Bila ingin menyimpan file foto, apakah layanan dari storage gratis akan mengkompres ulang. Seperti Facebook dan Google Plus, menyediakan penyimpan album foto. File yang disimpan di Facebook dan Google+ akan di resize sesuai maksimum format yang ditentukan. Misalnya sebuah file JPG dengan ukuran besar di upload ke situs jejaring. Ketika file di download dan preview, maka ukuran file akan berbeda dan menjadi lebih kecil dari aslinya. Untuk sekedar preview mungkin tidak masalah, tetapi file di situs jejaring akan mengurangi kualitas foto dan tidak disarankan sebagai tempat backup.

Untuk membackup foto sebaiknya disimpan file foto asli dari layanan storage gratis. Setidaknya untuk berjaga jaga, siapa tahu storage di harddisk terdelete, rusak atau terjadi sesuatu hal, foto masih ada backupnya. Setidaknya kita bisa mengamankan file foto dengan membackup di tempat lain selain di harddisk atau memory card.

Ada 4 layanan free storage dengan sistem Cloud yang dicoba. Dari Amazon Cloud, Google Drive, Microsoft Skydrive dan DropBox. Dari ke empat layanan storage gratis tersebut memiliki fitur sedikit berbeda untuk preview foto.

File yang diupload ke Amazon Cloud, Google Drive, Microsoft Skydrive dan DropBox dapat di upload utuh sesuai file aslinya. Misalnya file berukuran 3MB, maka anda bisa mendownload kembali sebesar 3MB dan kualitas foto tidak berubah. Karena Amazon Cloud, Google Drive, Microsoft Skydrive dan DropBox merupakan layanan seperti menyimpan pada harddisk virtual.
Ke empat layanan storage gratis dapat dimanfaatkan untuk menyimpan file serta foto asli atau sebagai tempat backup. Untuk mendownload dan upload, ke empat layanan bisa tersebut menyediakan software khusus dengan fitur sync data dari media pada computer. Cara lain dengan login ke web masing masing layanan storage gratis, dan file bisa di download atau di upload melalui aplikasi Browser secara manual.

Bagaimana bila file yang diupload bukan file JPG. Saat ini beberapa camera kelas menegah memiliki fitur file RAW. Ukurannya file RAW biasanya memiliki ukuran lebih besar karena menyimpan banyak data pada sebuah file foto, file RAW umumnya memiliki ukuran 3-5 kali lebih besar dari file JPG.
Menjadi pertanyaan apakah file dengan format RAW seperti file dari camera DSLR seperti camera Nikon NEF dapat dibaca atau di preview langsung dari storage gratis. Atau file RAW bisa dilihat di smartphone untuk di preview. Apakah semua layanan memberikan fitur yang sama pada computer biasa dan smartphone. Dengan fitur Preview akan memudahkan pemilik foto untuk melihat terlebih dahulu sebelum mendownload file yang diperlukan.



Untuk pertanyaan ini, dicoba dari 4 layanan storage gratis, bisa dlihat informasi dibawah ini. Upload foto dilakukan dari computer.

Amazon Cloud
Memberikan kapasitas 5GB gratis. Cara mendaftar via www.amazon.com. Pada bagian Account pilih Your Cloud Drive dan daftar baru (bila belum terdaftar).
Amazon Cloud memberikan storage gratis dengan kapasitas 5GB
Aplikasi bagi smartphone bisa di ambil via - Amazon Cloud Drive



Google Drive
Menyatukan dalam satu akun Gmail.com. Untuk mendaftar harus melalui email Gmail.com atau menjadi member Google Plus. Storage untuk menyimpan file ada dibagian atas icon Drive.
Aplikasi bagi smartphone bisa di ambil via  - Google Drive




Dropbox
Memberikan kapasitas 3GB ++ dan bertambah bila member mengundang member lain menjadi member DropBox. Mendaftar di Dropbox hanya membutuhkan email
Aplikasi bagi smartphone bisa di ambil via - Dropbox



SkyDrive
Dari Microsoft memberikan kapasitas gratis 7GB. Untuk mendaftar Skydrive gratis, member mendaftar di Live.com atau sudah menjadi member Hotmail.com atau member baru di Outlook.com
Aplikasi bagi smartphone bisa di ambil via - SkyDrive