Apakah kita bisa mentranfer data dari smartphone ke computer atau sebaliknya tanpa memiliki alat WIFI router atau jaringan hotspot sendiri.

Atau bisa tidak smartphone dijadikan hotpot WIFI portabel untuk membuka internet dari computer. Mungkin singkatnya menjadi smartphone sebagai alat untuk internet router.

Apa yang dimaksud Tethering atau Portable WIFI Hotspot.

Sebelumnya kita kenali gambar koneksi dari Portable WIFI Hotspot dan koneksi WIFI Router biasa.

Koneksi internet di Indonesia semakin murah. Walau jaringan 4G LTE sudah tersebar,  kita lebih banyak memanfaatkan untuk kebutuhan sendiri.

Bagaimana bila bisa di share koneksi internet ke perangkat lain.



Kita bisa berbagi koneksi internet unlimited ke teman, atau mengunakan akses internet untuk perangkat yang kita miliki.
Misal membuka email, browsing dari computer melalui koneksi internet smartphone.

Perbedaan dengan Tethering dan Hotspot atau wifi router.

WIFI adalah kependekan dari koneksi wireless. Bisa mengunakan standar 802.11 b, g , n atau a. Sedangkan WIFI Router, WIFI Hostpot dan Tethering WIFI dijelaskan dibawah ini
  • Wifi Router, perangkat gadget terhubung ke sebuah WIFI. Dan WIFI menjadi pintu keluar di jaringan internet. Ada perangkat WIFI Router, koneksi cable atau ADS, kabel modem dari perangkat ini. Setiap perangkat yang terhubung ke router dapat mengakses internet, baik melalui kabel atau jalur Wireless.
  • WIFI Hotspot disamakan seperti WIFI publik, diberikan terbuka untuk masyarakat. Bila disebutkan Free Hotspot di sebuah rumah makan. Artinya ada WIFI Router disana yang bisa dipakai umum. Biasanya satu restoran memberikan WIFI Hostpot gratis dengan password. Password akan diberikan ke pengunjung bila berbelanja, dan diberikan nomor password pada struk pembayaran
  • Sedangkan Tethering WIFI / Portable WIFI Hotspot = smartphone yang memiliki koneksi internet di jadikan WIFI router bagi perangkat lain. Bisa smartphone atau computer. Bentuknya tidak seperti WIFI Router, tapi fungsinya sama seperti WIFI Router. Contoh smartphone bisa dijadikan Tethering WIFI bila memiliki paket data. Baik computer, smartphone atau tablet dapat berhubungan dengan smartphone dan mengakses internet.
Cara kerjanya sama. Bedanya, WIFI Router memerlukan koneksi internet dari modem seperti fiber optik atau ADSL. Koneksi Portable WIFI Hotspot, membutuhhkan sebuah smartphone yang dijadikan koneksi ke luar ke internet.

Jadi dibalik saja arah diagramnya

WIFI hotspot / WIFI Routern = Smartphone / notebook /computer -> router wifi -> internet (via ADSL, LAN, Cable Modem)
Tethering hotpot = notebook / computer / smartphone lain -> Smartphone yang memiliki koneksi internet ke internet melalui 4G / 3G atau CDMA ke internet.

Pada smartphone Android terdapat fitur tethering, atau dikenal WIFI Hotspot / Portable Hotspot. Smartphone bisa membuka dirinya sebagai WIFI, manfaatnya utamanya dibawah ini
  • Membuat koneksi internet dari smartphone Android
  • Untuk mengirim file antara computer dan smartphone tanpa WIFI
Apakah semua alat bisa terhubung ke smartphone dengan Tethering. Selama perangkat bisa menemukan signal WIFI dari smartphone yang dirubah sebagai Hotspot Portabel dapat terhubung seperti biasa seperti WIFI Hotspot atau WIFI Router.

Dimana perbedaan WIFI biasa dengan tethering, gambarnya dibawah ini

Sistem WIFI atau Hotspot
Bisa ditemui dirumah , kantor atau tempat publik yang memiliki koneksi internet atau Free WIFI Hotspot. Misalnya cable modem atau ADSL modem dengan tambahan wireless network.

Alat ini untuk menghubungkan computer ke router lalu ke internet. Atau sedang berada di mall , kafe , restoran yang memiliki layanan gratis WIFI Hotspot.

Misalnya computer, smartphone, tablet dengan koneksi WIFI, akan menghubungkan dirinya ke WIFI router. Dari WIFI router dilanjutkan lagi sebagai gateway ke internet.

Semua perangkat yang masuk kedalam jaringan sebuah WIFI dan LAN dalam satu alat, maka bisa saling terkoneksi. Misalnya computer baik yang terhubung dengan kabel dan WIFI , bisa saling mengambil file.




Tethering atau Portable HotspotWIFI


Tethering adalah salah satu fitur di perangkat Android sebagai portabel Hotspot. Tethering dapat menjadikan smartphone Android sebagai WIFI atau Gateway untuk memanfaatkan koneksi internet, misalnya smartphone dijadikan koneksi internet oleh computer.

Seperti gambar diatas, maka semua perangkat yang bisa mengenal dan di ijinkan dapat masuk ke smartphone Android.
Bila fitur tethering diaktifkan, maka smartphone menjadi sebuah WIFI (seperti pada gambar bawah).


Cara ini bisa membuka akses dari computer ke smartphone tanpa memerlukan WIFI biasa. Misalnya anda perlu mengambil data dari smartphone. Tetapi tidak memiliki alat WIFI dirumah atau kantor.

Jadikan saja alat smartphone Android yang memiliki koneksi internet sebagai WIFI hotspot dengan mengaktifkan setting Tethering. Smartphone nantinya dapat diakses oleh computer atau smartphone lain.

Hal lain misalnya, smartphone anda memiliki koneksi internet. Sedangkan anda perlu mengakses internet dari computer, tetapi tidak memiliki koneksi internet. Cukup mengaktifkan smartphone anda dengan Tethering, maka computer bisa mengakses internet melalui smartphone. Termasuk teman lain yang memiliki smartphone tapi tidak memiliki internet, bisa ikut nebeng koneksi internet.

Dibawah ini setting Portable Hotspot dari smartphone berbagi internet untuk smartphone lain, atau ke computer. Atau ditambahkan dengan dengan Range Extender.