Halaman

1. Photomerge untuk foto panorama dengan Photoshop

2. Photoshop Stacking mengabung  beberapa foto menjadi fokus satu foto

Photoshop  photo stack untuk fokus bagian Photo

Fungsi Stack dapat dimanfaatkan untuk membuat beberapa gambar foto disatukan dalam satu gambar.

Membuat foto menjadi fokus pada objek yang ditentukan.

Membuaf foto produk dengan camera DSLR sangat memudahkan mengambil beberapa titik fokus yang di inginkan. Atau teknik membuat foto makanan, kemasan dan lainnya.

Sehingga sebuah foto tidak hanya tampak tajam di bagian depan, tapi di seluruh gambar atau setidaknya bagian depan sampai ke bagian tengah gambar akan terlihat jelas.

Teknik yang disebut foto stacking atau Photo stack memerlukan beberapa foto lalu digabung menjadi satu.

Cara pengabungan dapat mengunakan software computer seperti Photoshop.

Sebagai contoh gambar dibawah ini. Bila dibuat dengan satu foto dengan gambar tajam. seperti setting camera dengan f3,5. Maka gambar akan sangat jelas, tapi hanya dibagian yang difokus saja. Misal hanya tampak depan.

Sedangkan tampak belakang akan blur atau tidak fokus.

Bagaimana membuat foto tajam dan jelas di bagian depan dan belakang dibawah ini.

Posisikan camera dengan fokus di bagian belakang, lalu ambil satu foto.
Dilanjutkan sedikit ke depan, dan lebih kedepan lagi, terus sampai ke bagian paling depan. Seperti gambar diberikan nomor foto 1,2,3,4.

Atau kita dapat mengatur camera untuk fokus ke beberapa point yang dibuat tampak lebih jelas.

Click gambar memperbesar

Cara membuat multi fokus dari beberapa foto menjadi satu

Hasil foto pengabungan dari beberapa foto nanti di olah dengan software Adobe Photoshop CC atau software lain.

Gambar yang tampak menjadi sangat tajam, seperti bagian gigi sepeda dibawah ini memperlihatkan sisi tengah gambar akan terlihat bersih.

Hasil foto fokus mengabung beberapa foto menjadi satu foto


Teknik membuat foto sudah dijelaskan sebelumnya. Dengan membuat foto dengan berbagai titik fokus yang diinginkan.

Sekarang mengolahnya gambar dari beberapa foto tersebut menjadi satu.






Photoshop dengan Stack Photo foto Clone

Fungsi Stack dapat dimanfaatkan untuk membuat beberapa gambar foto disatukan dalam satu gambar menjadi foto Clone

Bedanya dengan Photoshop Merger dan Photoshop Stack
Photo Merger adalah mengabungkan beberapa foto atau lebih menjadi panorama. Gambar dibuat lebih luas dan menyambung foto dibantu oleh software Photoshop secara otomatis
Photo Stack untuk menumpuk beberapa gambar menjadi satu gambar. Yang ini dapat dimanfaatkan untuk duplikasi objek.

Fungsinya Stack bisa bermacam macam, misalnya mengedit warna foto, membuat efek gambar dalam layer. Kali ini fitur Stack digunakan untuk menampilkan seri foto menjadi satu dengan efek multi gambar sebuah objek. Mirip seperti foto action, seperti seseorang mengunakan smartphone lalu mengambil gambar terus menerus dari objek yang sedang beraksi.

Seperti sering dilihat beberapa fotographer olahraga membuat foto motor , sepeda, yang melompat dan terlihat lintasannya.

Atau seorang fotographer membuat gambar di satu perempatan jalan yang sangat sepi. Diambil beberapa foto dalam jedah tertentu, dan mengambil foto dari orang yang sedang berjalan Seluruh foto di edit dan semua orang dimasukan dalam satu gambar. Hasilnya pada foto akan memerlihatkan suasana jalan yang ramai.


