Kota kuno hilang ditemukan dengan LIDAR dan rasi bintang


Stuff | 29 September 2021


2021 September kota Tikal mengunakan teknologi LIDAR
Kota kuno Tikal ditemukan seperti kota miniatur Teotihuacan yang letaknya ratusan km dari penemuan sebelumnya.

Kota lain disebut Tikal berada 1200km di Guatemala, tapi ukurannya lebih kecil.
Penemuan gambar dibawah ini belum di eksplorasi, karena diawal pencarian para arkeolog mengira hanya ada perbukitan.

Setelah diteliti lebih lanjut terdapat struktur sebuah lanskape bangunana.
Tim peneliti Pacunam LIdar Initiative mengunakan teknik lidar untuk pengindaraan berbasis sinar laser, dan membuat gambar 3D.

Tim di darat dipimpin arkeolog Guatemala Edwin Roman menyelusuri situs yang luasnya 62 hektar.
Mereka menemukan daerah tertutup, seperti piramida di sisi timur.
Dan beberapa bangunan kecil yang berada dibawah tanah.

Kota Tidal Guatemala

Penemuan melihat sejarah kuno, Teotihuacan ternyata berpengaruh sampai jauh atau seribu km dari peradaban kuno.
Tapi masa damai tidak lama, setelah Teotihuacan menaklukan Tikal tahun 378.
Dalam catatan sejarah, suku Maya dan Teotihuacan diperkirakan tidak terlalu dekat, tapi penemuan komplek Tikal menunjukan adanya hubungan yang kuat.

Karena struktur bangunan di kota Tikal seperti milik budaya Teotihuacan. Banyak ditemukan benda peninggalan kuno di reruntuhan struktur bangunan kota Tikal yang kecil tersebut.




2016 Mei kota Maya ditemukan dengan rasi bintang
Seorang pelajar dari Kanada baru berusia 15 tahun. Dia mengatakan telah menemukan sebuah kota kuno atau kota Maya yang hilang di Amerika Tengah. Mengunakan teknik tidak biasa dari arkeologi, tapi mengunakan rasi bintang.

William Gadoury tertarik dengan arkeologi setelah melihat terbitan kalender yang mengungkap dunia akan berakhir pada 21-12-2012.

Dari ketertarikannya, dia malah dapat melihat kota kuno yang ada di Google Maps.

William mempelajari konstelasi bintang dan peta kota Maya dalam waktu berjam jam. Sampai dia menyadari keduanya saling terkait.



Bintang paling terang di kontelasi yang ditaruh diatas peta ternyata lokasinya hampir tepat dengan posisi kota Maya terbesar. Harian Telegraph dan BBC melaporkan, tidak ada arkeologi lain menemukan korelasi antara rasi bintang dengan posisi kota Maya tersebut.

William mengatakan berdasarkan 3 bintang yang dilihat ternyata ada 1 kota yang belum ditemukan.
Peta kota kuno Maya berhubungan dengan 117 kota Maya di Meksiko, Guetamala, Honduras, dan El Salvador berdasarkan rasi bintang.

Dia mampu dari rasi bintang nomor 23 di satu rasi bintang dengan 3 bintang. 2 kota sudah ditemukan, tapi satu kota belum masuk catatan arkeologi atau belum temukan.

Sampai akhirnya dia mengunakan lapisan transparan untuk menentukan lokasi kota lain yang dilupakan oleh tim arkeologi. Ternyata lokasinya ada di dalam hutan semenanjung Yucatan Meksiko.

Doktor Armand La Rocque dari universitas Brunswick mengatakan gambar yang dilihat memang menunjukan bekas jaringan jalan, dan luasnya kemungkinan besar adalah lokasi piramida kuno.

Penemuan William mendapat perhatian dari Daniel De Lisle badan antariksa Kanada, yang memberikan bantuan gambar foto satelit dari ruang angkasa resolusi tinggi dan Google Maps. Citra satelit yang di dapat menunjukan sebuah piramida tersembunyi di dalam hutan. Dan diyakini piramida tersebut adalah kota kuno suku Maya dengan di kelilingi 30 struktur lebih kecil.
William memberikan nama kota yang ditemukan nanti sebagai Kaak Chi atau mulut api.

Kota Maya yang hilang ditemukan remaja 15 tahun dengan cara unik

Sekarang penemuan telah dibuat, langkah berikutnya adalah mencari keberadaan kota tesrebut. Karena lokasinya jauh di daerah pedalaman akhirnya William bisa menghubingi tim arkeologi Meksiko. Dan berharap dapat ikut ambil bagian dalam penemuan candi kuno yang dia perkirakan ada.

Artikel Lain

Manusia modern bertahan sampai saat ini, menjadi mahluk penguasa bumi. Apakah nenek moyang kita adalah satu satunya homo sapien yang ada dan berasal sama. Berdasarkan penemuan benda purbakala, Homo Florensiensis terpisah dari Homo Erectus. Manusia modern lebih cepat 100.000 tahun sudah hadir lebih cepat

Situs kaisar pertama Qin Shi dengan patung terakota, baru sepertiga yang di buka. Tetapi bagian makam utama tidak pernah dibuka. Beberapa alasan para arkeologi tidak berani membuka, ada catatan sejarah bila di makam tersebut sangat berbahaya. Layaknya cerita sebuah film fiksi.



Disebut kota hantu, karena penduduk tidak pindah kesana. Ada yang terlalu mahal dijual, kebanyakan tidak tertarik pindah ke kota baru. Satu shopping mall terbesar, sekarang sudah tidak berpenghuni lagi. 30 tahun rencana memindahkan penduduk kota ke kota baru gagal.

Untuk pertama kali, para arkeolog telah memetakan sebuah kota Romawi kuno tanpa menggali menggunakan teknologi ground-penetrating radar (GPR). Teknik ini tidak akan merusak peninggalan yang diteliti, tetapi mengungkapkan detail 2D dan 3D. Lengkap sebuah kota kuno 241 sebelum Masehi

Dengan satelit Nasa, mengunakan pencintraan inframerah dapat terlihat sebuah kota yang hilang di Mesir. Disebut kota Tapis sebagai peninggalan Mesir bersejarah. Tidak hanya kota, ditemukan 17 piramida yang terkubur di kota tersebut. Kota Tapis dikenal dalam film Lost Ark Indiana Jones.

Catatan astronomi kuno ternyata sudah melihat supernova. Seperti catatan SN 185 dari astronomi China, SN 1054 sebagai catatan nebula kepiting dan SN 1006 ketika sebuah bintang sangat terang terjadi. Catatan filsafat tersebut menyebutkan, sebagian besar di utara, kadang di selatan. Bentuk bintang bintang muncul dan bersinar selama hampir 3 bulan, lalu perlahan redup dan menghilang.

Fenghuang adalah kota kuno terletak di sudut barat daya provinsi Hunan China dan ditengahnya melintas sungai tua Jiang Tuo. Kota ini terawat baik, dan tidak tersentuh modernisasi, mempertahankan bahasa yang unik, serta istiadatnya. Struktur bangunan masih lengkap dengan khas gaya Ming dan Qing.



Youtube Obengplus

Trend