Misi MAV Mars Ascent Vehicle mengambil batuan Mars kirim ke Bumi itu mahal


   Science | 1 April 2022

2024 Januari
Proyek miliaran dollar membuat orang menyebut kebakaran di tempat sampah katanya.
Nasa sudah mengirim rover, mengirim helikopter yang dapat terbang di planet Mars.
Rover bertugas mengambil batuan, sekarang bagaimana membawa pulang ke Bumi untuk diteliti.

Kini kacau, anggaran membengkak. Jadwal tidak realistis untuk misi Mars Sample Return (MSR).
Badan peninjau Nasa menyebut biayanya $8-11 miliar untuk satu misi tersebut, peluang mengirim perangkat ke Mars tahun 2027-2028 = 0.
Bahkan proyek dapat mundur sampai tahun 2033.

Ceritanya, sebuah rover untuk peluncur rocket akan mendarat di Mars, dibantu rover lain untuk memungut batuan dari robot Perseverance.
Modul tabung batuan Mars akan diterbangkan ke atas planet. Dan diambil lagi sebuah pesawat ruang angkasa rancangan ESA, yang membawa ke Bumi.
Itu cerita sederhananya

Dari 1300 teknisi dan insinyur yang bekerja untuk misi MSR, sebagian telah keluar. 100 kontraktor juga telah dihentikan.
Masalah dana untuk tahun 2024 menjadi kendala.
Misi MSR salah satu bagian untuk mengirim astronot ke Mars, masalah anggaran apakah sepandan.

2023 Juli
Misi Nasa terkendala dengan anggaran.

Hanya mendapat $25 milar untuk tahun 2024, dan kurang dari $2 miliar dari anggaran 2023.
Kadang satu misi Nasa dapat melewati anggaran yang sudah ditentukan, tahun depan malah berkuran.

Misi terbesar, mengirim kembali manusia ke Bulan. Tapi perhatian utama yang menghadang untuk mengirim batuan dari Mars ke Bumi.
Misi MSR Mars Sample Return adalah misi paling rumit yang pernah di rancang oleh Nasa.
Melibatkan rancangan pengorbit, pendarat, 2 helikopter di Mars, roket untuk ke Mars. Rancangan pertama Nasa dan ESA sudah mencapai $7 miliar.
Peren

canaan dibuat bertahap, setiap tahun menghabiskan dana lebih dari $200 juta, untuk target misi tahun 2028.

2022 April
Rover Perseverance sukses setelah di planet Mars dan berjalan melakukan penelitian ilmiah di awal tahun 2021.
Rover berhasil mengambil sampel tanah di planet Mars.
Rover juga membantu melakukan uji coba helikopter terbang di dunia lain, tentu saja terbang di Mars.

Perseverance mengambil sampel yang tertutup tabung titanium. Tujuan nanti, sampel dapat dikirim untuk di teliti lebih lanjut di Bumi.
Masalahnya, bagaimana mengirim sampel pulang.



Operasi gabungan NASA dan ESA akan menjadi tantangan teknis yang luar biasa, membuat tim memutuskan untuk menyederhanakan berbagai hal dan berbagi teknologi peluncuran.

Menurunkan rover seperti robot dan instrumen peneliti di sebuah planet saja sudah rumit.
Badan antariksa Eropa ESA pernah mengirim sebuah probe. Jatuh karena salah perhitungan membuka parasut terlembat dibuka.

Hal kritis ketika perangkat diturunkan dan mendarat ke permukaan planet lain, bila gagal maka instrumen jatuh dan hancur.
Nasa melakukan semuanya dengan baik selama misi Curiosity dan Perseverance, kedua robot memiliki bobot yang besar.
Tapi Nasa tidak memiliki pengalaman membawa apapun keluar dari sebuah planet lain.

Sementara kandungan batuan di teliti secara langsung dengan sederhana di rover Perseverance. Tapi penetian yang dilakukan terbatas, dan perlu diteliti langsung di Bumi. Misal mencari jejak organik yang "siapa tahu" pernah ada yang hidup dan menjadi fosil.

