Satelit cuaca awan hujan arus angin realtime tingkat UV Indonesia


   Technology | 23 November 2021




Foto satelit Himawari Jepang
Satelit Himawari mengorbit di atas wilayah Jepang termasuk Indonesia.


Satelit pemantau cuaca Himawari 8 mengirim data gambar dengan resolusi tinggi.
Dan satelit cuaca realtime yang diperbarui dalam hitungan menit.

Foto Bumi 14MB realtime foto ukuran bumi penuh dari satelit Himawari 8

Earth Wind Map

Adalah layanan situs peta yang menampilkan arus angin dan cuaca secara global di seluruh dunia.

Memperlihatkan gerakan angin dan laju arah angin secara realtime. Dengan grafik dan gambar bumi 3 dimensi.

Garis kuning adalah garis angin kencang, dan garis merah disebutkan sebagai arus badai.

Data gambar dibawah ini dimiliki oleh NOAA atau badan cuaca Amerika. Peta selalu diupdate dalam selang waktu 3 jam.

Di gambar bawah, bisa di geser dengan mouse untuk map.

Click pada garis angin untuk data kecepatan angin.




Foto satelit cuaca Himawari 8

Satelit cuaca Himawari 8 adalah sateli cuaca untuk data awan dan kadar air.

Memiliki camera resolusi paling tinggi di kelas satelit cuaca.

Waktu satelit menunjukan waktu GMT, untuk waktu Indonesia ditambah +7 jam dari waktu WIB

Merah menandakan awan hujan, biru muda warna awan

Dibawah ini adalah gambar citra satelit realtime dengan pola hujan dan awan. Foto realtime berdasarkan citra, sensor, instrumen, kandungan air, suhu



Foto satelit realtime Himawari 8 cuaca awan hujan


Multi visibilitas imagery Himawari



Foto awan hujan dari satelit

Untuk mengetahui kandungan air dan wilayah yang mungkin hujan dapat dilihat dari data satelit JMA

Area merah adalah ketebalan awan tinggi yang dapat menimbulkan hujan lebat.

+ www.data.jma.go.jp/mscweb/data/himawari

Foto citra sattelit Himawari untuk gambar awan.

Himawari 8 satelit cuaca

Data satelit monitor badai Siklon Jepang wilayah Asia

Peta data siklon dari badan cuaca Jepang

 


Citra satelit CIRA RAMB belahan Asia dapat dilihat di cira.colostate.edu

Citra satelit GOES-17 untuk wilayah belahan Amerika

Artikel Lain

Juli 2024, peneliti astronomi mencatat satelit Starlink DTC lebih terang di langit. Juli 2023, fotografer NatGeo memperlihatkan ini satelit yang sedang beriringan seperti bintang berjalan. Starlink jajaran satelit broadband. Jaringan satelit internet di seluruh dunia melalui satelit.

Beberapa negara di wilayah Asia Pasifik seperti Myanmar, Kamboja, Thailand, Filipina bahkan India. Telah mengalami suhu ekstrem jauh diatas rata rata. Indonesia belum mendapatkan suhu ekstrem seperti negara tetangga. Manila mencapai 38,8 degC, Kamboja dan Thailand mencapai 46 deg.C

Perusahaan SatVu baru meluncurkan satelit Hotsat 1. Gambar pertama dari satelit memperlihatkan gambar termal dari permukaan di kota seperti rumah, jalan. Tujuan satelit membantu peneliti memperbaiki rancangan kota lebih baik serta bidang lainnya.

Tahun 2020 sistem satelit navigasi Beidu telah lengkap. Tahun 2022 untuk standar penerbangan. Menjadi opsi sistem cadangan bila terjadi gangguan sinyal satelit navigasi. keunggulan ada di sinyal satelit dan posisi beberapa satelit geostasioner di satu wilayah.

Amazon mendapat ijin satelit internet broadband. Peluncuran jaringan satelit Kuiper dalam 5 tahun, mengkontrak 3 perusahaan roket dari ESA, US dan Amazon sendiri. 3000 satelit. Menawarkan 3 ukuran antena kecepatan 100Mbps sampai 1Gbps

Program Noirlab2301 melakukan pengamatan selama 2 tahun, untuk membuat katalog isi Bima Sakti. Dengan bidang 130 derajat di langit saja telah memtakan atau mendapat 3,3 miliar objek termasuk bintang, nebula dan lainnya  yang ada di lengan galaksi. Semua titik seperti debu tersebut adalah bintang.

Satelit Bluewalker 3 untuk jaringan 5G membentang panel surya penuh, ukuran 64 meter persegi. Nanti menjadi konstelasi Bluebird, dengan total 100 satelit. Astronom mengatakan itu akan menganggu peneriman sinyal teleskop radio. Masalahnya jaringan Bluebirds digunakan untuk komunikasi 5G.

Satelit SJ-21 disebutkan mengambil satelit lain di ruang angkasa. Dan dilempar ke orbit tinggi mencapai 300km. Satelit SJ-21 milik China tersebut menangkap satelit Baidu yang tidak bekerja. Dan dipindahkan orbitnya ke tempat aman.

Setidaknya ada 3 jenis awan membawa hujan. Dengan melihat bentuk visual, dapat diperkirakan akan turun hujan. Seperti awan Cumulonimbus dipastikan akan terjadi hujan dalam hitungan jam.

Satelit cuaca GOES-16 dan GOES-17 mampu mengambil gambar setiap 30 detik. 2 satelit cuaca memantau secara realtime petir di permukaan Bumi, meningkatkan peringatan dini dengan badai dan tornado dan kondisi cuaca lainnya.

Dari ketinggian 34 ribu km, disana terdapat satelit cuaca Himawari-8. Mengambil gambar untuk peringatan cuaca, seperti topan yang berada di Asia dengan resolusi tinggi 5500x5500 pixel. Keunggulan satelit Himawari dapat mengambil foto setiap 10 menit, atau rata rata sehari mengirim gambar cuaca 144 gambar

Nasa telah menyumbang 2 instrumen penelitian dengan camera untuk melihat kondisi cuaca. Disebut Deep Space Climate Observatory atau DSCOVR. Camera tersebut diluncurkan paada tahun Januari 2015. Apa yang dapat dilihat, bumi dengan resolusi tajam dan bumi akan terlihat online.

4 Oktober 2015, satelit Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer (MODIS) dari satelit Terra milik Nasa menangkap gambar arus asap di pulau Sumatra Selatan. Satelit Terra dapat memantau arah arus asap dengan pencitraan satelit.



Youtube Obengplus


Trend