Teknologi transformer diganti chip AC ke DC Amber Solutions apakah adaptor akan punah


   Technology | 7 January 2022

Kematian transformer, apa yang terjadi ketika sebuah perangkat membutuhkan arus DC dari arus listrik AC

Setelah memasuki abad ke 21, era teknologi mobil listrik dimulai. Satu lagi perangkat yang akan hilang mungkin sebuah transformer atau yang kita kenal dengan adaptor penguna arus AC ke DC

Perkembangan teknologi AC Direct DC Enabler adalah solusi solid-state untuk catu daya AC-DC di masa mendatang.
Walau sekarang sudah ada, tapi belum banyak digunakan, khususnya lampu LED yang masih mengunakan transformator.

Catu daya biasanya akan mengubah listrik AC menjadi tegangan DC melalui sebuah transformator, yang penyearahkan arus, atau penyaringan

Kedepan chip AC Direct DC Enabler buatan Amber Solutions dapat melakukannya tanpa komponen elektromekanis teknologi lama.
Arus listrik dapat di ekstrasi menjadi DC langsung dengan arsitek solid state.

Amber Solutions mengatakan teknologi mengarah ke ukuran yang jauh lebih kecil, dan pengiriman daya yang jauh lebih dinamis dan dapat dikonfigurasi.
Membuat chip Amber Ac Direct DC Enable.

Sebelumnya perusahaan Amber Solutions membuat Amber AC Direct LED. Memberikan power lebih kecil untuk lampu LED, usia pakai lebih lama, tidak hilangnya power, dan input yang terpisah

Dibawah ini perbandingan sebuah adaptor dengan transformer konvesional dengan chip Solid State.
Ukuran dari 7,5cm dapat diperkecil menjadi 2cm, kedepan dapat di integrasikan seluruh komponen chip ke satu chip utama.

Chip merubah arus AC ke DC langsung

Hal lain yang menarik.
Bila sebuah chip kecil berukuran kecil nantinya dapat merubah arus AC ke DC langsung.
Memungkinkan produsen lain membuat kecerdasan modern dan difungsikan ke produk baru.
Setelah semua mengunakan chip, teknologi transformer atau adaptor AC ke DC dengan teknik analog yang tidak efisien dapat dikurangi.
Sebuah perangkat dapat dimanfaatkan untuk sistem kontrol energi yang terintegrasi.
Terjadinya korsleting akibat terjadi panas berlebihan atau terjadinya komponen yang rusak, sangat mungkin akan berkurang.

Biaya produksi
Tentu

lebih murah, 50% komponen akan hilang dari teknologi AC ke DC dengan konverter adaptor.

Amber Solutions membayangkan sebuah dunia di mana setiap switch sirkuit, stopkontak, sakelar lampu, peralatan, dan banyak lagi dapat tertanam dengan kecerdasan berbasis silikon Amber.

Chip memungkinkan konektivitas dan komunikasi secara real-time, memberikan wawasan yang belum pernah terjadi sebelumnya tentang penggunaan energi, skema kontrol baru seperti terintegrasi kontrol suara dan bahkan berpotensi mengurangi biaya asuransi karena korsleting listrik yang tidak pernah di duga.

Amber Power Silicon memiliki disain solid-state Amber saat ini berukuran 28x13mm, kedepan akan diperkecil hanya 20x10mm.
Listrik AC 110-230V dapat masuk ke chip silikon kemudian menghasilkan arus 5V DC atau tegangan lain.

Spesifikasi dari chip Amber Solutions


    Daya output – 0,2W hingga 15W
    Tegangan input dinamis – 50V - 480V (AC)
    Tegangan output sesuai kebutuhan perangkat dari 3.3V, 5V, 12V, atau berapapun
    Kepadatan daya tertinggi pada 5W per inci kubik
    Proteksi short-circuit, overload, overheating
    Sertifikasi keamanan UL

Tidak dijelaskan apakah nantinya chip Amber Solutions dapat dikembangkan lebih luas.
Seperti peralatan rumah tangga biasa, sementara banyak perangkat elektronik akan berkualitas dari telepon, Box TV, lampu LED, sirkuit computer mini kelas pemula dan lainnya dapat mengandalkan chip kecil tersebut.
Memungkinkan arus AC terhubung ke board di PCB, dibanding mengunakan power dari luar untuk mendapatkan arus DC.
Salah satu pelanggan pertama Amber adalah Infineon Technologies.

