Yang ini bagian utama mengapa mengunakan Lightroom


Mulai sesi mengutak utik foto. Biasanya foto penguna camera digital agak bingung. Mengapa mengunakan camera yang mahal dan murah, hasilnya terlihat sama. Hanya berbeda ketajaman, kualitas gambar, tetapi fotonya mirip mirip saja.
Ini rahasianya membuat foto lebih bagus, dengan mengedit dari Lightroom. Bukan camera yang bagus saja bisa menampilkan gambar yang indah. Disini diperlukan seni dari seorang fotographer. Baik warna, ketajaman, efek, pencahayaan dan lainnya. Sebagian besar dapat diatur dan dikeluarkan oleh Adobe Lightroom

Edit foto secara manual dari Lightroom
Sebagai contoh gambar sebuah gedung dengan separuh bidang adalah warna awan di siang hari. Foto yang tampil biasa saja, langitnya yang kurang biru membuat foto dibawah ini tampil biasa.



Setelah di edit dengan Lighroom, tidak terlalu rumit untuk mengeluarkan efek warna yang lebih indah. Gambar awan lebih tampil dan latar belakang lebih biru, serta gedung ditengah lebih terang. Bagaimana membuat foto sederhana ini tampil lebih baik.





Bisa dilihat bagian setting di sebelah kiri layar Lightroom. Gambar dibawah terlihat disisi kiri histogram, setting Temp, Tone, contrast, dan lainnya.

  • Setting gambar disisi kiri adalah setting default ketika gambar belum di edit, tampilan foto masih terlihat biasa.
  • Setting gambar disisi kanan adalah setting setelah di edit untuk menampilkan gambar lebih greng dan mengeluarkan warna serta kontras di sebuah foto.

Cukup mengatur bagian di setting utama dari Lightroom, seperti Temp dan Tint, lalu menaikan Contrast agar warna lebih keluar, Highlight untuk membuat cahaya lebih terang. Menurunkan Shadows untuk membuat efek bayangan dan meningkatkan warna White (putih).
Dan terakhir adalah Clarity (memperjelas gambar terlihat lebih tajam) menjadikan foto biasa tersebut tampil lebih baik.



Pelajaran diatas adalah dasar untuk memperbaiki foto dengan setting utama Adobe Lightroom. Semua menu mengedit gambar di Lightroom ada disisi kanan. Baik temparatur warna, kontas, perubahaan warna dengan Lightroom dan lainnya dapat dirubah dengan fungsi di sisi menu kanan.

Edit lain dibawah ini
Foto aslinya tidak terlalu memancarkan cahaya matahari. Dengan Lightroom cahaya dapat dibuat lebih tampak dari sebuah foto biasa.



Perubahan foto RAW diatas hanya memerlukan perubahan setting warna, menurunakn exposure, tapi kontras dan meningkatkan tone pada dari Lightroom.



Halaman
Cara membuka foto di Lightroom
Optimasi software Lightroom agar lebih cepat bekerja


Ekspor dari Lightroom untuk menyimpan file
Edit foto untuk memperbaiki penampilan dengan Lightroom
Lightroom dengan file JPG, tetap bagus untuk di edit
Merubah warna objek foto di Adobe Lightroom
Koreksi lensa dengan Lightroom agar bentuk foto lurus
Add Preset File untuk Lightroom. Seperti macro untuk setting foto sekali click
Beberapa Tips untuk Lightroom
Menambahkan lokasi GPS pada foto dengan Lightroom
Foto panorama gabungan foto menjadi satu foto di Lightroom CC 6.4
Memindahkan folder foto ke folder lain Lightroom CC
Edit video dengan Lightroom
Lightroom Reset and Auto Setting