Atau kebalikannya membuat foto seperti daerah yang kosong. Misal membuat foto jalan kendaraan dapat diambil beberapa foto. Lalu di proses dengan software Photoshop. Mengunakan teknik Content Aware, dapat menghilangkan mobil ketika foto digabung

Untuk contoh dibawah ini diambil dengan satu lintasan dari pelari yang diambil dari camera secara beruntun untuk membuat foto Clone. Dengan jedah beberapa 2 detik maka dibuat 5 foto di tempat yang sama. Bedanya ada orang serta objek si pelari yang sedang melintas. Ke 5 foto akan digabung menjadi satu, masalahnya ketika mengambil gambar tidak mengunakan tripod. Jadi gambar agak bergeser.

Percobaan dibawah ini mengunakan Adobe Photoshop CC



Untuk menumpuk ke 5 gambar tersebut agar sejajar sama digunakan fitur Stack seperti dibawah ini



Masukan semua nama file foto yang akan digabung. Karena posisi ke 5 gambar mungkin agak bergeser, di click bagian Auto Align dan Photoshop akan mengatur menjadi satu bidang yang sama



Setelah proses selesai, dimulai dengan angka file paling kecil adalah gambar pelari dari kiri sebagai layer pertama (DSC_0257) tampil dibagian atas Disusul gambar kedua sebagai lapis ke 2 nomor 258 dan seterusnya.
Karena ada pergeseran, maka gambar terlihat ada sisi kosong di tepi gambar. Dan dibuang dengan meng Crop gambar.




Karena foto Stack adalah pengabungan gambar dalam bentuk lapisan. Lapisan paling depan harus dibuang agar si pelari saja yang tampil. Pilih dahulu nama di layer kanan yang paling depan dengan nomor 257




Gunakan Lasso Tool dan tekan tombol ALT lalu gerakan mouse di sekitar pelari.



Selesai di lingkari, lalu tekan Select -> Inverse
Artinya gambar yang dilingkari diatas dibalik dan dipilih gambar yang diluar lingkaran lasso.
Lalu tekan Edit -> Cut , atau bisa lebih cepat dengan menekan CTRL+X
Bagian yang dilingkari akan tertinggal, sedangkan bagian lain diluar lingkaran akan dibuang.



Lakukan hal diatas dari masing masing foto dari nomor 258, 259, 260
Kecuali bagian terakhir yaitu nomor 261 sebagai latar belakang

Hasil stack dari Photoshop dapat tampil seperti dibawah ini. Seakan 1 pelari melintas dengan 5 dirinya dan tampil di satu gambar.




Bila foto memiliki komposisi yang tepat
Bila foto yang dibuat sudah memiliki posisi terpisah. Tidak perlu di potong seperti diatas. Langsung mengunakan perintah Blend untuk Clone foto
Tekniknya hampir sama seperti diatas, hanya pada bagian akhir mengunakan perintah Auto Blend dari semua foto Layer di Photoshop

Contoh video dibawah untuk mengabung sebuah helikopter yang melintas, dan diambil sampai 5 foto. Lalu ke 5 foto akan digabung menjadi satu foto. Jadi objek banyak masuk ke dalam satu foto, teknik ini disebut Blend. Tapi disebut sebagai teknik Clone atau foto kloning.
Bisa saja foto satu orang dibuat jadi banyak. Dan tidak terbatas satu orang, bisa saja 2-3 orang lalu dibuat kembaran lain atau di cloning. Membuat sebuah foto terlihat banyak orang tapi orangnya sama atau itu itu saja.

Teknik Clone Photo dari Photoshop dapat dilihat dibawah ini.





Demikian pembuatan Foto Stack dengan Photoshop.


Akan lebih mudah mengedit dengan efek foto Stack, bila dibagian latar belakang tidak banyak objek yang bergerak. Dan teknik diatas hanya salah satu contoh, aplikasi Photoshop Stack dapat dibuat untuk membuat gambar berbeda. Jadi tidak terbatas untuk pengabungan dari multi foto seperti diatas.

Untuk Android smartphone dapat mengunakan Clone Yourself