Keyboard Corsair K70 RGB TKL mekanik switch gaming opto-mechanic perbedaannya


   Hardware | 8 April 2022

Corsair menawarkan seri keyboard baru disain kompak.

Tidak memiliki numerik pad disisi kanan keyboard. Tapi yang membedakan model Corsair K70 RGB TKL, disain Opto Mechanical OPX Switch.

Teorinya lebih akurat, walau harganya mungkin lebih mahal dari generasi keyboard Cherry MX sebelumnya.
Menyusul Cherry MX Low Profile, dan model switch baru OPX atau Opto Mechanic

Keyboard dengan switch OPX sudah tersentuh atau aktif pada tekanan tut 1mm.

Dibanding Cherry MX Red untuk keyboard gaming, baru aktif bila keyboard switch ditekan sampai 2mm.

Produsen menyebut daya tahan keyboad mencapai 150 juta ketukan, dibanding keyboard mekanik generasi sebelumnya antara 50 - 100 juta ketukan.
Diatas kertas keyboard dengan switch OPX lebih tahan lama.

Keyboard OPX switch sudah terpasang pada keyboard Corsair K100 RGB, dan mendapat respon yang baik.

Dalam dunia nyata, kecepatan sensor keyboard mekanik hanya dalam hitungan ms, mungkin tidak berbeda jauh dalam dunia game.
Yang perlu diperhatikan, reaksi pegas atau per di bawah keyboard OPX lebih tinggi dibanding model Cherry MX.
Menjaga tut keyboard tidak langsung aktif walau tangan sudah berada di atas tut keyboard.

Perbedaan keyboard Opto-Mechanic dengan sistem switch mekanik.
Keyboard mekanik mengunakan switch seperti pegas, layaknya skalar lampu untuk mengaktifkan tut keyboard. Membuat tekanan keyboard lebih dalam sampai switch aktif.
Suara akan terdengar ketika keyboard ditekan, karena perpindahan switch
Walau ada beberapa varian, dari Red Brown switch disebutkan lebih berisik karena efek tactical, dan Red yang lebih senyap tanpa efek tactical.

Keyboard optical / Opti Mechanic tidak mengunakan switch, melainkan cahaya yang terhalang ketika tut ditekan akan mengaktifkan switch keyboard
Tekanan jari pada keyboard tetap menimbulkan suara, tidak ada switch yang menahan dan penahan hanya sebuah pegas (per), walau daya tahan keyboard lebih baik.

Kebutuhan tentu dari penguna, apakah memilih model switch mekanik atau sistem optik switch.

Corsair K70 RGB TKL memiliki tambahan dengan keyboard K, Wheel button untuk volume dan tombol lain dan terhubung melalui USB C saja.
DIbutuhkan power USB C yang lebih besar dibanding keyboard USB standar.

Makro keyboard dapat di kontrol melalui software, dan dapat di aktifkan atau noaktifkan dengan sebuah tombol. Total 50 profil keyboard makro dapat di rekam.

Berapa harga Corsair K70 RGB TKL, cukup lumayan, disain tidak berbeda dengan varian switch Cherry MX.

Corsair K70 RGB TKL
Size (L×W×H):     36.0 × 16.4 × 4.0cm
Layout: 88 ISO (extended)
Weight: 930g
Cable: 1.82m USB/Type-C USB (modular)
Key Rollover: N-KRO
Counter: Cherry MX Silent (Red) / Speed ??Silver
Keys: Shape: cylindrical
Material: PBT plastic Marking: double-shot molding
Additional keys: 5 × media, 3 × extra, scroll wheel (volume)
Media Features: Mute, volume, play/pause, next/previous
Additional functions: Switch profiles, brightness (adjust, switch off), gaming mode
Lighting: Color: RGB
Modes: Breathing Effect, Wave Effect, Reactive Mode, Circumferential Activation, Gaming Lighting, Color Loop
Other: Custom LED Profiles
Macros & Programming: 8,192 kB, 50 profiles, hardware playback fully programmable.

Keyboard Corsair K70 RGB TKL

Artikel Lain

Produsen keyboard switch Cherry MX menawarkan keyboard Cherry KC 200 MX. Perbedaan mengunakan switch generasi baru MX2A. Ketukan keyboard lebih mulus dibanding switch generasi sebelumnya. Tapi tidak untuk modder, cocok untuk penguna keyboard minimalis

Gskill KM250 memiliki tut keyboard berbeda dibanding seri keyboard sebelumnya.Mengunakan bahan PBT dual injek di keycap, dapat di lepas pasang, mengunakan koneksi USB C dengan USB 2.0.Tombol tidak selengkap model full keyboard, tapi hanya 67 keycap saja.



Produsen switch keyboard mekanik kembali meluncurkan disain switch lama yang disebut Nixie. Model baru disebut Cherry MX Black Clear Top, dan switch tersebut seperti keyboard di tahun 80an. Dibuat perusahaan Jerman Nixdorf dan digunakan sebagai keyboard di computer mini, server sampai terminal.

Keyboard mekanik model lama, mungkin ada masalah di switch. Keyboard premium, komponen penganti dari tutup keyboard dan switch keyboard sudah dijual. Penguna dapat berpindah dari model switch Blue, Brown, Red atau menganti switch yang rusak. Bila switch bermasalah dapat diperbaiki sendiri karena komponen sudah tersedia.

Cherry MX Ergo Clear, kombinasi Cherry MX Brown yang dikenal untuk keyboard mengetik dan Cherry MX Clear. Cherry MX Low Profile Tactile switch keyboard flat tampil Juni 2022. Cherry Viola tut switch keyboard lebih murah alias budget keyboard.

Keyboard GSkill releases KM360 TKL disain keyboard mekanik kompak. Tidak memiliki bagian arrow dan numerik di sisi kanan keyboard. Mengunakan switch buatan Cherry MX, lampu RGB LED dan bodi bagian atas aluminium. Total 87 tut keyboard.

Harga keyboard mekanik jauh lebih mahal dibanding keyboard biasa, bahkan harga keyboard mekanik paling murah tidak pernah berada di atas keyboard standar. satu keyboard mekanik ini disebut keyboard Koyu.



Corsair K68 RGB adalah keyboard untuk desktop PC tipe mekanik keyboard. Mengunakan standar IP32 Water Resistant, dan dilengkapi lampu LED RGB. Tidak masalah bila terkena tumpahan air diatas keyboard



Youtube Obengplus

Trend