Tabel
  1. Menganti nama aplikasi Android
  2. Menganti Icon Aplikasi Android
  3. Menyembunyikan Icon Aplikasi Android

Menghapus icon di smartphone Android agar tidak terlihat. Disini 2 cara yang berbeda untuk menghilangkan icon aplikasi Android agar tidak tampil di smartphone
  • Cara pertama mengunakan Theme Launcher. Dimana icon dapat disembunyikan dengan bantuan aplikasi Theme Android. Tapi tip ini tidak menjamin icon dan aplikasi Android secara penuh tersembunyi. Karena Theme Android dapat di uninstall, dan aplikasi Icon dapat tampil kembali.
  • Cara kedua mengunakan aplikasi tapi khusus untuk smartphone Root. Icon dapat disembunyikan, dan aplikasi akan berjalan / aktif tanpa terlihat di smartphone. Tip ini paling aman untuk menyembunyikan icon aplikasi tanpa diketahui oleh orang lain. Bahkan aplikasi yang menyembunyikan dapat dihilangkan, dan Icon serta Aplikasi Android berjalan tanpa diketahui.

Sebelum lebih jauh kita harus mengerti apa tujuan menyembunyikan Icon di layar smartphone agar tidak terlihat.

Tujuannya adalah keamanan, dan menyembunyikan aplikasi melacak tanpa diketahui orang lain.

Salah satu contoh aplikasi yang dapat dimanfaatkan seperti Find My Phone. Aplikasi Find My Phone berguna untuk mencari keberadaan smartphone. Kita dapat merubah nama aplikasi ke nama lain yang umum agar seseorang dapat tidak mengenal aplikasi Find My Phone yang sudah di install.
Ketika smartphone Android hilang, pemiliknya cukup mengirim SMS ke smartphone miliknya. Dan smartphone akan membalas SMS dengan menyertakan alamat GPS keberadaan dimana smartphone berada.
Masalahnya aplikasi Find My Phone atau kita sudah merubah dengan nama lain. Tetap tampil di Icon layar smartphone, dan di daftar aplikasi. Sehingga dapat di uninstall.

Aplikasi lain seperti GPS Tracker Pro. Aplikasi ini untuk keluarga, dimana setiap anggota keluarga dapat menginstall aplikasi di masing masing smartphone Android. Dan setiap keluarga juga dapat melihat dimana lokasi keberadaannya, termasuk menyelusuri kemana saja mereka pergi.
Sama seperti aplikasi lain, setiap aplikasi Android yang bekerja secara background tetap dapat di Uninstall.

Cara menyembunyikan aplikasi Android agar tidak terlihat di layar smartphone.

Cara paling mudah menyembunyikan aplikasi dengan mengunakan Theme menghilangkan Android
Beberapa Theme seperti Nova Launcher, ADW Launcher, Go Launcher dan Apex Launcher memiliki opsi untuk menyembunyikan Icon dari layar smartphone.

Contoh dibawah ini mengunakan Apex Launcher
  1. Disini akan menghilangkan Icon Find My Phone sebagai contoh agar tidak tampil di layar smartphone.
  2. Buka Apex Launcher, dan pilih Drawer Settings
  3. Pilih Hidden Apps
  4. Lalu pilih aplikasi apa yang tidak ingin ditampilkan misalnya Find My Phone
  5. Selesai tutup dan Icon Find My Phone tidak tampil di depan layar aplikasi

Cara menghilangkan Icon dengan Apex Launcher

Menyembunyikan aplikasi tidak tampil di layar smartphone dengan Theme Android memang mudah. Tetapi tidak menyembunyikan aplikasi seluruhnya agar tidak terlihat.
Bisa saja nama aplikasi dapat ditemukan di daftar aplikasi dari setting. Dan yang mengetahui adanya aplikasi tersembunyi dapat meng-uninstall Launcher. Dan nama Aplikasi masih muncul di App List.
Untuk sementara teknik ini dapat digunakan bagi smartphone standar (Non-Root)
Tapi penguna dapat menyamarkan Icon yang disembunyikan dengan nama lain, agar orang lain tidak mengira bahwa aplikasi yang disembunyikan tersebut adalah semua aplikasi untuk mematai-matai keberadaan smartphone anda sendiri.

