Aplikasi Deep Sleep Battery Saver untuk Android ini agak unik. Aplikasi ini dirancang untuk menghemat baterai dengan mematikan beberapa fitur di smartphone. Membuat baterai smartphone lebih awet, karena hardware dan aplikasi bisa dimatikan ketika Deep Sleep Battery Saver sedang bekerja.

Ketika aplikasi diaktifkan maka akan mematikan beberapa fitur smartphone sesuai setting atau dibuat custom sesuai kebutuhan pemilik smartphone.

Contoh setting Deep Sleep Battery Saver dibawah ini

  • Setting Gentle mengkontrol koneksi WIFI / Data, mengatur waktu screen off dan wake up setiap 30 menit
  • Setting Strong memperlambat koneksi setiap 45 menit dan hanya wake up 1 menit
  • Setting Slumberer yang paling agresif mematikan smartphone secara total bila layar off.



Untuk mengaktifkan fitur DS Battery Sleep, cukup membuka aplikasi dan click bagian kotak paling besar serta memilih setting yang di inginkan. Aplikasi akan aktif sesuai Profile yang dipilih.



Setting custom yang unik dari DS Battery Sleep, bisa mengatur apa saja yang akan di nonaktifkan.



Dengan setting Custom dapat dipilih beberapa opsi untuk mematikan fitur smarphone.
Dari koneksi network dan hardware seperti WIFI, Bluetooth, GPS,  waktu trigger, frekuensi waktu sleep, mematikan aplikasi yang tidak perlu, tetapi bisa diatur beberapa aplikasi tetap berjalan. Dan hari sesuai jadwal yang dibutuhkan aplikasi DS Battery Sleep bekerja.



Akan terlihat ketika aplikasi DS Battery Saver aktif. Icon WIFI misalnya akan terlihat kembali aktif ketika layar smartphone aktif. Setelah layar smartphone kembali ke posisi sleep, demikian juga koneksi WIFI ikut sleep (tidak aktif untuk sementara waktu)

Perbedaan versi biasa dan versi Pro
Versi pro memiliki fitur lebih banyak dengan  setting Custom.
Untuk mencoba bisa dilihat via Google Play

Apa yang bisa dimanfaatkan oleh aplikasi DS Battery Saver
  • Bila kita agak malas mengatur dan mematikan smartphone. Aplikasi DS Battery Saver dapat memudahkan pemakai smartphone. Misalnya ketika sampai dirumah, setting DS Battery Saver dapat diaktifkan dengan 1 tombol.
  • Semua aplikasi yang bekerja secara background akan di nonaktifkan oleh aplikasi ini. Termasuk koneksi Facebook, layanan Google dan lainnya
  • DS Battery Saver secara berkala akan menonaktifkan semua hardware yang ada, termasuk koneksi WIFI. Ketika tidak ada kegiatan, maka hardware akan dimatikan. Dengan teknik ini, maka baterai smartphone tidak terus menerus terpakai oleh peralatan seperti WIFI atau GPRS, karena hardware tersebut langsung dimatikan untuk sementara waktu ketika layar smartphone di posisi sleep.
  • Aplikasi DS Battery Saver cocok bagi penguna smartphone yang tidak terlalu aktif. Misalnya sering melakukan hubungan pada jam aktif seperti jam belajar dan kerja. Maka fitur DS Battery Saver dapat dimatikan ketika sedang aktif diluar saja.

Kekurangan DS Battery Saver
  • Aplikasi ini tidak cocok bagi mereka yang aktif melakukan komunikasi. Misalnya sering mengunakan aplikasi Messenger, telepon internet yang aktif, atau hubungan via email yang harus terjaga.
  • Ketika DS Battery Saver sedang aktif, secara langsung seluruh hubungan data internet keluar melalui smartphone akan terputus. Kecuali seseorang menghubungi via SMS atau panggilan biasa.