Biasanya penguna smartphone baru akan mencoba menelpon keluar. Pesan Outgoing calls are restricted by FDN umumnya muncul ketika pemilik smartphone Android mengunakan kartu baru atau memiliki smartphone Android baru dengan nomor telepon GSM.

Arti pesan outgoing calls are restricted by FDN adalah permintaan untuk membuka telepon agar bisa keluar. Tanpa membuka nomor FDN, maka telepon Android tidak bisa telepon keluar. Seperti anda memiliki handphone biasa dengan nomor baru, maka perlu dimasukan PUK dan PIN untuk security.

Bagaimana cara membuka pesan Outgoing calls are restricted by FDN tersebut. Dibawah ini caranya

Membuka Restricted by FDN

Hati hati dan perhatikan dengan baik ketika baca manual dari layanan provider anda, temukan nomor default yang diberikan di dalam kartu. Informasi untuk membuka PUK dan PIN diberikan cukup sederhana. Sekali lagi baca manual dari kartu anda dan tanda peringatan.

Ada 2 nomor penting terdapat di manual, baca dengan baik perintah pada layar handphone, berapa digit yang perlu dimasukan. Hanya ada 2 nomor yang perlu anda masukan. Nomor pertama berjumlah 4 digit, nomor kedua 10 digit (max). Persiapkan 2 nomor password yang paling mudah anda ingat.

PIN - (terkunci bila 3x salah) Personal Identification Number adalah nomor untuk membuka akses pada kartu. Nomor tersebut bermanfaat untuk menonaktifkan atau mengaktifkan SIM card (pada GSM)

PUK - (terkunci bila 10x salah) Personal Unblock Key. Adalah nomor induk dari kartu yang anda miliki. Bila salah membuka atau merubah nomor PIN, lalu nomor PIN di BLOCK. Hanya melalui Nomor PUK untuk mengakses atau memperbaharui nomor PIN. Bila nomor PUK 10x salah dimasukan, maka kartu anda akan otomatis terblokir. Ingat baik baik nomor PUK anda.

Tahap membuka Outgoing calls are restricted by FDN

Untuk mematikan pesan Outgoing calls are restricted by FDN, caranya mudah.

Masuk ke bagian Setting di Smartphone Android. Lalu tampil seperti gambar kanan. Pilih CALL

Lalu cari bagian Additional Settings
Lalu masuk ke Fixed Dialing Numbers

Dibagian ini paling penting.

Ada 2 Disable/Enable FDN dan Change PIN 2

Disable/Enable FDN (kotak atas) adalah nomor PIN. Masukan nomor PIN sesuai setting default dengan 4 digit, misalnya PIN 1234. Lalu anda bisa menganti dengan yang baru nantinya.

Change PIN2 atau PUK. (kotak bawah ) Umumnya nomor PIN2 diberikan lebih panjang. Masukan nomor PUK lalu anda bisa merubah nomor PUK dengan nomor yang anda inginkan. Setelah itu akan diminta nomor PIN.

Rubah sesuai nomor yang mudah anda ingat.

Selesai proses mengaktifkan FDN dengan benar. Selanjutnya handphone anda sudah dapat menelpon seperti biasa.

Bila diperlukan setting FDN dapat di matikan pada menu.