Bagaimana kita mentranfer data dari smartphone ke computer. Atau mentranfer file dari computer ke smartphone tanpa memiliki WIFI Router dirumah.

Tekniknya sama seperti keterangan sebelumnya, dan tekniknya sama seperti menghubungkan smartphone via jaringan WIFI ke computer. Router WIFI digantikan oleh Smartphone dengan sistem Tethering. Jadi smartphone dan computer atau perangkat lainnya bisa mentranfer file, layaknya terhubung ke sebuah WIFI hotspot.

Karena smartphone sudah dijadikan WIFI portabel, maka secara langsung computer sudah bisa mengakses data di smartphone. Untuk mengambil data file dari smartphone ke computer dan sebaliknya, tetap memerlukan aplikasi pembantu lain.

Bila setting pada smartphone sudah diaktifkan dengan Tethering. Anda cukup membuka aplikasi seperti Kies Air atau Wifi File Tranfer dan diaktifkan di smartphone yang dijadikan WIFI Hotspot portabel.

Aktifkan saja Tethering seperti keterangan sebelumnya. Dan aktifkan aplikasi untuk tranfer file seperti Kies Air. Maka ada keterangan di aplikasi seperti nomor HTTP://192.168.43.1:8080/
Masukan angka tersebut pada browser computer, notebook atau tablet.





Tampilan pada computer seperti dibawah ini, setelah memasukan HTTP://192.168.43.1:8080/, maka data pada smartphone Android akan terlihat pada computer. Dan bisa di download atau di upload via computer ke smartphone. Misalnya untuk mengambil file seperti lagu, dokumen dan lainnya.



Ketika mengunakan Tethering , untuk mentranfer file tidak perlu mengaktifkan koneksi 3G. Karena komunikasi antara computer dan smartphone hanya memerlukan signal wifi sebagai alat tranfer.

Ketika Tethering aktif di smartphone anda, koneksi WIFI akan dihentikan oleh smartphone dan dialihkan ke koneksi 3G / GPRS dari layanan data internet provider telekom (bila memiliki layanan internet untuk smartphone)

Demikian penjelasan tentang WIFI Router, WIFI Hostpot dan Tethering WIFI dari smartphone