Bagi smartphone Root

Smartphone yang sudah Root menjadi efektif. Karena pemilik smartphone Root menjadi otoritas tertinggi. Maka smartphone dapat di setting sesuai keinginan.
Misal ingin menghilangkan Icon aplikasi, dapat mengunakan aplikasi dibawah ini. Walau aplikasi yang menyembunyikan sudah di hapus / Uninstall. Aplikasi yang disembunyikan tidak terlihat di layar smartphone serta daftar aplikasi App List sehingga tidak dapat dibuang oleh orang lain.

Menghilang Icon Android dengan X AppHider

X AppHider adalah aplikasi untuk menyembunyikan Program dan Icon di smartphone Android.
Aplikasi ini dapat menyembunyikan Icon dan aplikasi berjalan secara background. Dan Icon tidak tampil di layar smartphone, juga tidak tampil di daftar aplikasi. Jadi tidak bisa di Uninstall selama di sembunyikan oleh X AppHider.

Keunggulan X AppHider total aplikasi disembunyikan. Dan tidak dapat terlihat bila orang lain tidak tahu ada aplikasi tersembunyi dengan X Apphider.
Tetapi aplikasi X AppHider hanya dapat bekerja dengan smartphone yang sudah di Root.

Aplikasi X AppHider dapat di uninstall setelah menyembunyikan Icon Android. Atau dibiarkan dan dapat di kunci dengan Pin untuk keamanan.

Aplikasi dapat di download via Google Play X AppHider

Cara mengunakan X AppHider
  1. Setelah aplikasi di Install, aktifkan nama aplikasi. Akan muncul aplikasi yang ada di smartphone
  2. Setelah diaktifkan, maka nama program Android yang disembunyikan sudah masuk daftar dan tidak tampil di layar smartphone
  3. Untuk mengembalikan aplikasi yang sudah di Hidden / disembunyikan. Aktifkan kembali X AppHider, dan click nama program yang sudah di sembunyikan tersebut, maka nama aplikasi akan muncul kembali

Menyembunyikan Icon aplikasi Android dengan X AppHider

Dibawah ini untuk hidden Icon Aplikasi Android dari smartphone dengan X AppHider



X AppHider meminta data terlalu banyak. Seperti membaca status telepon, lokasi GPS, dan meminta Log Data. Mungkin permintaan ini cukup berlebihan, mengingat aplikasi tersebut tidak ada hubungannya dengan permintaan dari pembuat software. Ada baiknya setelah mendownload, aplikasi dibersihkan terlebih dahulu.

Menyembunyikan Icon aplikasi Android dengan X AppHider


Menghilang Icon Android dengan Hide Application

Aplikasi ini akan mengunakan nama dengan Happ setelah di install ke smartphone. Cara kerja Happ sama seperti X AppHider, tapi aplikasi ini jauh lebih aman.
Aplikasi ini tidak memiliki setting tambahan kecuali untuk menyembunyikan Icon aplikasi Android
Cara kerja dan pengunaan Happ. Cukup di click nama aplikasi, dan di centang. Aplikasi Android langsung tidak muncul di layar smartphone
Termasuk tidak terdafar di daftar aplikasi Android.
Mengembalikan aplikasi yang disembunyikan, kembali di centang dari aplikasi pada daftar Hidden List. Click Ok dan selesai, aplikasi akan kembali muncul di layar smartphone.


Menyembunyikan Icon aplikasi Android dengan Happ Hidden 
Application

Aplikasi Happ terlihat aman. Karena hanya meminta koneksi internet untuk tayangan iklan untuk versi Free.


Menyembunyikan Icon aplikasi Android dengan Happ Hidden 

Application Security

Dibawah ini tampilan Happ Android, cara menyembunyikan icon aplikasi dari layar smartphone



Aplikasi dapat di download via Google Play Happ

Catatan.
Di mohon informasi ini bukan untuk melacak keberadaan orang lain tanpa sepengetahuan pemilik smartphone. Terlebih untuk memata-matai smartphone orang lain. Dan pemanfaatan informasi diatas menjadi tanggung jawab penguna.