Ukuran baterai 4680 dan 21700 untuk mobil listrik


   Technology | 2 June 2022


Tesla baterai 4680 cukup untuk produksi 1000 kendaraan perminggu Oktober 2023
Produsen Tesla telah mencapai produksi baterai ukuran 4680 yang cukup.
Ukuran baterai 4680 yang diusulkan Tesla pada tahun 2020, dibuat oleh Tesla sendiri.
Memungkinkan kapasitas baterai lebih besar dibanding ukuran 18650 dan 2170.


Setelah di umumkan Desember 2022, baterai ukuran 4680 dapat mengurangi biaya baterai separuh.
Pabrik Gigafactory di Texas telah memproduksi 20 juta baterai.
10 juta baterai 4680 terakhir di produksi dalam 16 minggu terakhir.

Artinya produksi baterai Tesla dapat membuat 625 ribu unit baterai perminggu.
Kapasitas baterai Tesla 4680 mencapai 26Ah.

Panasonic telah mengirim baterai 4680 ke Tesla Juni 2022
Pabrik baterai Panasonic telah mengirim baterai untuk di uji ke perusahaan mobil listrik Tesla.

Baterai ukuran lebih besar untuk kendaraan yang membutuhkan baterai lebih kuat.

Jalur percontohan, dibuat pertama kali di Jepang, memungkinkan untuk memulai produksi prototipe skala besar pada bulan Mei.
Rencana Tesla sudah dibicarakan di tahun 2020, untuk membuat baterai lebih besar, lebih kuat, jarak kendaraan lebih jauh dengan ukuran baterai 4680.

Pabrik Tesla dengan Gigafactory di Texas telah memproduksi baterai ukuran tersebut. Tapi Tesla membutuhkan lebih banyak baterai yang dipasok mitranya.
Baterai Panasonic akan di coba Tesla, bila terbukti lebih baik maka Panasonic akan berinvestasi untuk produksi masal.
Tesla sendiri meminta Panasonic mempercepat pengembangan baterai 4680.

Pabrik contoh di Jepang telah membuat baterai  dalam skala besar Mei 2022.Tapi produksi masal dilakukan Maret 2023.
Mobil Tesla Y terbaru akan di produksi di pabrik Gigafactory memerlukan baterai 4680. Mungkin juga akan digunakan untuk Tesla Cybertruck

Ukuran baterai lebih besar, dapat menyimpan energi 5x lebih banyak.
Unit baterai dapat dikurangi, dan biaya baterai dapat turun 10-20% lebih murah.
Mengingat satu mobil listrik, 30% adalah biaya baterai.

Ukuran baterai lithium mobil listrik tipe 2170



Tesla buat standar baterai kendaraan listrik baterai 4680 2020 September
Produsen mobil listrik Tesla memperkenalkan sel baterai yang disebut baterai 4680 lithium.
Angka ukuran baterai lithium 4680 menunjukan lebar 46mm dan panjang 80mm
Ukuran baterai lebih besar, memiliki kapasitas baterai 6x lebih besar dari generasi sebelumnya, dan 5x menampung energi lebih banyak.

Dengan kapasitas yang sama, baterai baru mampu menambah jarak 16% lebih jauh.
Biaya baterai baru sedikit lebih murah, 14% lebih hemat untuk per kWh

Ukuran baterai lithium mobil listrik tipe 4680

Peneliti Tesla menujukan kemampuan baterai baru dapat bertahan dengan 15.000 x charger.
Setara perjalanan kendaraan sejauh 3,5 juta km untuk mobil listrik Tesla.
Jeff Dahn dan peneliti di laboratorium melakukan test selama 3 tahun dengan 10.000x charger.
Sampai disimpulkan baterai mampu bertahan lebih lama.

Daya tahan baterai Tesla tidak terjadi degradasi walau digunakan sampai kapasitas 25 - 50%. Seperti kebiasaan orang mengunakan kendaraan listrik dan mengisi ulang baterai sebelum habis.
Rata rata kendaraan berjalan 45km setiap hari.

Sebeluma ada ke khawatiran bila baterai digunakan untuk power listrik dirumah. Baterai dapat mengalami degradasi akibat sering dipakai dan di charge.

Tetapi disain baterai baru dapat memperbaiki masalah tersebut.

Kedepan kendaraan Tesla dapat melakukan pengisian dua arah. Yang memungkinkan power masuk dan keluar dari baterai mobil Tesla.

Dibawah ini test dengan berbeda kondisi, dari maksimum 4.1V, 4,2V dan 4.3V.

daya tahan baterai lithium tipe 4680


Pemasok baterai proudsen mobil Tesla adalah Panasonic 2019 April
Panasonic sedang mempertimbangkan untuk memindahkan jalur produksi sel baterai tipe 18650 , yang saat ini memasok sel untuk Model S dan Model X Tesla, ke produksi ukuran baterai 2170 sel, menurut laporan harian Jepang.

Tesla masih mengunakan ukuran baterai 18650 sel baterai Li-ion silinder di kendaraannya.

Ukuran baterai yang sama dengan sel di laptop dan beberapa perangkat elektronik lainnya.

Pasokannya sebagian besar berasal dari pabrik baterai Panasonic di Jepang.

Pada tahun 2017, Panasonic mulai memproduksi format sel baterai 21700 yang baru untuk Model 3 baru Tesla di pabrik Gigafactory 1 Nevada.

Desain sel baterai 2017 tersebut memiliki ukuran lebih besar sehingga memungkinkan kepadatan energi lebih tinggi dan paket baterai Tesla yang terbuat dari 21700 sel mampu menghasilkan tingkat pengisian daya yang lebih cepat.

