Modern Warfare 3 merupakan salah satu game terbesar tahun 2011, bersaing dengan Battlefield 3. Cerita game masih berjanjut dengan pengejaran gembong teroris di MW2. Tetapi pertempuran di Modern Warfare 3 jauh lebih besar. Melibatkan perang di beberapa negara dengan persenjataan berat.

Cerita dalam permainan single player kali ini terasa lebih panjang. Serbuan teroris di babak Act pertama skenario ke 2 sudah terasa bahwa perang di game ini akan parah sekali. Disain medan tempur dibuat sedemikian rupa. Pemain bisa berlindung disela bekas pembatasan jalan.

Modern Warfare 3 dibagi atas 3 babak cerita dengan pembagian Act I, II dan III. Didalamnya dibuat dengan cerita berlanjut. Diawali perang New York, berlanjut ke Inggris dan negara lainnya.

Ada bagian peringatan di dalam game ini. Beberapa adengan didalam permainan cukup keras. Seperti melihat Price menembak mati si penjahat. Ada baiknya pemain dapat mengerti bahwa ini hanyalah sebuah game.

Pertempuran tidak selalu berhadapan dengan musuh di depan, pemain harus berlari menghindar musuh. Perhatikan sudut yang diperintahkan oleh komandan pasukan dan jangan melewati dia. Terkadang muncul bug.

Untuk pesenjataan di darat, pemain bisa menikmati senjata mesin berat di atas tank, mengarahkan pesawat untuk menghancurkan musuh dengan senjata berat dari udara, membawa rudal penghancur tank dan sniper.

Satu permainan ketika pemain harus menembak helikopter dengan senjata mesin. Ternyata bukan 1 heli yang menjadi lawan, tetapi 3 buah heli datang secra bergilir.

Tayangan efek pada game dibuat apik. Seperti kedatangan badai pasir. Pemain harus bertempur didalam kegelapan. Atau melewati puing puing bangunan untuk menyusup ke garis musuh.

Membawa persenjataan sniper didalam game ini sempat beberapa kali digunakan. Khususnya ketika pemain harus mengawal Price menyerbu kedalam gedung. Senjata Sniper harus ditembak dari jarak sangat jauh.

Kacatamata Night Vision disertakan. Pada Act III, pemain harus bertempur dalam kegelapan.