakan folder Documents dan Photos. Tapi email terkait dengan file yang diterima.

Google drive adalah layanan Cloud Gratis sampai 15GB. Aturan baru di bulan Desember 2021, Google mulai mengambil langkah tegas pelanggaran konten yang disebarkan. Januari 2021 Google Drive membantu scan file berbahaya, dengan peringatan sebelum di download

Cara memeriksa file online file App Android atau program Windows. Dapat memeriksa ukuran file 650MB (2023). 4 layanan dapat digunakan memeriksa apakah file terinfeksi dan menganggu computer OS Windows. Tahun 2023, tambahan pemeriksaan Cyber Threat Intelligence (CTI) dengan IP Criminal.

Aplikasi Google Phone sekarang dapat merekam panggilan dari nomor tak dikenal secara otomatis. Rekaman panggilan adalah fitur bermanfaat dan dapat berguna dalam situasi tertentu. Sementara software telepon dari produsen smartphone telah lebih dulu, Google Phone terlihat lebih baik.

Storage smartphone penuh, tapi tidak tahu penyebabnya. Smartphone mengunakan cache dan temporary file, kadang file tertinggal di smartphone tanpa terlihat. Aplikasi membersihkan file dari internal memory, dapat melihat file apa yang tertinggal dan membuat storage penuh.



Google Meet update Instant Meeting Januari 2021.  Tampilan layar 2x2 menjadi 4x4 atau 49 peserta dapat ditampilkan langsung pada layar. Menghilangkan gangguan suara latar belakang, dan gambar lebih jelas dalam pencahayaan rendah. Terintegrasi dengan Gmail untuk bergabung atau membuat grup Google meet

Ketika menginstall aplikasi, akan diberitahu Permission. Aplikasi akan memberikan informasi apa yang dibutuhkan untuk mengakses aplikasi, apakah di Baca. Google mengumumkan aplikasi nakal siap siap dikeluarkan. Update Juli 2019. Aplikasi dari India meminta Permission tidak masuk akal. Walau di block tetap bisa mengambil data dari smartphone.

Mungkin kita bertanya. Apakah smartphone dapat dilacak. Atau perlatan smartphone dan computer bisa menunjukan posisi seseorang. Penguna smartphone Android sebenarnya dapat dilacak keberadaannya bila smartphone aktif. Tapi kita merendahkan teknologi digital. Percayalah, smartphone sangat mudah di lacak oleh orang lain. Update 2019

fRute Google Maps dapat dipindah ke smartphone. Menjadi peta jalan permanen dan disimpan dalam bentuk file GPX. Untuk ekspor rute Google Maps ke GPX, sebelumnya tersedia di layanan Google Maps. Tapi sekarang terlihat sudah dihapus. Untuk mencopy rute peta Google Maps masih ada tip lain. Sehingga rute jalan yang dibuat, di ekspor ke file GPS dan dapat dilihat di smartphone Android


Youtube Obengplus


Trend
No popular articles found.