Berbicara mengambil sampel tanah, sama saja mengirim sebuah unit roket kecil yang dapat terbang disana.
Dan sampai di atas, harus diambil oleh spacecraft atau langsung dikirim pulang mendekat ke Bumi.
Ini yang sedang dipikirkan kedua badan antariksa ESA Eropa dan Nasa Amerika

Nasa yang mengirim rover Perseverance sudah mencoba-coba seperti apa rancangan mengambil sampel kembali ke Bumi.
Ternyata apa yang dibayangkan sebelumnya tidak menjamin bekerja dengan baik.

Sedangkan koleksi batuan yang sudah dikumpulkan terus bertambah, tersimpan di robot Perseverance.
Rover membawa 43 tabung penyimpan, nanti 5 tabung akan diambil dan kembali ke Bumi.
Meneliti batuan Mars menjadi hal penting bagi ilmu pengetahuan di Bumi.

Mendapatkan sampel-sampel itu kembali ke Bumi dapat meningkatkan pengetahuan manusia tentang seperti apa kondisi planet merah.
Dengan sampel murni di Bumi, kami dapat melakukan lebih banyak pengujian.

Rencana awalnya adalah mengirim dalam satu misi untuk dua unit perangkat.
Satu unit mengeluarkan dan mengambil tabung dan satu unit mengirim ke luar orbit Mars.
Setelah unit berhasil keluar orbit Mars, akan dijemput sebuah pesawat ruang angkasa lain.

Rencana Nasa sebelumnya telah menyiapkan disain, bahkan jauh hari di tahun 2011.


Disain mengirim satu penjelajah dan unit pengirim juga dilombakan 2017.
Tapi rencana berubah setelah melihat ada kendala teknis.

<>Rencana akhir, satu unit rover akan bertemu dengan robot Perseverance, mengambil tabung yang disimpan, kemudian memuatnya ke unit peluncuran roket untuk dikirim keluar dari planet Mars. Selesai, seperti itu skenario MAV

Misi Mars Ascent Vehicle (MAV) rancangan Nasa mengambil dan membawa tabung tersebut ke luar orbit Mars
Tabung akan dijemput pesawat Earth Return Orbiter ESA dan perjalanan dimulai pulang ke Bumi.
Tetapi tidak semudah itu juga.

Bobot di planet Mars memang lebih ringan 38% dari bobot gravitasi di Bumi, sebenarnya tidak masalah untuk ukuran roket pendorong kecil

Tapi rencana perusahaan Lockheed Martin yang di kontrak Nasa, membuat unit MAV. Lockheed Martin kesulitan dengan jadwal yang ditentukan Nasa.
Setidaknya instrumen yang mengirim nanti, harus di rancang, diuji dan test akhir di Bumi sebelum dikirim ke Mars.

Nasa juga meminta MAV dibuat seringan dan kompak.
Kemampuan roket yang membawa keluar orbit tidak lebih dari 400kg, dan mampu membawa tabung kargo seberat 15-16kg.Itu masalah perusahaan Lockheed Martin, yang mungkin kesulitan secara teknis membantu Nasa.

Dalam presentasi baru-baru ini (2022), Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi sains di NASA, mengumumkan Nasa akan memisahkan pengiriman rover dan MAV.

Sebelum Perseverance mendarat, NASA telah memikirkan misi pendukung untuk mengirim kedua mesin bersamaan. Tapi membutuhkan teknologi roket dengan ruang lebih besar.

Rencana baru yang diumumkan Zurbuchen, MAV dan rover akan melakukan perjalanan secara terpisah, mengunakan teknologi pendaratan ke Mars seperti berhasil dilakukan Curiosity dan Perseverance sebelumnya.

Dana pengiriman balik sampel mencapai 3 miliar dollar. Tapi analis independen memperkirakan jumlah dapat membengkak diatas 4,4 miliar dollar.

MAV Mission

Kapan Bumi peneliti dapat melihat batuan langsung yang di bawah dari Mars.
Misi tersebut membutuhkan waktu sangat lama.
Bila semua instrumen siap dikirim, maka pengiriman instrumen dengan roket dari Bumi paling cepat tahun 2028.


Jadi batas waktu pengambilan tabung yang sudah dikumpulkan bisa kembali ke Bumi tahun 2033.

