Cerita Call of Duty Black Ops 2 dengan single campaign menceritakan perang atau pemberatasan para penjahat di era 2025 dan sedikit melihat ke belakang di era 1980. Persenjatan modern, peralatan elektronik sebagai andalan pasukan khusus.

Game ini ditujukan bagi remaja, karena beberapa adengan game terlihat kurang pantas bagi anak anak. Black Ops 2 harus ditempatkan sebagai game dengan kategori umur 18+.  Sebelum dimulai permainan, Black Ops 2 akan meinta pemain meilih persenjataan. Dan koleksi senjatanya cukup banyak, termasuk peralatan pendukung seperti granat, pistol, flashbang dan lainnya.
Black Ops mengijinkan gamer memilih senjata apa yang dibutuhkan, dari senjata ringan, serbu sampai senjata berat seperti senjata mesin. Perlengkapan persenjataan juga disediakan, seperti pilihan peredam atau peluncur granat.



Tingkat kesulitan dibagi menjadi 4 dari Recruit, Regular, Hardened dan Veteran untuk tingkat kesulitan tertinggi.



Permainan dibagi 3, dari Zombie, Multiplier dan Campaign untuk single player. Sekitar 17 misi di single campaign. Walau ada beberapa misi yang agak pendek dibuat, tetapi disetiap misi tidak kalah seru. Di awal permainan masih seperti pertempuran biasa, dimulai membantu pasukan pemerintah di sebuah negara Afrika. Di babak selanjutnya, cerita game mulai bervariasi.



Kemampuan VGA untuk game Call of Duty Black Ops 2 relatif tidak terlalu berat. Gamer dapat memilih setting yang diperlukan untuk menyesuaikan kemampaun computer. Untuk kecepatan VGA kelas menengah tetap memadai untuk memainkan game ini. Khususnya opsi Graphics dengan setting disable dan enable Shadow, dapat meningkatkan kecepatan frame gambar pada monitor.