Kecepatan memory SDHC mengikuti perkembangan teknologi, khusus teknologi digital yang memerlukan memory lebih cepat. Kecepatan memory card SDHC untuk perangkat digital saat ini dibedakan dalam beberapa kecepatan. Disebut Class dengan angka seperti angka 10.

Dari sisi peralatan camera high end, saat ini memiliki fitur tambahan seperti mendukung format RAW, dan kemampuan merekam gambar video Full HD. Artikel kali ini untuk mereview manfaat dari teknologi memory card SDHC. Kingston salah satu merek memory card memiliki seri SDHC Ultimate, salah satunya adalah model Kingston UltimateXX memberikan kecepatan tranfer tertinggi.

2 model memory berbeda Class dan pengunaan
Produk yang di ulas kali ini ada 2 memory card :

  •     Kingston UltimateXX 233X UHS 1 32GB SDHA1/32GB, Read 60MB/s, Write 35MB/s. Kapasitas 32GB
  •     Kingston UltimateX 100X Class 10 16GB SD10G2.16GB, Read 20MB/s, Write 15MB/s. Kapasitas 8 -32GB

Kedua memory card tersebut dapat digunakan dari camera pocket sampai DSLR Entry level, baik untuk sensor besar serta fitur HD video.

Khusus untuk KingstonUltimateXX UHS-I memiliki kecepatan tranfer write tertinggi sampai 35MB/s, kode UHS sendiri adalah singkatan Ultra High Speed. Cocok digunakan bagi camera dengan fitur Burst atau video Full HD. Sedangkan UltimateX ditujukan untuk camera dengan resolusi tinggi, dengan kecepatan write sampai 15MB/s.

Kingston menjamin keaslian produk memory card. Packing produk Kingston dibuat dengan segel , menjamin produk Kingston adalah produk asli dengan marking hologram.



Gambar dibawah ini tampilan card SDHC, model kiri adalah Kingston UltimateXX UHS-I dan sisi kanan Kingston UltimateX Class 10.

Kedua memory dibawah ini memiliki kemampuan berbeda untuk speed write dan read.
  • Kingston UltimateXX 233X ditujukan untuk mereka yang membutuhkan kecepatan. Memiliki write 35MB/s dan read 60MB/s.
  • Sedangkan Kingston UltimateXX 100X Class 10, ditujukan untuk camera digital dengan fitur video HD serta sensor camera resolusi besar. Memiliki kecepatan tranfer write 15MB/s dan read 20MB/s


Spesifikasi kedua memory card dibawah ini

Model
Kingston UltimateXX
Kingston UltimateX
Capacity
32GB
16GB
Card Type
SDHC/UHS-I
SDHC Class 10
Speed Rating
233x
100X
Write Speed
35MB/s max.
15MB/s max.
Read Speed
60MB/s
20MB/s

Apa yang perlu diketahui dengan tanda Class atau C.

Apakah perbedaan antara nomor di SDHC Class. Keterangannya bisa dilihat pada table dibawah ini

Class

Pemakaian

Minimum Speed

2

SD Video

2MB/s

4

SD Video+ dan Foto

4MB/s

6

HD Video, Foto resolusi tinggi

6MB/s

10

Full HD Video, dan Burst foto

10MB/s

UHS Class

Minimum Speed

UHS-I

10MB/s 2011

SDXC

Minimum Speed

?

10MB/s 2011

UHS-I

35-45MB/s Januari 2012


Tanda Class diartikan minimum kemampuan memory card dalam menyimpan file. Class 2 diartikan memory memiliki kecepatan minimum write 2 MB perdetik. Kecepatan memory SDHC saat ini dikembangkan sampai Class 10. Angka 10 diartikan sebagai kecepatan penulisan dan membaca minimum 10MB/s. Kecepatan paling aman untuk camera dengan sensor besar dan Ful HD Video.

Memory card jenis SD hanya memiliki kapasitas maksimum 2GB, SDHC sampai 32GB dan SDXC diatas 32GB. Dari sisi kecepatan ada model memory card lain yaitu SDHC Ultra-High Speed (UHS). Generasi terbaru tipe SDHC adalah SDXC. Tipe SDXC sedikit berbeda dibanding tipe SDHC. SDXC adalah pengembangan memory dengan kapasitas besar. Awal dimulai dari 48GB dan 64GB, tetapi dikembangkan dibawah 32GB. Rancangan SDXC dapat dibuat sampai 2TB. Memory card tipe SDXC umumnya bisa digunakan pada perangkat baru. Beberapa perangkat digital lama belum tentu menerima memory card jenis SDXC.

Sedangkan SDHC UHS disebut Ultra High Speed memory adalah memory SDHC yang dirancang khusus untuk kecepatan dan kompatibel dengan format SDHC biasa. Kapasitas terbesar saat ini baru dibuat sampai 32GB maksimum.

