Dynamic Photo HDR


  • Software editing simulator untuk high dynamic range

  Note
    Slick, easy to use interface
  Filter option
  Simultation HDR with single file or multiple file.
Control Curves, Color Equalizer, Hue Shift

Teknologi digital tidak lepas dari teknologi editing software. Salah satunya adalah HDR atau High Dynamic Range. Manfaat dari HDR digunakan untuk memperkaya sebuah gambar dari bidikan digital camera. Tetapi bisa juga digunakan untuk memperbaiki gambar yang kurang pencahayaan sampai memberikan tampilan gambar berbeda dibandingkan gambar asli.

Sebagai contoh, mengambil suasana gedung kantor sampai pemandangan alam. Terkadang banyak detail gambar yang ada didalam tidak mewakili dari apa yang dilihat pada mata atau kurangnya warna pada gambar sehingga terlihat kurang menarik. Menurunnya kualias warna gedung, jalan dan bentuk pemandangan lama yang diambil terkadang lebih kusam karena sejalan dengan waktu merubah warna gedung seperti jendela telihat kurang bersinar, atau kesalahan ketika mengambil gambar pada setting untuk digital camera dapat saja terjadi. Hasilnya tentu akan mengurangi kualitas gambar itu sendir dan gambar yang dihasilkan menjadi terlihat biasa saja.

Kondisi lain, ketika sebuah digital camera mengambil gambar. Terkadang penguna kurang memiliki pengalaman. Gambar bisa menjadi gelap atau menjadi terang. Dengan satu shot, hanya menghasilkan gambar sesuai setting dari digital camera saja. Sementara banyak cara untuk memperkaya tampilan gambar seperti sistem HDR atau High Dynamic Range agar gambar tampil lebih baik.


HDR dikembangkan sejak 20 tahn lalu, dengan melompati batasan dari perangkat elektronik yang ada. Cara HDR sebenarnya dibuat dari beberapa gambar yang diambil dengan bidang yang sama. Cara pengambilan gambar dibagi menjadi beberapa setting exposure antara gambar lebih gelap gelap, normal dan lebih terang. Nantinya sistem HDR akan mengabungkan ketiga gambar menjadi satu. Dan menghasilkan gambar tetap terang tanpa meninggalkan sisi gelap dari sebuah pemandangan yang diambil.

Untuk membuat gambar HDR secara maksimal dapat diambil dengan 3 shot gambardengan setting exposure plus, normal dan minus. Berapa ukuran dari nilai exposure, tentu tergantung dari si pemiliknya.

Hasilnya, gambar yang digabungkan akan mendapatkan semua suasana dari apa yang tidak terlihat termasuk dari mana si pengambil gambar.

Kedepan, sistem HDR akan menjadi bagian dari sebuah digital camera. Kemungkinan di tahun 2009, akan muncul digital camera baru dengan fitur HDR. Sehingga photographer tidak perlu mengambil 3 shot gambar dalam kurun waktu berbeda. Dan teknologi digital camera terbaru mampu mengambil 3 gambar dengan exposure berbeda dengan sekali shot saja.

 

Bagaimana cara membuat gambar HDR dengan software Dynamic Photo HDR


Dynamic Photo HDR menawarkan 2 cara untuk proses menjadi gambar HDR yaitu single file dan multi file.

Bila penguna Dynamic Photo HDR hanya ingin merubah gambar asli dari JPG, Dynamic Photo HDR mampu membuat perubahan ke file HDR dengan simulasi via software. Dengan single file lebih mudah, tetapi fitur dari software Dynamic Photo HDR tidak menyediakan tone mapping untuk single file.

Cara kedua sebagai cara terbaik adalah multiple file, dengan minimal 3 buah file yang berbeda expose. Software Dynamic Photo HDR hanya perlu menerima 3 file dengan berbedaa exposure. Misalnya photographer mengambil semua bidang gambar atau pemandangan yang akan diambil oleh digital camera, pada awalnya harus mengambil 3 gambar dengan waktu berbeda dengan exposure berbeda. Biasanya digunakan tripod agar gambar tidak bergera. Hasil capture nantinya dimasukan kedalam Dynamic Photo HDR untuk digabungkan menjadi satu gambar.

Baik single file dan multi file sebenarnya sama saja, tetapi hasil yang dapat dihasilkan adalah dengan 3 gambar secara simulasi untuk menghasilkan sebuah gambar HDR.

 

Kemampuan software Dynamic Photo HDR


Dynamic Photo HDR tidak saja mampu mengabungkan 3 gambar dengan perbedaan exposure. Tetapi mampu merubah dan memperkaya dari warna dan efek yang ada dari sebuah gambar saja. Penguna software Dynamic Photo HDR dapat melakukan penambahan efek seperti meningkatkan warna dengan Color Saturation, Vivid atau menambahkan efek pada bidang fokus dan efek permukaan pada gambar dengan Dramitic light radius, Ligh Strength dan Surface Smoothness.

Contoh pada gambar dibawah ini, ketika mengambil sebuah gambar dengan kurang pencahayaan maka tampilan gambar menjadi gelap. Setelah mengunakan software Dynamic Photo HDR, gambar bisa tampil lebih baik dan seluruh pemandangan bahkan langit lebih tampil dari gambar aslinya.

Dynamic Photo HDR membuat simulasi gambar menjadi gambar baru HDR. Dan output dari software Dynamic Photo HDR seperti output JPG file.