Memory card jenis SDHC sampai microSD sudah dikembangkan dengan kapasitas baru yaitu 16GB dan 32 GB. Model SD memiliki standar tersendiri dibanding memory yang lain. Diperkirakan kecepatan SDHC akan selesai pada kapasitas 16GB dan 32GB. Pengembangan selanjutnya akan dinamai SDXC yang memiliki kecepatan tranfer lebih tinggi, dan kapasitas lebih besar. Tentu memerlukan perangkat gadget terbaru untuk mengunakan memory card jenis SDXC.

Seperti Compact Flash tidak memiliki standar yang sama. Setiap pabrikan dapat mengeluarkan kecepatan sendiri sesuai keinginan pasar dan kebutuhan perangkat elektronik. Misalnya Compact Flash banyak dikembangkan dengan kecepatan berbeda. Contoh kecepatan 100x, 166x sampai 300x dan menambahkan fitur UDMA untuk mempercepat tranfer. Memory card jenis Compact Flash lebih fleksibel mengikuti perkembangan perangkat elektronik terbaru, karena ukurannya lebih besar akan lebih mudah menanamkan perangkat tambahan didalamnya. Sensor Camera DSLR yang semakin besar membutuhkan kecepatan media storage yang lebih cepat dan kapasitas lebih besar pula. Sehingga Compact Flash terus saja berubah, mengikuti teknologi kebutuhan camera DSLR.

Demikian juga dengan memory jenis SDHC, yang dikembangkan sampai kapasitas 32GB. Karena ukuran yang kecil dan tipis, banyak perangkat elektronik seperti DSLR kelas menengah kebawah atau perangkat lain seperti Handphone sampai Digital camera terbaru memerlukan kapasitas lebih besar. Khusus untuk perangkat HD video membutuhkan angka minimum tranfer, dan akan lebih aman mengunakan SHDC dengan Class 10.

Spesifikasi Kingston microSD 16GB Class 10 - SDC10/16GB-2ADP

  • Dimensions — 0.43 x 0.59 x 0.039 ( 11mm x 15mm x 1mm)
  • High-Speed Class Rating —
    Class 2: 2MB/sec. minimum data transfer rate
    Class 4: 4MB/sec. minimum data transfer rate
    Class 10: 10MB/sec. minimum data transfer rate
  • Operating temperatures — -13°F to 185°F (-25°C to 85°C)
  • Storage temperatures — -40°F to 185°F (-40°C to 85°C)
  • Weight — .05 oz (1.4g)
Fitur

  • Compliant — with the SD Specification Version 2.00 (Class 2 & Class 4) and with the SD Specification Version 3.00 (Class 10)
  • Versatile — when combined with the adapter, can be used as a full-size SDHC card
  • Compatible — with microSDHC host devices; not compatible with standard microSD-enabled device/readers
  • File Format — FAT 32
  • Reliable — lifetime warranty

Memory SDHC memiliki satu standar yang disebut Class. Sesuai kebutuhan, standar Class diartikan kecepatan minimum untuk penulisan data / Writing. Dibawah ini nilai minimum untuk kecepatan Writing dari SHDC sesuai standar class

  • Class 2 : 2MB/s atau kecepatan 13X
  • Class 4 : 4MB/s atau kecepatan 26X
  • Class 6 : 6MB/s atau kecepatan 40X
  • Class 10 : 10MB/s atau kecepatan 66X

Kingston memiliki sebuah produk baru tipe microSD dengan kapasitas 16GB. Paket Kingston microSD 16 ditawarkan dengan bundle adapter SD dan miniSD. Sehingga memory microSD 16GB bisa dirubah menjadi memory SD atau miniSD dengan memasukan ke 2 slot adapter. Bundle adapter membuat kemudahan bagi memory dengan format microSD. Sesuai kebutuhan si pemakai, bila perangkat membutuhkan memory SDHC. Maka tinggal di ditanamkan kedalam Adapter SD menjadi memory SDHC.




Bundle memory Kingston microSD 16GB tentu menjadi fleksibel. Karena memory dapat dipasangkan pada handphone yang memiliki external memory jenis microSD. Atau digunakan juga untuk memory digital camera tipe DSLR medium atau camcorder jenis HD sekalipun.


Mengapa harus memilih Class 10. Karena Class 10 adalah memory dengan kecepatan penulisan tertinggi saat ini dikelas SDHC. Dan dapat digunakan bagi camera papan dengan fitur HD video dan dengan mudah dipindahkan sebagai memory card pada handphone.

Pilihan yang tepat adalah 16GB. Apakah hal ini benar, tentu ada alasannya. Beberapa perangkat gadget atau perangkat digital model lama hanya menerima memory dengan kapasitas maksimum 16GB. Sehingga Kingston microSD 16GB akan kompatibel dengan perangkat lama. Seuai dengan kapasitas 16GB, tentu bisa dibayangkan berapa jam video yang dapat disimpan pada memory tersebut. Atau sekedar memasukan file MP3 atau digunakan sebagai storage memory digital camera DSLR kelas menengah. Sudah pasti mencukupi dengan kapasitas 16GB.

Test benchmark

Untuk memeriksa kecepatan memory Kingston microSD, dapat dilihat pada grafik test dibawah ini. Benchmark dengan Sisoft menunjukan kecepatan minimum sudah dapat dicapai pada tranfer file dengan ukuran 64MB. Semakin besar ukuran file yang disimpan, kecepatan memory semakin baik. Artinya sesuai spesifikasi memory Kingston microSD, kecepatan 10MB/s sesuai dengan apa yang ditawarkan.



Demikian juga dengan test HDtach. Kecepatan penulisan rata rata pada memory Kingston microSD 16GB Class 10 hampir mencapai ideal. Dibandingkan model Class 6 atau dibawahnya. Hanya memiliki speed 6MB/s.



Result
Teknologi digital semakin berkembang dan membutuhkan media memory yang cepat. Kingston microSD 16GB Class 10, mampu memberikan kenyamanan bagi pemakainya. Memory dengan class 10 dipastikan dapat memenuhi kebutuhan perangkat gadget saat ini, dengan kecepatan minimal diatas 10MB/s. Seperti Camcoder dengan fitur HD video, camera DSLR model medium sampai handphone yang membutuhkan memory external jenis microSD khusus. Karena microSD 16GB Class 10 buatan Kingston dibundle dengan 2 adapter (miniSD & SDHC), dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai media digital yang berbeda. Setidaknya penguna perangkat digital tidak akan kecewa dengan kemampuan memory microSD 16GB Class 10. Dan mampu merekam gambar tanpa terputus (bottleneck) atau terhindarnya kejadian error, karena kecepatan memory tidak mencukupi. Demikian juga dengan format microSD, memory card ini dapat bertukar tempat baik untuk camera digital atau camcorder yang membutuhkan memory SDHC. Atau sementara waktu digunakan sebagai memory handphone dengan ukuran microSD.

Sebagai jaminan keaslian memory Kingston, paket microSD 16G Class 10 dilengkapi dengan paket terproteksi. Sehingga menjamin keahlian produk dari produsen Kingston. Mengingat saat ini mulai beredar memory SD dan microSD yang tidak sesuai dengan spesifikasi pada label. Dengan mengatakan kecepatan dengan nomor Class tertentu, padahal kualitas dan mutu memory bisa saja lebih rendah dari apa yang tertera.

Satu lagi keuntungan dari Kingston microSD 16GB Class 10. Sebagai jaminan memory untuk pengunannya, garansi yang ditawarkan adalah Lifetime.

www.kingston.com