Model SDHC, SDXC dan SDHC UHS nantinya akan dikembang sesuai kebutuhan perangkat elektronik. Sedangkan kode Class tidak terkait dengan kemampuan memory card itu sendiri. Bisa saja sebuah memory card dengan tanda Class 10, memiliki kecepatan sampai 35MB/s atau lebh. Tergantung pihak produsen apakah mendisain memory dengan standar berbeda tetapi memiliki performa lebih baik.

Mengapa banyak sekali perbedaan kecepatan memory untuk SDHC. Alasannya, dari sisi perangkat gadget yang berubah. Kecepatan memory dikembangkan sesuai kebutuhan dari perangkat gadget modern. Teknologi digital terus dikembangkan dengan teknologi megapixel semakin besar maka, semakin membutuhkan kapasitas memory card lebih cepat dan lebih besar

Apa, mengapa, siapa yang membutuhkan memory dengan kecepatan tinggi.
Apa yang membedakan kecepatan memory, tergantung dari teknologi perangkat eletronik. Baik digital camera atau camcorder yang memilki spesifkasi tinggi membutuhkan memory kapasitas besar dan kecepatan menyimpan data digital lebih cepat.

Mengapa dibutuhkan beberapa model kecepatan memory SDHC. Teknologi perangkat digital saat ini memiliki fungsi ganda.
  • Handphone bisa memiliki peralatan camera untuk mengambil video chat, gambar foto dan kemampuan merekam video sampai kelas Full HD. Perubahan terjadi pada kecepatan memory jenis microSD.
  • Camera DSLR, selain digunakan untuk mengambil foto juga memiliki fitur recording video.
  • Camera pocket high end terbaru memiliki fitur seperti camera DSLR. Terkadang hanya berbeda dari sisi pengantian lensa yang Fix.
  • Camcorder selain memiliki fitur still foto, dan kemajuan dalam merekam gambar High Definition (HD)

Semua jenis perangkat dengan gambar digital membutuhkan memory penyimpan. Semakin besar gambar dihasilkan dan semakin tinggi resolusi video dan foto dibuat. Menghasilkan ukuran file lebih besar dan membutuhkan kapasitas memory. Bukan kapasitas saja yang penting, tetapi kecepatan dalam menulis data ke dalam memory. Khususunya mereka yang suka mengambil gambar Burst seperti memfoto objek beraksi dengan cepat.

Bila memory lambat menyimpan data digital, maka akan terjadi jeda. Misalnya merekam gambar Full HD dengan resolusi 1920x1080 disarankan mengunakan memory tipe SDHC Class 6 atau lebih tinggi. Mengambil foto dengan resolusi RAW dengan Burst speed memerlukan space lebih besar dari Video. Semakin tinggi angka Class pada memory card, maka camera akan lebih cepat selesai menyimpan data

Siapa yang membutuhkan memory dengan kecepatan tinggi.

Sebagai contoh produk camera DSLR sensor 16-18Mpix dengan media penyimpan SDHC. Camera jenis DSLR model baru umumnya sudah memiliki fitur merekam video sekualitas HD Video. Menyimpan file video membutuhkan storage memory lebih besar, bahkan file RAW yang dihasilkan dapat mencapai 24MB pergambar

Selain itu camera DSLR memiliki standar dalam format file RAW. File gambar yang disimpan dalam bentuk RAW membutuhkan ukuran 2-3X lebih besar dari format JPG. Contoh saja camera dengan sensor 16MB akan menyimpan gambar berukuran 14-16MB atau lebih pergambar. Sedangkan ukuran file JPG masih dibawah 8MB.

Camera DSLR memiliki bit gambar lebih besar dengan warna yang lebih komplek. Misalnya sebuah camera dengan sensor 3.1Mpix menghasilkan file RAW 8 bit sampai 3.1MB, 10 bit 3.9MB, 12 bit 4.7MB. Bila camera digital memiliki sensor 16 atau 18Mpix, menghasilkan gambar RAW akan menyimpan sebuah gambar digital sebesar 14MB.

Beberapa camera pocket baru dibawah ini mengunakan memory tipe SDHC dengan fitur RAW file. Nikon 1 V1, Canon PowerShot G12 , Canon PowerShot S95, Nikon Coolpix P7100, Leica V-Lux 2, Fuji FinePix HS20 EXR, Fuji Finepix X10. Camera tersebut memiliki kemampuan menyimpan file RAW yang besar.

Disinilah kebutuhan camera bila camera memiliki fitur RAW, membutuhkan memory dengan kecepatan tinggi. Khususnya bagi anda yang bisa mengambil dengan Burst mode atau membutuhkan camera yang mampu mengambil gambar dengan cepat. Maka kebutuhan high speed dapat membantu mengambil gambar lebih banyak