Teknologi LG layar TV transparan terlihat depan dan belakang


Technology | 28 December 2021


Setelah menampilkan teknologi layar OLED yang melengkung pada Desember 2021.
LG menampilkan sebuah teknologi baru layar tembus pandang.

Bentuk layar TV yang sebagian dibuat transparan di bidang pandang kita. Hanya layar dengan bingkai tipis sebagai frame.

Gambar di layar dapat dilihat dari sisi depan dan belakang. Dibanding teknologi LCD bahkan OLED, layar umumnya ditutup di sisi belakang.
LCD TV mengunakan lampu untuk membiaskan gambar dari layar, sedangkan OLED ditutup agar menjaga bingkai dan bagian belakang layar.

Layar OLED tidak memerlukan intensitas cahaya seperti backlight di layar LCD.

OLED menghasilkan cahaya sendiri, tapi disain sebelumnya tetap mengunakan layar ditutup di bagian belakang sesuai jenis perangkat. Seperti layar notebook, display mini atau layar TV.

Yang baru, disain TV tembus pandang ini akan menampilkan gambar, sekaligus melihat di sisi belakang layar.

Konsep layar transparan bukan baru tapi ukurannya lebih besar, Shopping Managing Showcase merupakan bingkai OLED transparan.
Dapat dipasang sebagai pajangan untuk menarik orang yang lewat.

LG Show Windows.
Ide serupa dibuat dari 4 panel layar OLED transparan ukuran 55 inci. Membuat jendela terlihat hidup dan orang yang melihat mendapatkan informasi dari sebuah produk di toko konvensional.



Smart Windows.
Dibuat untuk kantor dan ruang rapat. Dapat mengantikan jendela di ruang rapat atau menambah suasana di ruang kantor yang memerlukan display.

OLED Shelf
Mengabungkan 2 layar OLED di atas dan bawah sehingga membentuk satu layar.

Semua rancangan tersebut masih dalam konsep.
Tinggal menunggu apakah ada yang membeli panel ukuran besar tersebut sebagai layar estalase atau dipasang untuk ruang rapat.

LG TV OLED layar transparan ini bukan teknologi baru.


Tapi memanfaatkan kemampuan panel OLED di bidang lain, selain unit display di sebuah perangkat

TV Tembus pandang LG OLED

Artikel Lain

SD 9.1 SDcard dengan kecepatan maksimum 2GB/s (Oktober 2023). SDUC kapasitas 2TB atau lebih besar ukuran SDcard dan microSD. Memory card SD Express lebih cepat dari card UHS-II dan kompatibel dengan SDcard standar. Kecepatan tranfer lebih cepat dari SSD computer dalam sebuah SD card. SD Express dapat dimulai 2TB. Mengunakan teknologi protokol PCIe seperti NVMe memory card. microSD ada batas panas untuk bekerja.

Monitor Hisense E8K memiliki lebar diagonal layar 100 inci. Teknologi panel ULED X dengan lampu miniLED. Mendukung Freesync, dengan kecepatan layar 144Hz. Untuk resolusi memang tidak tanggung, mengikut standar TV layar besar 4K, dan susunan warna sampai 1 juta warna.



Kelemahan monitor LCD adalah warna, dari tahun ke tahun tidak banyak perubahan, dan layar tidak dapat mencapai warna hitam sempurna. Produsen panel LG Display menyiapkan disain panel baru disebut IPS Black. Untuk meningkatkan kontras gambar, sementara untuk segmen profesional seperti kelas editing.

Pilih DDR5 karena murah dan lebih cepat. Samsung membawa teknologi DDR5 memory DDR5-8000 kapasitas 48GB permodul. Teknologi saat ini memberi disain chip tumpuk atau lapisan. 2023 RAM PC dapat terpasang sampai 192GB 4 modul RAM untuk DDR5, AMD pertama, motherboard Intel menyusul

TV di luar ruangan tentu harus melawan cahaya matahari di siang hari. Roku EP400AB55R dapat dipasang di ruang teras rumah atau tipe TV outdoor. Memiliki panel dirancang khusus standar IP55. Kaca pelindung tempraglass, dan kecerahan layar 700 nits agar gambar terlihat disiang hari.

Redmi Max 100 memiliki lebar layar sampai 2,5 meter. Dengan kecepatan refresh rate 120Hz, mendukung WIFI 6 dan 4 speaker. Produsen TV dari China memang menarik. Merek Hisense menawarkan TV ukuran 65 inci dengan resolusi layar 4K

Teknologi QLED monitor dengan micro LED belum murah, Samsung menyiapkan teknologi baru QD OLED. Kali ini dibuat untuk TV dan Monitor berbasis panel OLED display. Seperti disain layar smartphone menengah keatas, mengunakan layar OLED, tampil untuk TV dan monitor



Youtube Obengplus

Trend