SSD Cooler ElecGear M11 NVMe yang bikin kita geleng kepala


   Shortstory | 18 December 2021


Beberapa SSD M.2-2280 kelas ultra-high-end cenderung terlalu panas di bawah beban tinggi
Penguna cenderung mengamankan di bagian chip SSD dengan pendingin.

Banyak cooler pendingin SSD NVMe di jual bebas dengan kemampuan tinggi.
Tapi yang satu ini bikin anda geleng kepala, karena sangat bagus.

ElecGear M11 tidak seperti cooler pasif di SSD NVMe. Atau sekedar pendingin untuk SSD dengan plat heatsink aluminium di computer anda.



ElecGear M11 mengunakan sebuah heatpipe untuk penghantar panas. Dan di bagian pendingin mengunakan fan RaidSonic.



Cooler ElecGear M11 SSD NVMe

Heatsink aluminium ditempatkan untuk meredam panas dari sisi atas dan bawah.
Sebuah heatpipe ukuran 6mm akan kontak langsung ke bagian chip SSD.
Suhu dingin ditahan oleh pipa tembaga dari suhu dingin di bagian heatsink diatas ke bagian chip, dan putaran pendingin fan 30mm  9300RPM.
Fan mengunakan sistem kontrol PWM.

Dan pabrikan tersebut menempatkan 2 lapis termal paste dengan bantalan heatsink pendingin di heatsink.

Dari spesifikasi ElecGear M11, suhu panas chip SSD dapat diredam lebih rendah antara 12 - 25 deg.C dibawah suhu normal.
Khususnya penguna SSD dengan interface terbaru PCIe 4.0 x4 kira kira membutuhkan pendingin kelas ini.
Mengingat kecepatan transfer chip begitu tinggi mencapai 7GB perdetik. Nanti PCIe 5 akan bekerja lebih tinggi lagi dari generasi PCIe 4.0. Tentu chip akan lebih panas dari generasi SSD NVMe sekarang.

ElecGear M11 menjadi cooler terbesar yang ada di pasaran, tercatat pada Desember 2021.
Bila ada yang ingin mengunakan cooler kelas ini, misalnya untuk menjaga kinerja SSD dengan suhu lebih rendah.
Hal yang perlu diperhatikan dari ukuran, apakah tempat memadai di case computer.

Kendala lain, karena putaran fan cukup tinggi, menghasilkan kebisingan antara 25 - 30dBA. Fan kecil mungkin tidak terlalu berisik dengan putaran rendah, tapi akan terdengar seperti suara dengungan di dalam case.
Harga

pendingin SSD ElecGear M11 $35.

Artikel Lain

2023 produsen storage chip NAND masih menunggu rilis SSD NVMe PCIe 5 berkecepatan tinggi. Thermalright HR-10 2280 Pro pendingin SSD mengunakan 4 heatpipe, dengan berat sekitar 100g. Model sebelumnya HR-10 standar hanya mengunakan 2 heatpipe tanpa fan.

Kingston NV2 seri SSD kelas pemula dengan harga lebih hemat. Rilis 4TB bulan April 2023. Mengunakan controller Phison PS5021-E21 dirancang Bufferless. Cocok untuk pemakaian biasa, yang tidak intensif write data besar. Seperti PC, notebook standar, yang membutuhkan kecepatan transfer dengan SSD.



AMD turunkan procesor Ryzen 7 7700X dan Ryzen 7 7800X3D. Ryzen 7000 non X lebih hemat power dibatasi 65W. AMD mengatakan masalah BIOS sudah diperbaiki, termasuk Ryzen 7000 kinerja procesor mencapai 90.degC walau tidak melewati 95 deg.C. Satu procesor masih misteri AMD Ryzen 5 7500F terjawab untuk Asia.

Cougar FORZA 85 heatsink pendingin tipe silent, mengunakan fan tipe MHP120. Memberikan pendingin maksimum pada kisi pendingin, tapi bekerja tanpa suara bising atau ultra silent.

Heatsink di kelas procesor gaming sampai high performa. Procesor perlu tetap bekerja pada suhu serendah mungkin. Be Quit Pure Rock 2 masuk kelas budget heatsink dengan pendingin lebih baik. Dengan 4 heatpipe dan silent fan. Rancangan 150 TDP untuk procesor Intel dan AMD

Corsair A500 adalah heatsink pendingin procesor. Yang ini agak berbeda dengan performa heatsink high end, karena mampu menangani procesor cukup panas. Berat cooler Corsair A500 mencapai 1,5kg. Cooler tersebut dapat dipasangkan untuk procesor tipe socket AMD FM1, FM2, AM3, AM4 dan Intel LGA 115x, 2011 (-3) and 2066



Youtube Obengplus

Trend