Aplikasi Find My Phone bermanfaat untuk menemukan handphone atau mengetahui keberadaan smartphone.

Aplikasi Find My Phone akan aktif bila menerima pesan SMS yang sudah ditentukan oleh pemiliknya Smartphone dapat mengirim pesan SMS dan memberikan lokasi dan tempat dimana keberadaan si smartphone.

Berbeda dengan fitur keamanan smartphone lain. Find My Phone dapat mengirim lokasi keberadaan smartphone walau tidak memiliki koneksi internet. Selama pulsa pada nomor di smartphone masih aktif dan bisa mengirim SMS.

Manfaat Find My Phone

Lalu apa manfaatnya dari aplikasi ini, beberapacontoh saja dibawah ini :

  • Aplikasi Find My Phone dapat dimanfaatkan untuk mencari dimana si smartphone berada. Misalnya seseorang menginstall ke satu smartphone, maka tinggal di kirim SMS ke smartphone tersebut. Dan akan kembali dibalas dengan nomor koordinat lokasi.
  • Misalnya anda memiliki kurir, atau pengemudi kendaraan anda. Cukup mengirim SMS ke smartphone milik si pengemudi, secara otomatis ponsel akan membalas lokasi keberadaan si pengemudi.
  • Untuk mengetahui dimana anak anak, istri atau suami atau pasangan yang sedang jalan jalan. Sementara anda tidak mau menganggu dengan menelpon. Cukup mengirim SMS, dan akan dibalas oleh smartphone tersebut dimana keberadaan si pemilik ponsel tanpa diketahui oleh pemiliknya.
  • Handphone anda hilang, baik tercuri atau nyelip di suatu tempat, tertinggal. Sementara anda tidak lupa kira kira dimana si ponsel tertinggal. Cukup mengunakan SMS untuk mengetahui keberadaan si ponsel
Cara kerja dan install Find My Phone

Download via dari Google Find My Phone

Ada beberapa aplikasi sejenis, untuk Find My Phone adalah aplikasi berbayar. Anda bisa mencari aplikasi sejenis yang gratis di Google Play. Aplikasi Find My Phone hanya salah satu contoh aplikasi untuk mencari lokasi keberadaan smartphone.

Bagaimana cara kerja aplikasi Find My Phone di Android.

Cukup di install seperti aplikasi biasa. Tetapi ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum melakukan setup aplikasi pada Find My Phone.

Diperlukan satu nomor untuk recover password. Jadi jangan pernah lupa password anda dan sertakan satu nomor handphone lain untuk recovery password. Karena Find My Phone tidak menyediakan opsi recovery password selain melalui SMS

 

1

Pertama kali menginstall Find My Phone. Perlu melakukan beberapa setting.

Fine phone SMS trigger. Disini anda perlu memasukan kata. Misalnya dimanahandphoneku, atau dimana. Sebaiknya kata yang mudah di ingat atau kata acak.

Reaksi Find My Phone bila menerima SMS dengan kata dimana. Maka handphone akan mengirim SMS balik, serta data lokasi keberadaan ponsel

Ring Phone SMS trigger. Adalah kata untuk membunyikan speaker smarphone. Misalnya kode ringring. Bila smartphone menerima SMS dengan kata ringring, maka ponsel akan terus berbunyi. Hal ini memudahkan anda menemukan dimana smartphone terselip.

Bagian password dan recovery. yang ini tidak boleh lupa.

Password adalah untuk mengunci aplikasi.

Sedangkan satu nomor telepon harus dimasukan lagi, untuk recovery bila pemilik smartphone lupa password.

Backup Triggers. Untuk nomor telepon backup lainnya, seperti saudara, teman, keluarga untuk menerima pesan dari smartphone anda

 

2

Bagian setting

Enable location source. Setting ini akan mengaktifkan fitur smartphone seperti network, GPS dan WIFI. Bila receiver GPS di Off, ketika aplikasi menerima SMS dari pemiliknya. Maka GPS akan di On secara otomatis

Number of update phone will reply with. Untuk memerintahkan si aplikasi untuk mengirim SMS, bisa diatur untuk 1, 3 atau 10 kali update. Berguna bila smartphone anda dicuri, dan di pencuri terus bergerak.

Wait time between update. Untuk memastikan beberapa update, misalnya 1 menit, 5 menit, 15 menit dan 60 menit.

Ringtone to play. Untuk membunyikan suara ponsel bila menerima SMS untuk Ring Phone SMS trigger. Musik bisa dipilih agar pemiliknya dapat mengenal suara dari smartphone.

Untuk Monitor Sim Card. Bila SIM card diganti, telepon akan mengirim SMS. Bahwa nomor telepon sudah berganti (bila tidak salah)

3

Seperti keterangan di atas. Setting password smartphone terbagi 2. Satu password untuk masuk ke aplikasi. Dan satu lagi untuk recovery password, sekedar berjaga jaga bila pemilik ponsel lupa dengan passwordnya sendiri.

 

4

Setelah setup selesai. Setiap pemilik ponsel membuka aplikasi Find My Phone. Akan muncul Enter App Password.

Bila lupa cukup menekan Forget password, dan ponsel akan mengirim SMS ke nomor yang dituju.


Halaman berikutnya - cara mengunakan Find My Phone.