Windows 10 Built 2004 bug memperpendek usia SSD CHKDSK pencegahan


Security | 28 August 2020


2020 Desember bug CHKDSK
CHKDSK untuk memeriksa harddisk error, seperti terjadi listrik padam dan OS Windows akan memeriksa ulang dengan Check Disk.
Pemeriksaan tersebut membuat system Windows Corrupt atau BSOD (Windows Crash). Bug hanya terjadi di OS Windows terbaru, dan Microsoft sudah mengumumkan tertanggal 8 Des 2020 dengan solusi dibawah ini.

The bug supposedly introduced with KB4592438 affects Windows 10 versions 2004 and 20H2, and causes the chkdsk /f command to affect file systems adversely, resulting in blue screens (BSOD) and corruption of the file system in the worst case. The issue seemingly affects SSDs and can be reproduced even when run on a virtual machine (VM). Microsoft has now acknowledged the issue, documented a workaround, and has begun rolling out a fix.
The Redmond firm has updated the list of known issues for KB4592438 and KB4586853 with a workaround for the error for those devices that are able to start up. Here are the steps that are to be performed:

    Your device will likely enter the Recovery Console after failing to start on multiple occasions. From here, select Advanced Options.
    Now, select Command Prompt from the list of actions.
    When the Command Prompt opens, run chkdsk /f, which is the CHKDSK repair command.
    Allow CHKDSK to complete its scan and repair any corrupt files. When the scan finishes, input exit.
    If your system reboots into the Recovery Console, select Exit and Continue to Windows 10.

Kasus CHKDSK terkait dengan masalah yang sama seperti di SSD.
Beberapa forum hardware Jerman dan lainnya, SSD mereka mengalami kerusakan (Crash) bila mengeksekusi chkdsk /f di drive C.
Admin disana melaporkan masalah update muncul setelah memperbarui ke versi Windows 10 64-bit Desember 2020
Windows 10 Bluecreen akan tertera keterangan - NTFS_FILE_SYSTEM . Membuat System OS tidak bisa Boot.

2020 Agustus bug SSD
Microsoft memperkenalkan Windows 10 2004 update Mei tahun 2020.


Microsoft mengirimkan errata (bug aneh) yang mungkin memperpendek umur SSD dari update terbaru.
Bila anda sering melakukan Reboot computer, dan mengunakan Windows 10 Built 2004 dan storage SSD. Bisa saja SSD anda melakukan hal yang tidak perlu untuk melakukan Defrag.

Teorinya, SSD tidak perlu dilakukan Defrag. Karena tidak ada yang perlu dirapihkan untuk mempercepat kinerja SSD.
Berbeda dengan harddisk kadang perlu dilakukan Defrag agar mempercepat membaca data.

Masalahnya, seberapa sering computer dilakukan Reboot.

Kabar baik, Microsoft sedang memperbaiki Errata tersebut. Dan Microsoft Windows 10 tidak melakukan hal yang tidak perlu lagi sampai sering membaca tulis data ke storage SSD.



Ini gambaran dari bug Windows 10 Built 2004 lalu. Tepatnya dirilis pada update bulan Mei 2020.
Ketika computer melakukan Reboot.
Sistem OS Windows 10 Built 2004 tidak mencatat waktu, dan kembali melakukan Defrag.

Sering melakukan Defrag ke SSD dapat memperpendek usia SSD.
Karena computer juga melakukan reboot setiap hari, Windows 10 2004 akan melakukan Defrag ulang.
Tentu aktivitas OS Windows 10 seperti itu sama sekali tidak perlu dilakukan. Tetapi computer juga tidak sering melakukan Reboot setiap hari.

Baca cara setting SSD dengan TRIM

Walau kita tidak perlu khawatir dengan bug di Windows 10 2004.
Sejauh ini usia SSD cukup terbukti memiliki umur panjang, dan jauh dari hal yang kita takuti ketika menulis data ke chip terlalu banyak bukan masalah.
Bahkan SSD dengan chip TLC terbukti handal dengan usia pemakaian, walau SSD sering dilakukan Reboot.

Microsoft telah menyiapkan update Windows 10 19042.487 dan masalah reboot Windows yang melakukan defrag akan diselesaikan kedepannya.

When you open the tool,  you will see that your SSD drive says it 'Needs Optimization' even though you've manually optimized the drives already or automatic maintenance was run this morning.

Tip untuk mengetahui proses Optimized Windows
Di system and security, Security Maintenance, Automatic Maintenance
Lihat dibagian Optimize Drive, dan Scheduled Optimization otomatis bekerja sendiri atau di Run Schedule On, dapat di Off.


Stop Windows Defrag SSD

Artikel Lain

Storage smartphone penuh, tapi tidak tahu penyebabnya. Smartphone mengunakan cache dan temporary file, kadang file tertinggal di smartphone tanpa terlihat. Aplikasi membersihkan file dari internal memory, dapat melihat file apa yang tertinggal dan membuat storage penuh.

Jika Anda menggunakan PC atau laptop Windows 10 untuk bermain game, maka tergantung pada game yang anda mainkan kinerja grafik dan mouse mungkin agak menurun minggu ini. Jika demikian, Microsoft yang harus disalahkan. Update membuat performa mouse dan tampilan grafik menurun. Microsoft minta tidak di install bila memiliki masalah



Dijawab debu tidak menyebabkan short di sirkuit board computer, tetapi bisa membuat komponen bekerja terlalu panas. Debu menghalangi proses pendinginan dari fan computer. Apa alasannya debu yang menempel di komponen computer belum tentu merusak langsung



Youtube Obengplus

Trend