Chip AC ke DC belum tampil di tahun 2022, tapi baru disiapkan pada tahun 2023 mendatang. Tergantung bagaimana produsen perangkat elektronik mengadopsi teknologi Amber.

Teknologi lampu LED dengan chip AC ke DC sudah dapat ditemukan saat ini. Masalahnya daya tahan yang belum menjanjikan. Kadang chip sangat mudah rusak ketika lampu di nyala matikan.
Belum diketahui, apakah chip Amber Solutions mampu memecahkan tantangan tersebut.

Artikel Lain

Bila masih menyimpan flashdisk model lama. Dapat diperiksa apakah masih mengunakan chip MLC atau SLC. Flash drive generasi lama lebih handal untuk lifecycle penulisan data. Flash disk dapat diperiksa mengunakan program. Awas flash drive dengan chip cacat dijual lagi

Fitur tambahan dengan 2 output DisplayPort. Keduanya mengunakan controller dari USB4 ASM4242 kecepatan transfer 40Gbps. 2 port USB 4 memberikan power maksimum 20V 3A, total 60W. Dukungan USB 80Gbps mulai diberikan oleh Microsoft Windows 11 Insider



Kebutuhan produksi chip tipe CoWos adalah chip dengan sistem tumpuk, dan lebih rumit dibanding produksi chiplet. Kapasitas GPU yang ditingkatkan untuk menanam sistem tumpuk, sampai memory ada di dalam chip. AMD dan Nvidia kabar mencadangkan pengemasan chip CoWoS dalam 2 tahun mendatang.

Intel mengusulkan arsitektur x86-S untuk instruksi CPU yang lebih sederhana dan lebih efisien. Bila dibuat, menjadi akhir dari rancangan procesor PC yang kompatibel dengan x86. Fitur 16 bit akan hilang selamanya, sedangkan program 32 bit tidak masalah sampai saat ini setelah di perkenalkan tahun 1978.

Perusahaan Toshiba rencananya akan dijual ke grup perusahaan investasi. Masih menunggu ijin dari otoritas untuk meloloskan penjualan tersebut. Bila ijin diberikan, nama Toshiba akan dihapus dari bursa. Teknologi untuk produk konsumer yang dipegang adalah sebagai satu satunya produsen pembuat harddisk MAMR kapasitas 20TB

Menu Pause USB Power Delivery ada di beberapa ponsel Android. Baru terlihat jelas di Galaxy S23, tapi untuk apa fitur tersebut. Ketika smartphone bekerja di Game dan procesor panas. kombinasi pengisian baterai dan kinerja CPU, berdampak ke baterai. Kabar sudah tersedia di Galaxy S21, Z Fold 2, Fold 3, Fold 4, Galaxy A73 5G

Adaptor Charger SuperVooc 240W digunakan untuk Realme. Harga adaptor charger 50W Mini SuperVOOC tidak murah. Tahun 2020 AirVooc, charger SuperVOOC 50W, SuperVOOC 110W dan SuperVooc 125W. Adaptor charger dibuat tipis masuk kantong, dengan tebal 1,05cm.



Adaptor charger Lenovo Thinkplus Lipstick 100W GaN yang dirancang khusus untuk mengisi baterai PC notebook serta smartphone. Adaptor memiliki output maksimum 100W. Lenovo Thinkplus Lipstick 100W mengunakan teknologi charger gallium nitride generasi 3. Bentuk yang ringkas dimensi 73x30x35mm.

ColdSNAP, SNAP singkatan dari proses arsitektur nano superhydrophobic, menggabungkan lapisan unik dikembangkan di universitas. Semakin banyak AC digunakan, walau di dalam ruangan pemilik AC menjadi dingin. Tetapi di luar ruangan menjadi panas. Teknologi ColdSNAP hanya membutuhkan power 25% dan air saja.

Jerman usulan ke Uni Eropa, aturan ponsel dapat bertahan 7 tahun. Standar pengisian baterai smartphone dengan USB-C resmi disetujui. Tujuannya untuk menekan sampah elektronik dan penguna tidak perlu ketika menganti ponsel. Lebih baik komponen elektronik mengunakan port adaptor seragam.

Peneliti mendapatkan formula cat yang memantulkan panas matahari. Membuat suhu di sekitar yang dilapisi cat dapat lebih dingin mengembalikan cahaya infra merah dan ultraviolet 95,5%. Cat untuk atap rumah, jalan akan lebih dingin, pemakaian AC yang mengunakan listrik besar dapat dihemat.



Youtube Obengplus

Trend