Sementara perusahaan raksasa elektronik Jepang ini juga terus memasok Tesla dengan 18650 sel dari Jepang untuk program Model S dan Model X.

Sekarang, menurut sebuah laporan baru di surat kabar Nikkan Kogyo Jepang, Panasonic mempertimbangkan berinvestasi dalam meningkatkan jalur produksi sel 18650 di Jepang untuk membuat sel 2170 yang lebih baru yang dikembangkan oleh Tesla.

Laporan itu menyatakan bahwa langkah itu akan dilakukan pada akhir tahun fiskal.
Panasonic mengomentari laporan itu untuk mengatakan bahwa "belum ada keputusan" saat ini.

Laporan ini muncul setelah laporan kami sendiri tentang Tesla Model S dan Model X yang sedang berlangsung, yang juga dapat mencakup perpindahan dari arsitektur paket baterai berdasarkan 18650 sel ke 2170 sel yang lebih baru.

Baru-baru ini, CEO Tesla Elon Musk mengatakan bahwa produksi sel baterai Tesla Gigafactory 1 masih terbatas sekitar 23 GWh meskipun investasi dalam kapasitas 35 GWh.
Informasi ini bukan konfirmasi resmi bahwa Tesla mengganti  baterai Model S dan Model X ke 2170 sel, tetapi kelihatannya mengarah ke sana.

Tesla tentu saja menggunakan lebih banyak kapasitas produksi 2170 sel untuk Model 3 dan Model Y, masalah yang lebih besar jika Panasonic mengalihkan jalur 18650 yang ada ke sana, Model S dan Model X tidak akan memiliki pasokan sel.

Saya juga berpikir bahwa kita akan melihat Tesla menyetujui lebih banyak pemasok sel baterai untuk kendaraannya segera. Elon memang menyebutkan bahwa akan ada yang baru untuk Gigafactory 3 di Shanghai segera.

Seperti yang sering kami katakan, mengamankan pasokan baterai sangat penting untuk produksi massal kendaraan listrik.

Perbedaan ukuran baterai 2170 dan 18650
Ukuran baterai 18650 memiliki panjang 64mm x 18mm
Ukuran baterai 2170 memiliki panjang 70mm x 21mm

Ukuran baterai lithium mobil listrik tipe 2170

Kabar baik bila mobil listrik mengunakan tipe baterai 2170. Dengan kapasitas lebih besar, maka jarak kendaraan mobil listrik akan memiliki jarak tempuh lebih jauh.
Kendaraan lain seperti sepeda listrik masih mengunakan ukuran 18650. Perbedaan ukuran baterai membuat pemisahan antara kendaraan besar dan kecil.
Ketersediaan baterai tentu tidak saling menganggu, setidaknya dimulai oleh produsen Tesla.

Artikel Lain

Baterai Nitecore NL2160 dan NL2160HP 21700 memiliki kapasitas 6000mAh. Satu model baterai tipe low drain, dan satu model high drain. Memiliki nominal output 3,6V, tapi masuk model kapasitas baterai 21700 terbesar yang ditawarkan.

Kendaraan listrik, mobil listrik tidak memiliki persneling. Sistem yang sulit di tangani oleh pemadam biasa. Perlu alat khusus untuk memadamkan di bagian baterai. Kendala kedua tempat parkir, setelah runtuhnya tempat parkir di kota New York. Ada ke khawatiran kejadian dapat terulang dimana  saja, ketika struktur gedung tua tidak siap

Setelah Rimac C2, model terbaru tampil Rimac Nevera. Tidak berbeda pada jarak tempuh sampai 450 km sebelum baterai di isi ulang. Tidak masalah untuk mengisi baterai cukup 19 menit dari 0 -80% kapasitas baterai.

Intel tidak menyebut angka nm untuk produksi chip procesor, digantikan ke angka Intel7, Intel4 dan Intel3. Perubahan disain procesor terbaru mengunakan penyinaran EUV atau Extreme Ultraviolet. Procesor menjanjikan kinerja meningkat sampai 20 persen lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

Baterai Betavolt BV100 dapat menyimpan energi selama 50 tahun, tidak perlu di charge ulang. Pengembangan baterai dari limbah nuklir yang disebut baterai berlian dapat bekerja ribuan tahun. Mengurangi limbah nuklir dan memanfaatkan radiasi menjadi energi

Tidak hanya power bank smartphone. Produk mobil dilengkapi baterai cadangan. Perusahaan ZipCharge telah memulai debut pengisi daya EV portabel. Memberikan tambahan power baterai untuk jarak 30-60km di mobil listrik.

Beberapa teknologi, mundur di awal pengunaan teknologi smartphone. Harddisk salah satu perangkat yang akan ditinggalkan. Siapa yang membutuhkan baterai backup. Jaringan 4G tidak lama pindah lagi akan ke 5G. Plasma TV yang boros power lenyap.

Bila suatu hari memiliki kendaraan mobil listrik, jangan khawatir dengan baterai. Data yang diambil dari kapasitas baterai mobil listrik 4 tahun lalu, masih mencapai 88%. Bahkan produsen membuat kapasitas baterai tidak sampai 100% penuh, untuk menjaga kondisi baterai tetap baik dan umur panjang. Apa yang menarik dari data kendaraan listrik.

Tesla dapat dirancang untuk baterai backup di rumah atau kalangan bisnis. Bisa saja baterai backup Tesla dijadikan penyuplai power mobil listrik. Dan kelebihan power digunakan untuk lampu rumah pada malam hari atau digunakan untuk mengisi baterai mobil listrik



Youtube Obengplus


Trend