Hapus file atau delete dari Android mirip seperti membuka Windows Explorer.

Karena Smartphone memiliki layar terbatas. Tidak semua informasi ditampilkan pada layar.

MicroSD tidak dapat ditulis / di write

Untuk penguna smartphone Android. Bila mengalami masalah storage microSD tidak dapat di write atau tidak dapat ditulis.

Masalah ini sangat jarang terjadi ketika microSD kemungkinan microSD corrupt.

Hal ini terjadi bila smartphone kehabisan baterai, khususnya baterai yang sudah lemah dan smartphone mati mendadak. Dan ada data yang tidak sempat di write, sebagai contoh sedang mendownload dan smartphone blep.

Dalam hal ini, dapat diperbaiki dengan memeriksa microSD dengan ScanDisk dari Windows. Atau melakukan Reboot smartphone kembali, umumnya masalah tersebut dapat terselesaikan.

Bila masih bermasalah, dibutuhkan card reader, dan microSD dicabut dari storage lalu di periksa dengan ScanDisk.

Bila upaya ini tidak bisa, cara lain dengan membackup data di microSD. Lalu di memformat microSD




Tidak semua file dapat dihapus dari storage Smartphone

Tidak semua file di folder / storage Android dapat dihapus. Atau memang tidak bisa di hapus terkait sistem Android.

  • File sistem Android. Tidak dapat dihapus dan tidak boleh dihapus. Sama saja merusak sistem OS Android
  • File aplikasi, termasuk aplikasi Bloatware. Dapat dinonaktifkan, atau di delete manual. Tapi dibutuhkan smartphone yang telah di Root. Alternatif terbaik, dapat di nonaktifkan dengan aplikasi, di Uninstall, di stop dari Start-up Android
  • File Cache Temp Foto, Folder download dan lainnya. File dapat dihapus, umumnya file muncul dari aplikasi seperti Cache, Map, file Foto dan lainnya. Untuk menghapus file yang dibuat dari aplikasi. Tetapi file sampah dibuat oleh App Android dan terbesar di beberapa folder, karena file temporary dihasilkan untuk kebutuhan App. Bisa Temporary dapat dibersihkan secara manual atau dibantu dengan aplikasi khusus.

Untuk tahap awal, bagaimana menghapus file dari Android yang biasa, infonya dibawah ini

Aktifkan aplikasi My Files

Cari aplikasi di layar smartphone Android - My Files , atau File Manager. Tergantung aplikasi yang ada di smartphone.

My Files mirip seperti Windows Explorer, sebagai file manager untuk semua file didalam smartphone Android. Click aplikasi tersebut

Setelah di clik, tampil semua nama directory. Karena layar smartphone Android terbatas. Yang ditampilkan hanya masing masing directory dan nama file saja.

Setelah menemukan file yang akan dihapus. Misalnya seperti sebuah file Foto dibawah ini. Click dibagian kiri bawah tombol Smartphone, nanti akan muncul sebuah menu untuk Share, Create Folder, Delete, View By, List By dan More

Setelah muncul menu seperti gambar dibawah. Click nama file yang akan dihapus.

Lalu tekan Delete di kanan bawah layar

 

 

Selesai menekan delete, Android smartphone akan menandai nama file yang akan dihapus. Pilih nama file yang akan dihapus lalu tekan Delete di tombol bagian kiri bawah.

 

Selesai menekan Delete, maka file sudah selesai dihapus.


Karena sudah disetting oleh default dari pabrik. Aplikasi dan data masih dapat dihapus di smartphone Android. Tapi tidak semua file di folder Android dapat dihapus.


File yang tidak dapat dihapus

OS Android, karena ini adalah File sistem Android. File tidak terlihat di aplikasi, dan tidak dapat dihapus oleh kita. Karena file tersebut adalah sistem operasi yang tersembunyi dan terlindungi oleh sistem

File aplikasi Bloatware yang di install dari pabrikan, tidak bisa di hapus dihapus dengan teknik Root.
Informasi ini untuk Advanced, bila anda sudah mengerti cara kerja smartphone dan mengerti resiko bila salah membuang aplikasi yang ada dari internal memory smartphone

File yang dapat dihapus.
Cache, Temp, Folder Aplikasi masih dapat dilihat dan dapat dihapus manual. Dapat masuk ke Setting -> App -> lihat di setiap aplikasi dan dibersihkan (Clean Cache)
File tersebut dihasilkan oleh aplikasi Android.
Untuk membersihkan file tersebut, kita harus mengetahui darimana file dihasilkan. Misalnya temporari foto galeri, whatsapp foto dan lainnya.
Untuk membersihkan dapat mengunakan teknik diatas dan menghapus manual.

Bila file aplikasi menghasilkan cache dan temporari file menyita storage space Android. Dapat di hapus mengunakan
Setting -> Apps -> lihat nama aplikasi pada daftar. Maka terdapat keterangan dibagian bawah aplikasi, seperti ukuran file yang digunakan pada storage.


Click nama aplikasi dan anda dapat melihat berapa Total Space yang digunakan. Bila tidak diperlukan dapat di Clear Data.

Delete file Android yang tidak dapat dihapus



File Android tidak dapat Write dan Delete

Beberapa kasus seperti mendownload file ukuran besar seperti Video atau file lain. Dan File di download dengan teknik resume.

Kadang sistem Android gagal dan file terjadi Corrupt, sama seperti di Windows file dapat terjadi Corrupt
Di Computer dapat di lakukan ScanDisk. Tetapi di Android akan membiarkan file tetap disana, bahkan file di Android tidak dapat di Delete dan Write dari microSD storage atau ekternal storage.
Tapi tidak ada informasi tentang rusaknya file tersebut, yang bisa saja terjadi ketika di Write ternyata smartphone kehabisan baterai. Atau aplikasi menutup tiba-tiba

Cara menangani file Android tidak dapat dihapus

Identifikasi file yang corrupt dan menghapus dengan teknik seperti diatas mengunakan Android Explorer biasa.

Cara kedua bila file tidak dapat dihapus dengan teknik biasa. Pindahkan microSD ke computer (dengan card reader), dan dilihat nama file mengunakan Windows.
Cara ini paling efektif untuk deletel file yang Corrupt di Android. Delete dengan cara manual. Selesai dihapus pindahkan kembali microSD ke smartphone.

Cara lain, memformat microSD. Tapi data di dalam microSD akan hilang karena proses Format akan mengkosongkan semua isi dari microSD.


Tip terakhir untuk delete file di Android atau memindahkan file dari internal ke microSD card dapat dilihat dibawah ini.

Gunakan aplikasi All in One ToolBox


Untuk membersihkan aplikasi, memindahkan file APK Android ke microSD atau menghentikan aplikasi yang berjalan dapat mengunakan dibawah ini

Dapat dilihat video dibawah ini mengunakan aplikasi All In One Toolbox Free untuk Android.
Aplikasi akan membersihkan otomatis file di folder atau storage Android.





Beberapa aplikasi bermanfaat di smartphone Android.