• Drop and drag dari plug-in program
  • Realtime video ketika proses editing dilakukan
  • Inteface lebih mudah dan tampil langsung di panel program


  Note
  24 Jan 08
 

Proses akhir render sudah memanfaatkan Mutliple Core Proesor
Kemudahan interface, memudahkan dan mempercepat waktu dari proses editing

Sony Vegas Pro adalah sebuah software khusus untuk video dan audio editing. Saat ini Sony Vegas Pro bukan menjadi tandingan Adobe Premire, sementara Sony Vegas Pro memang belum sepopuler Adobe Premire yang didukung begitu banyak plug-in.

Tetapi Sony Vegas Pro memiliki banyak kemudahan yang tidak dimiliki Adobe Premire. Sony Vegas Pro memiliki interface pada panel langsung tampak dilayar dan fitur Drag and Drop. Bahkan dapat mengunakan multiple monitor. Misalnya anda memiliki 2 monitor, sementara 1 monitor digunakan untuk editing, sedangkan monitor lainnya dapat digunakan untuk display hasil video editing.

Dibawah ini beberapa kemampuan dari Sony Vegas Pro :

  • Memiliki interface untuk editing lebih persisi dan mudah. Cukup melakukan drag and drop tanpa harus menyelurusi file untuk menyisipkan file gambar atau video.
  • Sony Vegas Pro memiliki interface yang efisien. Kami mencoba software Sony Vegas Pro dan sudah dapat mengerti beberapa interface dari program dalam hitungan jam saja.
  • Sony Vegas Pro juga mendukung sistem sound 5.1 untuk recording, mix dan lainnya.
  • Untuk mengedit Video DVD, penguna Sony Vegas Pro cukup menarik file DVD dan langsung dapat dipotong dari software Sony Vegas Pro.
  • Dan masih banyak lagi fitur dari Sony Vegas Pro

 

 

Kemudahan seperti apa dari software Sony Vegas Pro


Sebagai contoh, Sony Vegas Pro sudah menyediakan beberapa visual efek. Pemakai software ini cukup men-drag and drop dari efek, langsung ke frame film. Pengaturan tampilan video dan audio, juga dibuat dinamis, misalnya penguna ingin merubah volume suara atau trim / transisi antara 2 gambar video.

Sony Vegas Pro juga memberikan sistem dinamis pada kontrol dengan bentuk kurva di setiap bagian video atau audio, sehingga tingkat volume dapat dinaik turunkan atau efek video dapat menyatu dan terpisah secara mulus tanpa terasa dapat diedit langsung pada computer. Cara kontrol dari software Sony Vegas Pro lebih menghemat waktu , karena tidak perlu mencari efek gambar yang ada dari daftar, dan semua terlihat dari panel program. Penguna cukup memilih bentuk efek yang diberikan dan menyisipkan atau menambah efek pada sebuah frame video.

Banyak lagi kemudahan yang ditawarkan oleh Sony Vegas Pro, seperti efek text dengan scroll seperti tampilan film Hollywood, atau efek text yang melompat dapat disisipkan pada frame film langsung. Bahkan beberapa fitur transisi seperti Picture in Picture atau menyisipkan video kecil didalam frame video besar sangat mudah dilakukan dengan Sony Vegas Pro

 

Kebutuhan software Sony Vegas Pro


Karena efek yang ada dari Sony Vegas Pro, diperlukan perangat cukup baik agar waktu yang digunakan ketika mengedit video atau audio lebih singkat.

Sementara Sony Vegas Pro memerlukan minimal perangkat seperti dibawah ini

* Microsoft® Windows® XP SP2 or Windows Vista™
* 1 GHz processor (2.8 GHz recommended for HDV)
* 200 MB hard-disk space for program installation
* 600 MB hard-disk space for optional Sony Sound Series Loops & Samples reference library
* 1 GB RAM
* OHCI-compatible i.LINK® connector1/IEEE-1394DV card
(for DV and HDV capture and print-to-tape)
* Windows-compatible sound card
* DVD-ROM drive (for installation from a DVD only)
* Supported CD-recordable drive (for CD burning only)
* Supported DVD-recordable drive (for DVD burning only)
* Supported Blu-ray recordable drive (for Blu-ray burning only)
* Microsoft .NET Framework 3.0
* QuickTime 7.1.6 or later

 

Result


Karena efek yang ada dari Sony Vegas Pro dilakukan realtime, disarankan perangkat lumayan baik agar tampilan efek dapat langsung terlihat pada mini monitor. Pada test untuk software Sony Vegas Pro dengan 3GHz Core 2 Duo dan 3GB memory. Untuk mengedit video sudah cukup memadai. Kecuali ketika rendering pada fase final untuk membuat master video yang telah diedit memang diperlukan waktu. Ketika proses editing, software begitu cepat tanpa membuang waktu loading gambar. Bahkan efek pada video yang ingin ditampilkan dapat langsung diproses dengan realtime.

Dibawah ini beberapa kemudahan dari kelebihan Sony Vegas Pro

  • Memiliki interface program sangat dinamis, memudahkan operator mengedit video tanpa membuang waktu mencari plug-in yang ada.
  • Kecepatan preview Sony Vegas Pro sangat cepat dan realtime. Operator cukup melihat pada tampilan layar mini untuk melihat efek yang disisipkan.
  • Beberapa plug-in yang ada sudah cukup memadai khususnya bagi visual efek gambar video. Bahkan lebih mudah digunakan dibanding software sejenis yang memerlukan plug-in tambahan.
  • Fasilitas Drag and Drop sangat mempercepat kinerja operator dalam mengedit video.
  • Posisi audio atau video sangat mudah disesuaikan, sesuai waktu frame sebuah video. Misalnya operator ingin.
  • Sony Vegas Pro dapat memanfaatkan keceaptan dari multi core procesor ketika fase final dalam pembuatan video

Belajar Sony Vegas for Dummy