ArcSoft Panorama Maker

 

  • Creates horizontal, vertical and 360° panorama pictures
  • Turns a regular camera lens into a wide angle monster
  • Automatically selects a whole group of photos with one click
  • Automatically orders and stitches pictures seamlessly
  • Works with JPG and RAW* image files
  • Available for both PC and Mac (including MacIntel)
  • Supports banner paper and multi-sheet printing

 


  Note
  10 Jul 08
 

Mengabungkan gambar photo untuk panorama

Software ini khusus untuk mereka yang suka jalan jalan, dan berpetualang sambil membawa digital camera.

Mungkin anda pernah berjalan jalan ke kota besar , pantai dan sebagainya sambil membawa digital camera. Setelah pulang melihat hasil foto yang bagus dicetak dan dimasukan dalam frame foto. Tetapi anda melihat ada yang kurang, karena foto hanya mengambarkan teman anda dan anda sendiri, sementara situasi yang ada tidak diwakili oleh gambar ketika sedang berlibur.

Kebiasaan photografer pemula, umumnya lebih mengutamakan objek tertentu seperti mengambil bidang gambar yang besar. Mengutamakan sebuah objek foto seperti badan anda dan teman teman anda dengan latar belakang pemandangan bisa saja bagus. Atau anda ingin mengambil pemandangan seluruhnya dengan mengorbankan objek utama menjadi kecil. Ini dilema dari teknologi photografer. Karena bingkai dari gambar kamera tidak memungkinkan mengambil bidang lebih lebar atau hanya berbentuk kotak sesuai sensor camera.

Ada trik yang digunakan dengan mengambil beberapa gambar untuk disambung. Tetapi kembali ke teknologi lensa, terkadang gambar yang diambil akan terlihat sambungan ketika 2 atau 3 foto digabung menjadi satu. Bahkan ada beberapa lensa kamera yang menimbulkan efek cembung pada gambar. Kendala ini dapat diselesaikan dengan software pengola gambar ArcSoft Panorama Maker

ArcSoft Panorama Maker mampu mengabungkan 2 gambar atau lebih menjadi satu gambar. Sambungan 2 foto atau lebih dapat diatur oleh software dan pemakai, seperti mengabungkan gambar untuk vertikal, horizotal, block dan putaran gambar penuh.

Bukan saja menyambung, ArcSoft Panorama Maker juga mampu menyesuaikan perubahan background gambar seperti warna langit sesuai dengan gambar kedua. Pengabungan gambar dengan ArcSoft Panorama Maker memang tidak 100% sempurna, tetapi sekilas tidak akan terlihat bila gambar yang anda ambil tidak terkandung garis horisontal.

Mengunakan software ArcSoft Panorama Maker sangat mudah. Software ArcSoft Panorama Maker dapat memilih gambar secara otomatis, urutan dari gambar yang akan digabung. Seperti gambar dibawah ini, ketika anda memilih 1 buah foto yang digabung, software ArcSoft Panorama Maker akan mencari gambar lain yang sama sesuai sisi kiri dan kanan.

Setelah memastikan gambar yang ingin digabung, otomatis ArcSoft Panorama Maker akan memasukan gambar pertama dan kedua sesuai urutan sisi kiri dan kanan (contoh untuk mengabungkan gambar dengan bidang horizontal).

Selesai proses , final gambar akan tampak seperti gambar dibawah ini. ArcSoft Panorama Maker memang tidak 100% mengabungkan gambar. Tetapi perbedaan dari 2 gambar berbeda secara otomatis disesuaikan, sehingga 2 gambar berbeda akan terlihat tanpa garis sambung berarti.

 

Trik dalam pengambilan gambar


Beberapa trik dalam pengabungan file gambar dengan software.

  • Menjauhi garis melintang horisontal pada bidang gambar, kecuali garis cakrawala.
  • Utamakan objek utama dalam gambar utuh, misalnya badan dari objek tidak dipisah. Lensa kamera terkadang mengunakan sudut seperti mata ikan dibagian atas, dan dapat mempengaruhi lekuk gambar dalam proses pengabungan.
  • Usahakan mengambil tepian gambar dari foto dengan sudut yang tepat dan menyisakan sedikitnya (sekitar 5-20%) bagian pada gambar berikutnya. Hal ini memudahkan proses software lebih presisi dalam proses pengabungan.

 

Contoh gambar dengan Arcsoft Panorama


 

 

Kemampuan utama yang didapat dari ArcSoft Panorama Maker


Dengan ArcSoft Panorama Maker , anda tidak akan bosan untuk mengambil gambar dengan satu bidang sederhana. Tetapi bisa menjadikan foto anda dengan efek panorama yang mengambil seluruh pemandangan tanpa menghilangkan objek utama seperti diri anda sendiri didalam photo dan pemandangan ketika anda berlibur.

Kemampuan software ArcSoft Panorama Maker sangat baik, khususnys sistem setting Auto sangat memudahkan proses selama pengabungan gambar.

Dibawah ini sekilas kemampuan utama dari software ArcSoft Panorama Maker :

  • Pemakai software ArcSoft Panorama Maker sangat mudah, cukup memasukan minimal 2 potong gambar dari jepretan digital camera. Secara otomatis software mengolah untuk melakukan proses pengabungan (stitch)
  • ArcSoft Panorama Maker juga mengolah background gambar sehingga gambar terlihat utuh menjadi sebuah gambar.
  • Resolusi ketika proses pengabungan dengan resolusi dari kualitas gambar asli tetap dipertahankan oleh software dengan pengurangan bidang gambar yang terbuang selama proses. Sehingga memungkinkan anda untuk memproses ke digital photo printing.

ArcSoft.com