Seperti itulah teknologi manusia menjelajah di ruang angkasa, bahkan untuk meneliti planet di sebelah Bumi membutuhkan tahapan yang rumit dan waktu sangat lama.

Artikel Lain

Pesawat ruang angkasa New Horizons melewati jarak 50AU. Masuk urutan ke 5 setelah Voyager dan Pioneer. Pengamatan utama meneliti planet Pluto selesai. Misi selanjutnya meneliti wilayah Heliospause dan dampak angin matahari di tepi tata surya kita.

Agustus 2023, Nasa mencoba kirim rover untuk menanjak ke gunung Sharp. Foto awan di planet Mars tinggi 60km Mei 2021. Rover Curiosity mengambil foto selfie di planet Mars Oktober 2020. Robot terlihat sudah berdebu terkena material. Bagian roda robot terlihat berlubang setelah ekspedisi dilakukan sampai sekarang.



Di tahun 2021 NASA mengirim sebuah pesawat ruang angkasa. Tujuannya berbeda bukan untuk menjelajah, tapi menabrak dirinya ke sebuah asteroid kembar. Dua asteroid biner disebut Didymos-Dimorphos, dicoba untuk di geser.

Sebuah kotak terbungkus warna emas dibawa disimpan di dalam sasis robot Perseverance. Peralatan tersebut akan membuka salah satu kunci dari tantangan manusia menjelajah ke planet Mars. Tim MIT tetap menguji dengan kondisi alam di Mars, khususnya pada akhir musim.

Setelah renana bertahun-tahun, roket Artemis 1 siap diluncurkan Agustus 2022. Menguji modul Orion untuk terbang mendekati Bulan, tapi misi percobaan tersebut tidak membawa astronot. Masih 1 tahap untuk menguji membawa astronot dan terakhir baru mendarat

Voyager 1 sudah di konfirmasi NASA sudah meninggalkan tata surya. Voyager 2 akan di oprek agar power bekerja untuk instrumen. Voyager 2 memasuki Heliospause. Keduanya telah 46 tahun melakukan perjalanan ruang angkasa. Sempat rusak sejak awal tahun 2022, tapi kembali diaktifkan.

Penampakan lain yang tidak biasa tertangkap penjelajah Mars Perseverance NASA. Kali ini objek ditemukan dan tertangkap di camera penghindar sisi kanan. Mengambil gambar seperti tali, dan penguna internet menyebut spageti galaksi, berada di sebelah batu.



Rover Zhurong telah di planet Mars, menjadi robot kedua selain milik Nasa. Mengunakan tenaga panel surya, diharapkan dapat bekerja dari 90 hari. Tetapi itu perkiraan, bisa saja rover bekerja lebih lama untuk menjelajah planet Mars. Cerita Rover Opportunity bahkan bekerja selama 15 tahun.

Rover Mars 2020 adalah robot yang akan dikirim ke planet Mars. 3 antena dari rover untuk komunikasi ke Mars. Tugas mengumpulkan sampel batuan dan analisa lingkungan di planet Mars, dan sampel dikirim kembali ke Bumi untuk dipelajari. Dari 7 rover milik Nasa, hanyarover Perseverance yang memiliki kemampuan khusus membawa paling banyak instrumen di planet Mars.

DSN 43 tangani misi Mars 2020 Perseverance Feb 2021. DSN 43 menjadi antena paling kuat dari 14 antena komunikasi pesawat ruang angkasa. Yang ini bukan antena komunikasi biasa seperti komunikasi satelit dan pesawat, tapi untuk komunikasi pesawat ruang angkasa. DSN atau Deep Space Network adalah sistem antena yang berada di 3 negara.

Laporan cuaca di planet Mars, termasuk ada ribuan gempa di Mars terakhir mencapai 4SR. Misi Insight mungkin tidak lama lagi, panel surya tertutup debu hanya menghasilkan 25% power. Peneliti menyimpulkan inti planet Mars lebih cair dan licin.

Robot Curiosity sedang jalan jalan di planet Mars. . Dengan 130 shot foto dari camera MastCams dan lebarnya 30 ribu pixel.2 tahun berlalu. Rekaman selama 5 tahun robot Curiosity jalan jalan di planet Mars. Seperti apa gerhana matahari di planet Mars



Youtube Obengplus

Trend